Connect with us

Megapolitan

ASENSI bareng IMEI dan Krista akan gelar the-3rd ILE 2023 di 3 kota besar

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Dari laporan Kementerian Perdagangan RI bahwa bisnis lisensi dan waralaba Indonesia mampu menyerap 600.000 tenaga kerja dari 93.000 gerai industri yang dibuka dengan total omset 54,4 miliar rupiah.

Jumlah bisnis lisensi meningkat karena melihat jumlah pelaku usaha baru yang berasal dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang semakin bertambah. Tiga sektor yang paling banyak diminati masyarakat yaitu F&B, ritel dan jasa.

ASENSI (Asosiasi Lisensi Indonesia) bersama dengan IMEI (International Multi Expo Indonesia) KRISTA Exhibitions akan menggelar the 3rd Indonesia Licensing Expo (ILE) yang akan digelar di 3 kota besar yakni Surabaya di bulan Juni 2023, Bali di bulan September 2023 dan Jakarta di bulan Oktober 2023 yang bertepatan di tahun 2023 ini yakni tahun merek yang telah diumumkan oleh KemenKumHam RI di akhir tahun 2022 lalu.

Dalam sambutannya, Kasan dari Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag RI pada press conference di Jakarta (5/4) mengatakan, “Bisnis lisensi yang khusus waralaba atau franchise di Indonesia tumbuh 5% dengan omzet mencapai Rp 31,1 triliun pada 2021. Industri ini pun mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 682.292 orang. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, bidang usaha waralaba didominasi jasa makanan dan minuman yang mencapai lebih dari 44,09% maka Pameran Lisensi ke-3 yang diharapkan dapat mendukung program-program Pemerintah yaitu Gerakan Merek Lokal Indonesia dan Bangga Buatan Indonesia (BBI). Selain itu diharapkan juga dapat meningkatkan semangat berwirausaha dan menjadi momentum kebangkitan bagi para pengusaha merek dan produk lokal lndonesia termasuk para pelaku Waralaba di dalam negeri khususnya dimasa transisi menuju endemic sekarang ini, “ujarnya.

Kasan juga menyampaikan bahwa, “Kementerian Perdagangan memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada ASENSI yang secara konsisten dan berkelanjutan memberikan kontribusi berharga untuk pembangunan nasional khususnya sektor waralaba, Lisensi dan merek-merek lokal. Ikatan kuat dan kerjasama yang telah berjalan dengan sangat baik selama ini antara Kementerian Perdagangan dengan ASENSI kiranya dapat dipertahankan dan bahkan terus ditingkatkan. Apresiasi setinggi-setingginya juga saya haturkan kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah menjadi mitra kerja Pemerintah selama ini. Saya sangat mengharapkan agar kolaborasi nyata antara Pemerintah dan dunia usaha ini dapat terus berlangsung,” tambahnya.

Susanty Widjaja selaku Ketua ASENSI menjelaskan, “penyelenggaraan (ILE) Indonesia Licensing Expo 2023 akan digelar di 3 kota besar, yakni Surabaya, Bali dan Jakarta. Di Surabaya akan di gelar di Grand City Surabaya rencana pada 15-18 Juni 2023. Bali akan digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) pada 7-9 September 2023 dan puncak terbesarnya akan diadakan di Jakarta, JIexpo Kemayoran pada 11-14 Oktober 2023,” jelasnya.

Susanty mengungkapkan, “Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 adalah pameran Lisensi, Waralaba, Kemitraan dan Peluang Usaha Indonesia terbesar dan terlama di 3 kota besar di negeri ini yang memamerkan lebih dari 250 merek usaha lisensi, waralaba dan berbagai peluang usaha lainnya baik nasional maupun internasional, dengan target 30.000 pengunjung,” jelasnya.

“Tujuan pameran the 3rd ILE 2023 berskala internasional ini melibatkan sejumlah negara, yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk-produk Indonesia dalam industri dan waralaba dan juga ajang pertemuan antara exhibitor yang terdiri dari Licensor, franchisor yang akan bertemu dengan calon investor, yang terdiri dari licensee dan franchisee dimana mereka ingin membuka dan mengembangkan usaha dan beragam industri,” terang Susanty yang juga pemegang lisensi merek lokal yakni Bakmi Naga Resto dan Batavia Cafe.

Dalam kesempatan itu CEO IMEI Krista Exhibition, Daud D Salim mengatakan,” Pameran ini adalah pameran multi industri dan restoran, kecantikan, dan kesehatan termasuk wellness, POS system dan teknologi juga lainnya,” ujarnya.

Daud menambahkan,” Kami yakin pameran ILE 2023 akan berpotensi menciptakan peluang usaha bisnis terutama kalangan generasi milenial dalam menumbuhkan semangat kewirausahaan dan upaya pemerintah mendorong umkm semakin berkembang.”ujarnya. (Ach)

Megapolitan

Trisakti Lantik Ketua Ikatan Alumni Menwa Distrik Yon 14

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Rektor Universitas Trisakti, Kadarsyah Suryadi, melantik Felix L. Tobing sebagai Ketua Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (Menwa) Distrik Batalyon (Yon) 14 Trisakti periode 2024-2027. Felix dilantik di Gedung FG FTI Kampus A Universitas Trisakti, Jalan Kiai Tapa, Jakarta Barat.

Kadarsyah Suryadi merasa bangga atas pelantikan Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti itu. Dia berharap pelantikan itu dapat memperkuat SDM dan potensi alumni Menwa sebagai kader bangsa dan negara.

“Kami berharap nantinya ketua dan keseluruhan anggota bisa menjadi contoh di dalam membela negara dan juga sebagai kekuatan cadangan yang menurut saya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, bangsa dan negara,” kata Kadarsyah Suryadi di Kampus A Universitas Trisakti, Minggu (3/3/2024).

Prosesi pelantikan mengikuti Tata Upacara Militer (TUM), diawali dengan pembacaan naskah pelantikan oleh Kadarsyah Suryadi. Acara dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan dan penyerahan bendera pataka kepada Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti yang baru dilantik.

Felix mengaku bangga mendapat mandat sebagai Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti yang baru. Dia berjanji akan melaksanakan segala amanah dan tanggung jawab serta menjalankan kepemimpinan yang transparan, berkomitmen memperkokoh hubungan alumni dan institusi di lingkup Trisakti.

Dalam paparan visi dan misinya, Felix menjelaskan ke depannya IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti akan berperan aktif dalam pembangunan masyarakat melalui proyek-proyek sosial, melestarikan nilai-nilai positif dan tradisi resimen mahasiswa sebagai cadangan bela negara.

Acara pelantikan Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti dihadiri juga oleh Dirjen Imigrasi Silmy Karim, Ketua Senat STMA Trisakti Robidi, S.H, M.H, selaku Dewan Pengawas IKA, Ketua Komisariat IARMI Untar, UMB dan Perwakilan Komenwa, Dewan Pimpinan Provinsi IARMI DKI Jaya, serta beberapa wakil komisariat perguruan tinggi lainnya di Jakarta.

Felix dipilih secara aklamasi dalam MUNAS V IKA Menwa Distrik Yon14 Trisakti, 3 Maret 2024. Felix telah mengikuti pendidikan Menwa pada tahun 1987. Dia menapak karir sebagai wakil kepala provost, wakil komandan Yon 14 Trisakti, wakil ketua IKA Menwa Yon 14 Trisakti periode 2021-2024. (tw)

Continue Reading

Nusantara

Jusuf Kalla Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua DMI Periode 2024-2029

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Muktamar ke-VIII Dewan Masjid Indonesia (DMI) secara aklamasi menerima laporan pertanggungjawaban PP DMI dan secara aklamasi menetapkan kembali Jusuf Kalla sebagai Ketua Umum DMI 2024-2029.

Sebanyak 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) menyampaikan pandangan umum dan penilaian pada muktamar yang dihadiri oleh ribuan utusan dari DPW dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) seluruh Indonesia.

Wakil Ketua Umum DMI Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo pun mengapresiasi pelaksanaan muktamar yang berjalan dengan baik, tertib, khidmat dan lancar.

Muktamar rencananya ditutup oleh Wakil Presiden RI KH. Makruf Amin pada 3 Maret 2024. (ut)

Continue Reading

Megapolitan

ABUPI Jalin Kerjasama dengan ITL Trisakti dalam Rangka “ABUPI Goes To Campuss”

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) dan Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, menjalin kerja sama dalam rangka sinergitas program bidang pendidikan yang tertuang dalam Nota Kesepahaman (MoU) di Kampus ITL Trisakti, Jakarta pada hari Jumat, 1 Maret 2024.

“ABUPI Goes To Campuss” merupakan program kerja ABUPI yang melibatkan Perguruan Tinggi untuk bekerja sama dan saling membantu dalam penyelenggaraan pendidikan, pembinaan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor ITL Trisakti, Dr. Yuliantini, AMTrU., MM.,dan Ketua Umum ABUPI, Aulia Febrial Fatwa, setelah menandatangani MoU, menyampaikan, dengan adanya kerja sama ini semoga pertumbuhan dan perkembangan industri di sektor kepelabuhanan akan lebih baik yang didukung oleh sumber daya manusianya yang kompeten.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Memoranudm of Agreement (MoA) yang ditandatangani oleh Sekjen ABUPI Liana Trisnawati dan Wakil Rektor IV, H. Basri Fahriza, SE.,MBA.,Ph.D, sebagai implementasi dari MoU, yaitu kerja sama dibidang penelitian, adalah melakukan penelitian/survey untuk menghasilkan data pertumbuhan dan perkembangan Pelabuhan terutama untuk Pelabuhan Pengumpan Lokal dan Regional.

“Ada beberapa point penting yang dapat dikerjasamakan antara ABUPI dan ITL Trisakti, antara lain yang dalam waktu dekat ini terkait dengan penelitian perkembangan Pelabuhan Pengumpan Lokal dan Regional, program pendidikan kesarjanaan dan program Pendidikan vokasi, yaitu pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan dibidang kepelabuhanan”, ujar Febri sapaan akrab Ketua Umum ABUPI di Jakarta, (1/3/2024).

Hadir pada penandatanganan MoU dan MoA ini, selain Rektor ITL Trisakti juga para Wakil Rektor berserta jajarannya dan Pengurus ABUPI. (utw)

Continue Reading
Advertisement

Trending