Connect with us

Gayahidup

Asal Muasal Sejarah Batik, Kain Warisan Budaya Indonesia

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Siapa, nih, yang kemana-mana suka banget pakai pakaian batik? Atau malahan kalian punya hobby membatik di rumah? Jika mendengar kata batik, pastinya kalian sudah gak asing lagi, kan, dengan yang namanya kain batik? Nah, meskipun sudah akrab sejak nenek moyang, tapi pernahkah terlintas pertanyaan di benak kalian “bagaimana, sih, sejarah batik di Indonesia?

Batik sendiri di perkenalkan di dunia pertama kali oleh Presiden Soeharto, melalui konferensi PBB. Sejak saat itu, batik mulai dikenal dan dianggap memiliki nilai seni tinggi dan merupakan bagian dari budaya Indonesia.

Bahkan, saat ini, tren batik sudah berkembang dengan pesat. Jika dahulu batik hanya digunakan oleh para orang tua saja, tetapi sekarang hampir semua kalangan menggunakan batik. Terlebih lagi, saat ini, batik tidak melulu digunakan pada acara-acara tertentu saja, melainkan digunakan sehari-hari.

Sebagai warisan budaya Indonesia, maka sebaiknya kita mengetahui asal mula sejarah batik itu sendiri. Agar kita semakin bangga dengan warisan budaya Indonesia. Untuk itu, yuk, kita bahas sama-sama bagaimana sejarah batik di Indonesia!

Pengertian Batik

Eittss, sebelum membahas sejarah batik di Indonesia, bagaimana kalau kita membahas pengertian dari batik terlebih dahulu? 

Batik merupakan kerajinan dari kain yang dilukis menggunakan cairan malam sehingga menghasilkan beragam motif yang bernilai tinggi. Nah, pola-pola yang dilukis pun memiliki keunikannya sendiri sesuai dengan daerah asalnya. 

Lantas, dari mana kata batik itu berasal? Batik sendiri berasal dari kata “amba” yang memiliki arti menulis dan “nitik” atau titik yang dapat diartikan membuat titik atau gambar. 

Awal Mula Batik Masuk ke Indonesia

Bicara mengenai sejarah batik di Indonesia, kehadiran batik sebenarnya tidaklah begitu jelas. G.P Rouffaer berpendapat bahwa batik berasal dari India atau Sri Lanka pada abad ke-6 atau ke-7. 

Sementara itu, J.L.A. Brandes seorang arkeolog asal Belanda mengatakan batik tidak berasal dari India melainkan dari Indonesia. Ditambah lagi, F.A Sutjipto seorang arkeolog Indonesia berpendapat jika batik merupakan tradisi asli dari daerah Toraja, Flores, Halmahera, dan Papua. Jadi sebenarnya batik berasal dari mana, sih? Oke, mari kita bahas satu persatu, ya!

Sebenarnya, jika diperhatikan motif batik tidak hanya ada pada kain, loh! Melainkan, motif batik ditemukan juga pada relief-relief Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Dengan begitu, dapat dikatakan jika batik sebenarnya sudah ada di Indonesia sejak dulu dan tidak berasal dari India. Meski begitu, awal mula keberadaan batik di Indonesia masihlah menjadi tanda tanya.


Sejarah Perkembangan Batik di Indonesia

Oke, sekarang, mari kita bahas mengenai perkembangan batik di Indonesia. Berkembangnya batik di Indonesia sebenarnya dapat dikelompokan berdasarkan periodenya, yakni zaman Majapahit dan zaman penyebaran islam di Indonesia. Loh, kok begitu? 

Nah, biar lebih jelas, yuk, kita lanjut ke pembahasan di bawah ini!

1. Zaman Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan besar yang hampir menguasai seluruh nusantara dalam sejarah Indonesia. Jadi, tak heran apabila perkembangan batik berkaitan erat dengan kerajaan ini. 

Nah, batik pada zaman Kerajaan Majapahit ini dapat ditelusuri di daerah Mojokerto serta Tulungagung. Mojokerto merupakan pusat dari Kerajaan Majapahit dan juga tempat di mana batik dikenal. Nama Mojokerto sendiri memiliki kaitan dengan Majapahit, loh! 

Sementara itu, Tulungagung merupakan sebuah kota di Jawa Timur yang juga memiliki kaitan dengan berkembangnya batik di Indonesia. 

Saat itu, Tulungagung atau disebut juga sebagai Bonorowo dipimpin oleh Adipati Kalang yang tidak mau tunduk terhadap Majapahit. Akibatnya, Majapahit mengambil tindakan yang menyebabkan Adipati Kalang tewas dalam pertempuran di daerah Kalangbret. 

Setelah Adipati Kalang dikalahkan, maka Tulungagung sepenuhnya dikuasai oleh Majapahit. Para ahli batik yang tinggal di Tulungagung pun membawa budaya batik ke Kerajaan Majapahit. 

Dalam perkembangannya, batik Mojokerto dan Tulungagung ini banyak dipengaruhi oleh batik Yogyakarta. Itulah alasan mengapa batik Mojokerto dan Tulungagung memiliki warna dasar putih dengan corak coklat muda dan biru tua yang mirip dengan batik Yogyakarta. 

2. Zaman Penyebaran Islam 

Bicara mengenai perkembangan batik pada zaman penyebaran islam, maka berkaitan erat dengan daerah Ponorogo di Jawa Timur. Awalnya, agama islam diperkenalkan ke Ponorogo oleh Raden Katong. Ia adalah adik dari Raden Patah sehingga dapat dikatakan merupakan keturunan dari kerajaan Majapahit.

Sementara itu, di Ponorogo, terdapat sebuah pesantren yang dipimpin oleh Kyai Hasan Basri. Pesantren tersebut tidak hanya mengajarkan agama islam saja, melainkan juga ilmu ketatanegaraan, ilmu perang, hingga kesusastraan. 

Kyai Hasan Basri merupakan menantu dari raja Keraton Solo. Istrinya yang merupakan putri dari kraton Solo pun mulai memperkenalkan batik di Ponorogo. Itulah mengapa, batik mulai menyebar keluar kraton dan tiba di Ponorogo. 

Oh iya, kalian tahu gak, kalau zaman dahulu batik hanya dikerjakan di dalam keraton saja? Bahkan, kain batik yang dihasilkan pun hanya digunakan untuk pakaian raja, keluarganya, dan pengikutnya saja, loh! Namun, karena banyak anggota kerajaan yang tinggal di luar keraton, maka batik pun mulai meluas.

Saat itu, obat-obatan yang digunakan dalam pembatikan berasal dari dalam negeri yakni terbuat dari kayu-kayuan, seperti mengkudu, kayu tinggi, dan pohon tom. 

Di awal abad ke-19 batik mulai populer dan meluas hingga menjadi milik rakyat Indonesia, terutama suku Jawa. Pada saat itu, batik yang dihasilkan merupakan jenis batik tulis sampai dengan awal abad ke-20.

Untuk membuat kain batik, waktu yang dibutuhkan sangat lama, yakni dua hingga tiga bulan lamanya. Karena proses membatik memakan waktu yang lama, maka sekitar tahun 1920 yakni setelah perang dunia ke-1 berakhir, batik cap mulai diperkenalkan. Ide menggunakan batik cap berasal dari Kwee Seng yakni seorang keturunan Tionghoa yang berasal dari Banyumas. 

Sejarah Lahirnya Hari Batik Nasional

Sebagai bangsa Indonesia, tentu kita sangat bangga memiliki batik sebagai warisan budaya. Bahkan, seringkali kita meributkan tentang hak milik batik dengan negara tetangga.  Padahal, kalian tak perlu repot-repot meributkan hal tersebut, loh! 

Ini dikarenakan, UNESCO telah memberikan pengakuan internasional terhadap batik sejak 2 Oktober 2009 sebagai Budaya Tak Benda Warisan Manusia. Sejak saat itu, maka tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional. 

Bahkan, disebutkan bahwa di tahun 2015, batik telah menjadi mata pencaharian utama bagi 47.775 UKM di Indonesia dan 199.744 orang yang berprofesi sebagai penjahit, desainer, dan pengrajin. 

Dengan begitu, sebagai bangsa Indonesia diharapkan kita selalu melestarikan warisan budaya Indonesia ini. Terlebih lagi, sejumlah instansi, kini, mewajibkan menggunakan batik di acara-acara tertentu, loh! Keren banget, yaa!

Bagaimana Cara Melestarikan Batik?

Sebagai pelajar, kira-kira apa, ya, yang bisa kita lakukan untuk melestarikan batik? Well, cara melestarikan batik yang bisa kita lakukan adalah dengan menunjukan rasa bangga dan cinta terhadap batik. Misalnya dengan membeli kain batik, dengan begitu kalian ikut membantu meningkatkan kesejahteraan para pengrajin batik.

Selain itu, rajin memakai batik di dalam kehidupan sehari-hari juga merupakan upaya melestarikan batik. Oh iya, memahami sejarah batik juga termasuk upaya melestarikan batik. (utw)

Gayahidup

Sejarah Tradisi Halalbihalal saat Lebaran Idul Fitri di Indonesia

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Lebaran Idul Fitri tidak lepas dengan tradisi silahturahmi yang biasa disebut dengan Halalbihalal. Kegiatan ini umumnya digelar setelah peringatan Hari Raya Idulfitri. Tradisi ini merupakan bentuk silahturahmi dengan berkunjung ke rumah tetangga, saudara, atau kerabat. Ketika berkunjung, biasanya kita juga akan saling bersalam-salamanan dan saling memaafkan.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), halal bihalal memiliki arti maaf-maafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan, biasanya diadakan di sebuah tempat (auditorium, aula, dan sebagainya) oleh sekelompok orang yang merupakan suatu kebiasaan khas Indonesia.

Melansir situs Direktorat SMP Kemendikbud Ristek (9/4), halal bihalal dalam bahasa Arab, berasal dari kata “Halla atau Halala” yang memiiki banyak arti, sesuai dengan konteks kalimatnya. Beberapa arti dari kata tersebut diantaranya  yaitu penyelesaian problem (kesulitan), meluruskan benang kusut, mencairkan yang beku, atau melepaskan ikatan yang membelenggu.

Asal usul tradisi Halalbihalal di Indonesia

Ada beberapa versi dari istilah asal usul Halalbihalal. Salah satunya yaitu berasal dari kata “halal behalal”. Kata tersebut masuk dalam kamus kamus Jawa-Belanda karya Dr. Th. Pigeaud 1938.Dalam kamus ini halal behalal diartikan sebagai dengan salam (datang, pergi) untuk (saling memaafkan di waktu Lebaran).Asal usul istilah Halalbihalal ini bermula dari pedagang martabak asal India di Taman Sriwedari Solo sekitar tahun 1935-1936.Pada saat itu, martabak tergolong makanan baru bagi masyarakat Indonesia. Pedagang martabak ini dibantu dengan pembantu primbuminya kemudian mempromosikan dagangannya dengan kata-kata ‘martabak Malabar, halal bin halal, halal bin halal’. Sejak saat itu, istilah halal behalal mulai dikenal luas oleh masyarakat Solo. Masyarakat kemudian menggunakan istilah ini untuk sebutan seperti pergi ke Sriwedari di hari lebaran atau silaturahmi di hari lebaran. Kegiatan Halalbihalal kemudian berkembang menjadi acara silaturahmi saling bermaafan saat Lebaran.Selain itu, pada tahun 1948 K.H. Abdul Wahab Hasbullah, seorang ulama pendiri Nahdatul Ulama, memperkenalkan istilah Halalbihalal pada Bung Karno sebagai bentuk cara silaturahmi antar-pemimpin politik yang pada saat itu masih memiliki konflik.

Atas saran K.H. Wahab, pada Hari Raya Idulfitri di tahun 1948, Bung Karno mengundang seluruh tokoh politik untuk datang ke Istana Negara untuk menghadiri silaturahim yang diberi judul ‘Halalbihalal.’ Para tokoh politik akhirnya duduk satu meja.Mereka mulai menyusun kekuatan dan persatuan bangsa ke depan. Sejak saat itu, berbagai instansi pemerintah di masa pemerintahan Bung Karno menyelenggarakan halalbihalal. Halalbihalal kemudian diikuti masyarakat Indonesia secara luas, terutama masyarakat muslim di Jawa sebagai pengikut para ulama. Hingga kini Halalbihalal menjadi tradisi di Indonesia.Tradisi yang mirip dengan Halalbihalal diyakini sudah ada sejak masa Mangkunegara I atau yang dikenal dengan Pangeran Sambernyawa.

Pada zaman tesebut, Pangeran Sambernyawa mengadakan pertemuan antara raja dengan para punggawa dan prajurit secara serentak di balai istana setelah salat Idulfitri untuk menghemat waktu, tenaga, pikiran dan biaya.Pada pertemuan ini diadakanlah tradisi sungkem atau saling memaafkan. Semua punggawa dan prajurit dengan tertib melakukan sungkem kepada raja dan permaisuri. Apa yang dilakukan oleh Pangeran Sambernyawa itu kemudian ditiru oleh organisasi-organisasi Islam dengan istilah halal bihalal. (utw)

Continue Reading

Gayahidup

MediaOnline ReportaseIndonesia.com Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Hari Raya Idul Fitri merupakan momen yang sangat dinantikan oleh umat Islam. Sebab, pada malam akhir Ramadan umat Islam mengisi dengan membaca takbir dan pagi harinya sholat Id.

Kemudian silaturahmi dan saling meminta maaf satu sama lain. Di sisi lain, tidak sedikit orang juga yang saling membagikan ucapan Hari Raya Idul Fitri kepada teman-temannya dan media sosial.

Umumnya, ucapan hari raya itu berisi kata-kata selamat, doa, dan permohonan maaf lahir batin.

Namun, jika ada terkendala merangkai kata- kata simak sejumlah ucapannya berikut ini sebagai referensi.

Ucapan Idul Fitri 2024 dalam berbagai bahasa ini dapat Anda berikan kepada keluarga, kerabat, sahabat, hingga rekan kerja.

Ucapan Idul Fitri Bahasa Indonesia

1. Selamat merayakan Lebaran Idul Fitri 2024. Semoga kita semua senantiasa bahagia dan damai di hari yang fitri ini.

2. Semoga di hari yang fitri dan penuh berkah kita bisa saling memaafkan dan banyak dilimpahkan keberkahan. Selamat merayakan Idul Fitri 2024.

3. Di hari yang penuh kebahagiaan ini, mari saling memaafkan dan saling menyapa. Selamat merayakan Idul Fitri 1445 H.

4. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H.

5. Idul Fitri adalah momen yang berbahagia, momen yang tepat saling berbagi maaf dan berkah. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 2024.

6. Dengan segala kerendahan hati, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah kita dan menjadikan kita kembali dalam keadaan yang suci.

7. Selamat Idul Fitri 1445 H. Semoga di hari yang fitri ini, kita mampu kembali menjadi pribadi yang suci serta meraih kemenangan.

8. Selamat Idul Fitri 1445 H. Semoga Allah SWT mengampuni semua kesalahan kita, menerima puasa, dan semua amal ibadah kita pada hari yang suci ini.

9. Sebelum gema takbir berakhir, izinkan saya ajukan permohonan maaf atas segala kesalahan yang telah diperbuat. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan kebahagiaan, selamat Lebaran 2024.

10. Mari rayakan Idul Fitri 2024 dengan saling memaafkan dan berbagi berkah. Semoga keberkahan terus melimpah untuk kita semua, selamat Idul Fitri 2024.

11. Gema takbir sudah mengudara dan saling bersahutan, mengagungkan kebesaran Allah SWT. Mohon maaf lahir dan batin untuk semua kesalahan yang telah terjadi, selamat merayakan Idul Fitri 2024.

12. Bila ada kata yang merajut dusta, langkah yang menorehkan lara, dan hati yang dipenuhi prasangka, semoga semua bisa sirna di hari yang fitri ini. Mohon maaf lahir dan batin, selamat Idul Fitri 2024.

13. Selamat merayakan hari kemenangan, semoga Anda dan keluarga dilimpahkan berkah dari Allah SWT pada hari nan fitri ini.

14. Penantian selama sebulan kini berakhir sudah dengan perayaan hari kemenangan. Selamat Idul Fitri 2024, dan semoga menjadi hari yang penuh kebahagiaan untuk Anda semua!

15. Selamat Hari Raya Idul Fitri 2024, mohon maaf lahir dan batin. Semoga bingkisan sederhana ini bisa membawa manfaat dan berkenan untuk diterima.

Ucapan Idul Fitri Bahasa Jawa

1. Ngaturaken sugeng riyadi sedoyo lepat nyuwun pangapunten,mugo mugo dosa kulo kaliyan dosa panjenengan dilebur ing dino riyoyo iki. (Saya berharap yang terbaik untuk Anda dan meminta pengampunan, saya berharap dosa-dosa saya dan dosa-dosa Anda akan dihapuskan pada hari ini)

2. Sugeng riyadi 1445 H kulo ucapken kangge bapak ibu lan keluwarga, mugi-mugi tansah sehat sedoyo. Kawulo nyuwun agungipun pangapunten sadaten kalepatan kulo. (Selamat 1445 H semoga sehat selalu. Saya dengan tulus meminta maaf atas kesalahan saya)

3. Mangan kupat ngagem santen, menawi lepat kulo nyuwun pangapunten. Minal aidin wal faidzin, maaf lahir batin saka njero atiku. (Makan kupat pakai santan, kalau ada salah saya mohon maaf. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dari lubuk hati yang terdalam)

4. Kulo ngaturaken sugeng riyadi lan nyuwun pangapunten dumatheng sedoyo kelepatanipun lan klenta klentinipun kulo. (Saya ingin mengucapkan selamat kepada Anda dan meminta maaf atas semua kesalahan dan kesalahan yang telah Anda buat)

5. Ngaturaken sugeng riyadi sedoyo lepat nyuwun pangapunten. (Saya berharap yang terbaik untuk Anda dan meminta maaf atas kesalahan itu. Saya berharap yang terbaik untuk Anda dan meminta maaf atas kesalahan)

6. Mangan kupat dudohe santen menawi lepat nyuwun pangapunten. Ngaturaken sugeng riyadi 1445 H. (Makanlah segelas santan jika melakukan kesalahan, mohon dimaafkan. Selamat ulang tahun 1445 H)

7. Kulo ngaturaken sugeng riyadi lan nyuwun pangapunten dumatheng sedoyo kelepatanipun lan klenta-klentinipun kulo. (Saya ingin mengucapkan selamat kepada Anda dan meminta maaf atas semua kesalahan dan kesalahan yang telah Anda buat)

8. Tembung pengampunan lan pandonga sing becik mugi-mugi bakal njaga kulawargamu ing dina sing apik iki. (Kata-kata pengampunan dan doa yang baik akan membuat keluarga Anda aman di hari yang baik ini)

9. Ayo podo-podo ngresikne ati ing dina riyaya iki. Mugo-mugo gusti Allah nyediakke kebecikan lan tentrem ing dina suci iki. (Mari kita coba bersihkan hati kita di hari raya ini. Semoga Tuhan memberkati Anda dengan kebaikan dan kedamaian di hari suci ini)

10. Kulo nyuwun pangapunten sedanten kalepatan lahir lan batos. Mboten langkung ngaturaken sugeng riyadi, mugi-mugi gusti Allah paringi ridho lan rahmatipun dumateng kito sedoyo. (Saya minta maaf atas kesalahan saya. Tidak ada lagi yang bisa saya ucapkan selamat, semoga Tuhan memberkati kita semua dengan rahmat dan rahmat-Nya)

Ucapan Idul Fitri Bahasa Inggris

1. Eid Mubarak 2024! Wish you all a very happy and peaceful Eid! (Idul Fitri 2024! Semoga Anda merasakan Idul Fitri yang sangat bahagia dan damai!)

2. May Allah bless you immensely! Happy Eid Mubarak! (Semoga Allah memberkati Anda sangat! Selamat Idul Fitri!)

3. Eid Mubarak Everyone! May Allah fulfill all your dreams and hopes. (Idul Fitri Semuanya! Semoga Allah mengabulkan semua mimpi dan harapanmu)

4. Walk humbly, talk politely, dress neatly, treat kindly, pray attentively, donate generously. May Allah bless and protect you in Eid ul-fitr. (Berjalan dengan rendah hati, berbicara dengan sopan, berpakaian rapi, memperlakukan dengan baik, berdoa dengan penuh perhatian, bersedekah dengan murah hati. Semoga Allah memberkati dan melindungi Anda di Idul Fitri)

5. Wishing you all the best thing in Eid 2024. Happy Eid Mubarak, may Allah accept all of your good deeds! (Semoga semua yang terbaik di Idul Fitri 2024. Selamat Idul Fitri, semoga Allah menerima semua amal baik Anda!)

6. May you be guided by your unflinching faith in Allah and shine in His divine blessing. A very happy Eid ul-Fitr. (Semoga Anda dibimbing oleh iman Anda yang tak tergoyahkan kepada Allah dan bersinar dalam berkah ilahi-Nya. Idul Fitri yang sangat membahagiakan)

7. On this holy festive, wishing you a day filled with lots of laughter and happy moments. Eid Mubarak from my family to yours. (Di hari raya yang suci ini, semoga hari Anda dipenuhi dengan banyak tawa dan saat-saat bahagia. Idul Fitri dari keluarga saya untuk Anda)

8. The most noble person is one who forgives the mistakes of others. On this glorious day, I apologize for any wrongdoings. Happy Eid Mubarak! (Orang yang paling mulia adalah orang yang memaafkan kesalahan orang lain. Di hari yang mulia ini, saya mohon maaf atas segala kesalahan. Selamat Idul Fitri!)

9. Happy Eid ul-fitr. Wishing you an Eid that brings you a lot of cheerfulness, happiness, and affluence. (Selamat Idul Fitri. Semoga Anda mendapatkan Idul Fitri yang memberi Anda banyak keceriaan, kebahagiaan, dan kemakmuran.)

10. When my arms can’t reach people close to my heart, I always hug them with prayers. May Allah peace be with you. A very Happy Eid Mubarak to you. (Ketika lenganku tidak bisa menjangkau orang yang dekat dengan hatiku, aku selalu memeluk mereka dengan doa. Semoga Allah damai bersamamu. Selamat Hari Raya Idul Fitri untukmu)

11. The time has come for every soul to purify the heart, for every person to begin a new life, and for us let all mistakes be forgiven and forgotten. Amen, Happy Eid Mubarak! (Waktunya telah tiba bagi setiap jiwa untuk menyucikan hati, bagi setiap orang untuk memulai hidup baru, dan bagi kita biarlah semua kesalahan diampuni dan dilupakan. Amin, Selamat Hari Raya Idul Fitri!)

12. Ramadan Kareem is finally over, and we miss the month already. May Allah reunite us with another Ramadan next year. (Ramadhan Kareem akhirnya berakhir, dan kita sudah merindukan bulan itu. Semoga Allah mempertemukan kita kembali dengan Ramadan tahun depan)

Ucapan Idul Fitri Bahasa Arab

1. Taqabbalallaahu minna wa minkum, taqabbal ya karim. Wa ja’alanallaahu wa iyyakum minal ‘aidin wal faizin wal maqbulin, kullu ‘ammin wa antum bi khair. (Semoga Allah SWT menerima amal ibadah Ramadhan kita, wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah. Dan semoga Allah SWT menjadikan kita termasuk orang-orang yang kembali suci dan orang-orang yang menang, serta diterima amal ibadahnya. Semoga kita senantiasa dalam kebaikan setiap tahunnya)

2. Taqabbalallaahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kullu ‘ammin wa antum bi khair. (Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita, serta puasa Ramadhan kita. Semoga kita senantiasa dalam kebaikan setiap tahunnya)

3. Litanzil ‘alaykum barakat Allah fi Eid al-fitr hatha. (Semoga berkah Allah dilimpahkan kepadamu di hari Idul Fitri ini)

4. Eid Mubarak lakum wa-li-‘a’ilatakum! (Selamat Idulfitri untuk Anda dan keluarga)

5. Kul’am wa-antum bi-khayr. Eid Mubarak! (Semoga Anda bisa merayakannya setiap tahun. Selamat Idul Fitri!)

6. Atamanna lakum Eid sa’id jiddan! Litakun kul a’malakum al-khayyira maqbula ‘ind Allah. (Saya ucapkan Selamat Idul Fitri dan semoga semua amal baik Anda diterima oleh Allah)

7. Ma’kull al-hubb, al-barakat, wa-l-salam fi hatha al-yawm al-majid. Eid Fitr sa’id! (Dengan semua cinta, berkah, dan kedamaian di hari yang menggembirakan ini. Selamat Idul Fitri)

8. Mabruk Allah Eid al-fitr, taghfir khatayana fi hadha alyawm adzim. (Selamat Lebaran, semoga dosa kita diampuni di hari besar ini)

Demikian sejumlah referensi ucapan Idul Fitri 2024 dalam berbagai bahasa. Selamat Lebaran!.

بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Unggul dan MediaOnline ReportaseIndonesia.com Mengucapkan : Selamat  Idul Fitri 1 Syawal 1445 H

Taqabbalallohu Minna wa Minkum, Shiyaamana washiyamakum Barakallahu fiikum..
Taqabbal ya Kariim..

‍‌‌‌‌‍‍‌‍‌‌‌🌙‌‌ Mohon maaf lahir & batin ‍‌‌‌‌‍‍‌‍‌‌‌🌙‌‌
atas segala salah & khilaf.
Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT…
Aamiin yaa Rabb..

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Unggul ReportaseIndonesia.com. (ut)

Link To Google Play
Link To App Store
Link To Huawei App

Continue Reading

Gayahidup

Hizrah Bacan Ciptakan “Madu Kaisar” asli dari Afrika untuk Kejantanan Kaum Pria Semakin Perkasa

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Penyanyi dan pengusaha, Hizrah bacan kembali meluncurkan produk madu terbarunya yang sangat dinantikan oleh para pria dewasa.

Menurut pria yang akrab disebut bro Hizrah, madu ciptaanya merupakan inovasi terbaru untuk meningkatkan kejantanan dan kesehatan para pria bernama Madu Kaisar.

Sebagai penemu madu kejantanan pertama kali, bro Hizrah telah menggabungkan pengetahuannya dalam bidang ramuan alami untuk menciptakan formula yang efektif tanpa efek samping. Dengan bahan madu asli dari negeri Afrika.

“Madu Kejantanan ini menggunakan madu asli dari Afrika yang kemudian diracik dengan sejumlah ramuan herbal pilihan diantara nya akar maca dan tribulus yang telah terbukti berkhasiat meningkatkan vitalitas dan stamina pria,” kata bro Hizrah kepada awak media, di Jakarta, Senin (8/4/2024).

Pria yang pernah sukses meluncurkan sejumlah lagu seperti lagu Gila Batu, Gila Ahok mengungkapkan bahwa madu kaisar sengaja diluncurkan bulan puasa bertepatan dengan momen menarik yaitu pada tanggal 4 Bulan 4 Tahun 2024 di salah satu hotel di pantai Anyer, dengan harapan produk madu terbarunya itu bisa menembus batas. “Menembus batas adalah ikhtiar saya bahwa madu kaisar ini diharapkan dapat menembus pasar Indonesia, asia hingga dunia,” imbuh bro Hizrah.

Seperti madu hijau sebelumnya milik nya yang sukses dipasaran hingga laris jutaan botol, bro Hizrah mengungkapkan bahwa madu Kaisar adalah hasil racikanya selama 4 tahunan. Itu di karnakan sulit nya menemukan Bahan utama madu tersebut kata pria yang juga sebagai seniman Betawi Ora, madu asli diambil dari negeri Afrika yang kemudian di racik secara khusus.

Sebelumnya, bro Hizrah telah sukses meluncurkan produk unggulan lainnya, yakni Madu Kaisar dan Madu Hijau.

Madu Hijau, produk sebelumnya, telah memperoleh kesuksesan besar dengan penjualan jutaan botol di pasaran Indonesia maupun luar negeri. “Diharapkan bagi para pria yang ingin gagah seperti seorang kaisar di ranjang ,ya konsumsi madu ini,” terangnya.

Karna madu kaisar buatan nya ini sudah terdaftar di BPOM dan diawasi langsung oleh ahli gizi dan farmasi, jadi madu kaisar sangan aman sekali buat jantung juga ginjal.

Menurut bro hizrah Selain manfaat madu kaisar
Untuk kejantanan pria ada manfaat lain nya yaitu sebagai buldoser pembersih pembuluh darah dan menormalkan kolesterol jahat sebagai penyebab utama penyakit stroke dan juga inpotensi

Bro Hizrah mengatakan, mengambil nama Kaisar di madu baru racikannya adalah lantaran kata Kaisar adalah seorang raja yang kedudukanya menguasai kerajaan, tubuh dan wajah nya perkasa dan juga kaisar ada yang mempunyai banyak selir wanita wanita cantik.

“Selain itu kaisar juga mempunyai banyak keturunan, Jadi laki-laki sejati bukan hanya dia perkasa di ranjang tapi harus bisa juga memiliki hormon yang subur untuk membuahi pasangan nya agar bisa memiliki keturunan,nah di dalam kandungan madu kaisar ini juga terdapat bahan untuk menyuburkan hormon bagi laki-laki yang mandul, Sang Kaisar juga dulu hidupnya banyak mengkonsumsi ramuan ramuan yang membuatnya perkasa dan banyak keturunan,” papar bro Hizrah yang memiliki akun TikTok hampir satu juta ini.

Dengan pengalaman dan reputasi yang telah dibangunnya, Madu Kaisar kata bro Hizrah akan menjadi solusi yang diminati oleh banyak pria dewasa yang menginginkan peningkatan dalam kehidupan intim mereka. Madu Kejantanannya juga hadir sebagai pilihan alami bagi para pria yang ingin meningkatkan kepercayaan diri dan performa di ranjang tanpa harus khawatir akan efek samping yang merugikan.

“Keberadaan produk ini menjadi jawaban atas kebutuhan akan solusi yang aman, efektif, dan terpercaya dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan seksual pria,” tandas bro Hizrah. (utw)

Continue Reading
Advertisement

Trending