Connect with us

Olahraga

Apakah Mendapatkan Pemain U-17 Hanya Dilakukan Seleksi Seadanya?

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Bali, Timnas Indonesia U-17 menelan kekalahan di laga uji coba pada hari Rabu (2/8/2023). Menghadapi Barcelona Juvenil A, Skuat Garuda Nusantara tumbang dengan skor 3-0.

Barcelona Juvenil A berhasil menang berkat gol Brian Farinas dan Alexis Olmedo di babak pertama, sementara di babak kedua Barcelona menambah keunggulan berkat gol Guillermo Fernandez.

Kekalahan ini bakal jadi pelajaran berharga bagi Timnas Indonesia U-17 untuk persiapan menuju Piala Dunia U-17 2023.

PSSI terlalu fokus pada seleksi yang katanya “wah”. Dilakukan di berbagai penjuru negeri, libatkan ribuan anak bangsa.

Cuma masalahnya, memangnya efektif? Kabarnya penilaian seleksi hanya melibatkan 1x game untuk para pemain dengan waktu terbatas, belum lagi tak seluruh lokasi seleksi langsung dipimpin tim pelatih timnas.

Seleksi ini memang jangkauan luas, tapi bisa dibilang “seadanya” doang dan output pemainnya tak akan maksimal.

Ke depan memang harus optimalkan Liga usia mudanya.

Timnas Indonesia U-17 mendapatkan pelajaran berharga selama menjalani laga uji coba melawan Barcelona Juvenil A. Bertanding di Stadion I Ngurah Rai Denpasar Bali, Rabu (2/8/2023), Garuda United U-17 kalah dengan skor 0-3.

Laga uji coba yang merupakan bagian dari persiapan Timnas Indonesia U-17 jelang berkiprah di Piala Dunia U-17 2023 itu benar-benar menyuguhkan permainan yang menarik. Selama 15 menit pertama, Garuda United U-17 lebih banyak bermain bertahan.

Gelombang serangan yang dibangun Nil Caldero Soteres dkk membuat pasukan Bima Sakti tak bisa berbuat banyak. Hingga akhirnya di menit 25, Brian Farinaz Perez sukses menjebol gawang Rifky Tofani.

Tertinggal 0-1, Timnas Indonesia U-17 mulai berani melancarkan intensitas serangan. Namun setiap peluang yang hadir selalu mampu dimentahkan pemain bertahan lawan.

Jelang interval pertama usai, Rifky Tofani kembali memungut bola dari gawangnya. SKor 0-2 untuk keunggulan Barcelona Juvenil A tak berubah. Tiga menit setelah keluar dari ruang ganti, FC Barcelona Juvenil A memperbesar keunggulan menjadi 3-0 melalui gol yang dicetak Guillermo Fernandez. Tendangan placing pemain bernomor punggung 16 itu tidak mampu dihalau kiper Timnas Indonesia U-17.

Di sisa waktu pertandingan, Timnas Indonesia U-17 tak banyak memiliki peluang. Hingga pertandingan usai skor 0-3 untuk kemenangan FC Barcelona Juvenil A tak berubah. (tri)


Olahraga

Menang Lawan Filipina 2-0, Timnas Indonesia Lolos babak ke-3 Kualifikasi Pildun 2026

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Kemenangan atas Filipina ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ญ membuat Timnas Indonesia ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ mendapatkan tambahan 11,72 poin di ranking FIFA. Alhasil, perolehan angka skuad Garuda mencapai 1,108.72 poin.

Kondisi ini membuat Timnas Indonesia diprediksi naik tiga peringkat dari posisi 136 ke 133 dunia. Sebanyak tiga negara yang disalip Timnas Indonesia adalah Malaysia ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ yang harus turun ke peringkat 136, Rwanda (135) dan Kepulauan Faroe (134).

Gol dari Thom Haye dan Rizky Ridho berhasil membawa Tim Merah-Putih lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan lolos otomatis ke Piala Asia 2027 โšฝ๏ธ

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan tampil di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang dimulai September 2024. Sebanyak 18 negara ambil bagian di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Nantinya 18 negara itu akan dibagi dalam tiga grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan enam negara. Masing-masing tim akan melakoni 10 pertandingan dengan rincian lima kandang dan lima tandang.

๐Ÿšจ3 SEJARAH BAKAL TERCIPTA:

1.lolos putaran ke-3 kualifikasi piala dunia 2026 zona asia pertama kalinya

  1. lolos ke piala asia 2027 pertama kalinya tanpa kualifikasi
  2. menjadi wakil asean diputaran ke-3 kualifikasi piala dunia zona asia.

Untuk poin ke-3 timnas Indonesia peluangnya sangat besar ketimbang Vietnam, Thailand dan Malaysia. Vietnam jika ingin lolos harus menang lawan Irak di Basrah tapi, dengan catatan timnas Indonesia kalah di GBK saat ketemu Filipina.

Sedangkan Malaysia, Yakni memetik kemenangan atas Taiwan di kandang serta mengharapkan Kirgistan menelan kekalahan dari Oman, hasil imbang belum cukup menyelamatkan Malaysia. Dengan catatan Malaysia harus ciptakan gol lebih dari 7 gol.

Thailand diposisi yang sulit dipertandingan terakhir harus menang lawan Singapura tapi harus melihat pertandingan China lawan Korea Selatan jika, kedua tim bermain imbang, sudah dipastikan Thailand gagal lolos. (tw)

Continue Reading

Olahraga

Apakah Denda akan Tingkatkan Kedisiplinan dan Performa Timnas Indonesia?

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Uang Denda Pemain Timnas Disumbangkan! Shin Tae-yong Terapkan Disiplin Ketat. Pelatih Timnas Indonesia ini dikenal dengan ketegasannya dalam mendisiplinkan pemain.

Baru-baru ini, tangan kanan Shin Tae-yong, Yoo Jae-hoon, mengungkapkan bahwa denda bagi pemain yang terlambat dalam kegiatan tim telah dinaikkan.

Shin Tae-yong sering memberikan denda kepada pemain yang terlambat latihan, makan bersama, atau kegiatan lainnya untuk memastikan kedisiplinan dan ketepatan waktu. Kedisiplinan ini dianggap penting untuk membentuk mentalitas yang kuat saat bertanding.

Yoo Jae-hoon menjelaskan bahwa denda tersebut kini dinaikkan menjadi Rp1 juta per menit keterlambatan. Hal ini dilakukan karena kontrak pemain yang sedang meningkat.

“Sekarang naik ke Rp1 juta. Akhir-akhir ini naik Rp1 juta. Terlambat makan, terlambat meeting, terlambat berangkat latihan. Soalnya kontrak naik lagi,” ujar Yoo Jae-hoon dalam channel YouTubenya, (10/6/2024).

Selain untuk mendisiplinkan pemain, Shin Tae-yong juga memiliki tujuan mulia dengan penerapan denda tersebut. Menurut Yoo Jae-hoon, uang yang dikumpulkan dari denda akan disumbangkan ke panti asuhan.

“Rencananya denda-denda tersebut, nanti idenya Coach Shin akhir tahun kita sumbang ke panti asuhan atas nama timnas,” katanya.

Bagaimana menurut kalian, apakah langkah ini akan meningkatkan kedisiplinan dan performa Timnas Indonesia? (tw)

Continue Reading

Olahraga

13 Negara Lolos Babak ke-3 di Penyisihan Piala Dunia 2026, Apakah Indonesia Bisa?

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, 13 negara udah memastikan diri lolos ke round 3 WCQ 2026 sekaligus otomatis resmi lolos Piala Asia 2027 di Saudi Arabia ๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡ฆ:

  1. Saudi Arabia ๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡ฆ (Host)
  2. Australia ๐Ÿ‡ฆ๐Ÿ‡บ
  3. Iraq ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ถ
  4. IR Iran ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ท
  5. Uzbekistan ๐Ÿ‡บ๐Ÿ‡ฟ
  6. Qatar ๐Ÿ‡ถ๐Ÿ‡ฆ
  7. United Arab Emirates ๐Ÿ‡ฆ๐Ÿ‡ช
  8. Japan ๐Ÿ‡ฏ๐Ÿ‡ต
  9. Korea Republic ๐Ÿ‡ฐ๐Ÿ‡ท
  10. Oman ๐Ÿ‡ด๐Ÿ‡ฒ
  11. Palestine ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ธ
  12. Jordan ๐Ÿ‡ฏ๐Ÿ‡ด
  13. Bahrain ๐Ÿ‡ง๐Ÿ‡ญ
  14. โ“
  15. โ“
  16. โ“
  17. โ“
  18. โ“

โžก๏ธ Sisa 5 tiket round 3 yang bakal diperebutkan 11 negara lainnya termasuk Indonesia di tanggal 11 nanti

โŒ Sementara 12 negara lainnya yaitu Chinese Taipei, Turkmenistan, Hong Kong, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Singapore, Myanmar, Filipina, Lebanon, Tajikistan & Yaman udah resmi dipastikan gak lolos ke Piala Dunia 2026.

Lalu, Bagaimana dengan Timnas Indonesia, apakah mampu lolos dan menang melawan Filipina di pertandingan terakhirnya? (ut)

Continue Reading
Advertisement

Trending