Connect with us

Nusantara

Ayo Wisata Religi ke Wali Songo yang Tersebar di Seluruh Pulau Jawa

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jawa, Penyebaran agama Islam di Pulau Jawa tak terlepas dari peran Wali Songo. Wali Songo atau sembilan orang yang dipercaya ini merupakan tokoh Islam yang dihormati di Indonesia, terutama di Pulau Jawa.

Untuk menghormati sekaligus mengenang jasa-jasanya, banyak umat muslim yang berziarah ke makamnya. Makam-makam para wali pun dijadikan jujugan wisata religi.

Biasanya, saat bulan Ramadan tiba, kawasan makam Wali Songo sangat ramai, lho. Kalau kamu berencana berwisata religi ke makam Wali Songo, simak daftar lokasinya di bawah ini:

1.Makam Sunan Ampel

Kompleks pemakaman Sunan Ampel berada di dekat Masjid Ampel yang didirikan pada tahun 1421. Di sekitar kawasan ini, terdapat pasar yang menjual kurma, peralatan salat, makanan khas Arab, dan lain-lain. Saat bulan Ramadan tiba, biasanya jumlah peziarahnya mencapai puluhan ribu orang.

Lokasi: Jalan Ampel Masjid Nomor 43, Kelurahan Ampel. Kecamatan Semampir, Surabaya, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

2. Makam Sunan Gresik

Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim dianggap sebagai orang yang pertama menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Setelah meninggal dunia, Sunan Gresik dimakamkan di sebuah bangunan berbentuk pendopo yang berisi makam istri beserta anaknya. Jaraknya hanya sekitar 200 meter dari Kota Gresik.

Lokasi: Jalan Malik Ibrahim Nomor 52-62, Kelurahan Bedilan, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

3. Makam Sunan Bonang

Sunan Bonang adalah anak dari Sunan Ampel bersama istri pertamanya yang bernama Dewi Candra Wati. Untuk menuju kompleks pemakaman Sunan Bonang, kamu harus naik becak seharga Rp18 ribu pulang dan pergi.

Sesampainya di lokasi, kamu bisa melihat ratusan makam dengan jalan setapak menuju ke pendopo di mana Sunan Bonang dimakamkan.

Lokasi: Jalan KH Mustain, Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

4. Makam Sunan Drajat

Tak jauh berbeda dengan makam Wali Songo lainnya, makam Sunan Drajat pun ditempatkan di bangunan menyerupai pendopo berbentuk cungkup. Saat memasuki makam, kamu akan melewati gerbang batu dengan ukiran tumbuhan. Di sekitar kawasan ini terdapat ada pasar yang menjual aneka makanan laut.

Lokasi: Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

5. Makam Sunan Kudus

Saat memasuki kawasan ini, kamu akan langsung melihat Masjid Menara Kudus yang bentuknya menyerupai candi. Di kawasan makam utama Sunan Kudus, ada bangunan kecil yang biasanya ditutupi kelambu. Para peziarah bisa berdoa di sekeliling bangunan kecil ini.

Lokasi: Kelurahan Kauman, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

6. Makam Sunan Giri

Di area pintu masuk makam Sunan Giri, ada Candi Bentar yang dijaga patung naga besar. Untuk makam Sunan Giri dikelilingi tembok kayu dengan ukiran indah. Di sekitar makam ini, ada cungkup milik Sunan Dalem, yakni anak dari Sunan Giri.

Lokasi: Jalan Sunan Prapen Nomor 7, Kelurahan Sekarkurung, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

7. Makam Sunan Kalijaga

Makam Sunan Kalijaga berada di kompleks Masjid Agung Demak. Sebelum memasuki kawasan ini, kamu harus mengisi buku tamu dahulu.

Setelah itu, barulah masuk ke area makam. Untuk makam Sunan Kalijaga sendiri dilapisi keramik dengan pilar bertuliskan kaligrafi.

Lokasi: Jalan Raden Sahid, Kelurahan Kadilangu, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

8. Makam Sunan Muria

Makam Sunan Muria berada pada ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Di kawasan ini pun ada Masjid Sunan Muria yang gak kalah menawan.

Berbeda dengan makam Wali Songo lainnya, kawasan ini lebih sejuk dengan pemandangan yang cantik, karena berada di dekat Gunung Muria.

Lokasi: Desa Colo, Kecamatan Gawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

9. Makam Sunan Gunung Jati

Bangunan makam ini memiliki gaya arsitektur Jawa, Tiongkok, dan Arab. Dindingnya dihiasi dengan keramik yang berumur ratusan tahun.

Ada pula ukiran kaligrafi yang bikin makin menawan. Di sekitar kawasan ini, banyak sekali tempat makan yang menyajikan aneka hidangan, lho.

Lokasi: Jalan Alun-alun Ciledug Nomor 53, Kelurahan Astana, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

Dari beberapa wisata Wali Songo di Pulau Jawa, kamu udah pernah berkunjung ke mana aja, nih? (tri)

Megapolitan

Kabupaten Halmahera Selatan tampilkan potensi unggulan di Apkasi Otonomi Expo 2024

Published

on

By

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Kabupaten Halmahera Selatan ambil bagian dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2024 di Hall Jakarta Convention Center Senayan, dengan menampilkan potensi-potensi unggulannya.

Kegiatan yang diikuti oleh pemerintah kabupaten se-Indonesia ini dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Rabu tanggal 10 Juli 2024.

Bupati Halmahera Selatan, Hasan Ali Bassam Kasuba, menggarisbawahi pentingnya acara ini bagi daerahnya. “Kami sangat menghargai kesempatan untuk berpartisipasi dalam Apkasi Otonomi Expo. Ini adalah kesempatan emas untuk mempromosikan potensi Halmahera Selatan, termasuk produk-produk UMKM dan komoditi unggulan kami,” ujarnya.

Selama tiga hari, para pengunjung akan disuguhi berbagai pameran yang menampilkan produk-produk unggulan dari seluruh Indonesia. Dari kerajinan tangan tradisional hingga teknologi modern, semua bisa ditemukan di Apkasi Otonomi Expo. Selain itu, ada juga seminar dan diskusi panel yang membahas berbagai isu strategis dalam pembangunan daerah.

Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba juga menekankan bahwa acara ini adalah kesempatan untuk menarik investasi ke Halmahera Selatan. “Kami berharap dapat menarik minat investor untuk berinvestasi di daerah kami. Dengan investasi yang tepat, kami yakin bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

“Kegiatan ini merupakan ajang untuk menyosialisasikan serta mempromosikan potensi-potensi yang dimiliki Halmahera Selatan, sehingga dapat dikenal masyarakat luas,” kata Ketua Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Hj Eka Dahliani Abusama.

“Selama tiga hari, para pengunjung akan disuguhi berbagai pameran yang menampilkan produk-produk unggulan dari seluruh Indonesia. Dari kerajinan tangan tradisional hingga teknologi modern, semua bisa ditemukan di Apkasi Otonomi Expo. Selain itu, ada juga seminar dan diskusi panel yang membahas berbagai isu strategis dalam pembangunan daerah”, jelas Hj. Eka Dahliani Abusama.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai 10 sampai 12 Juli 2024 ini juga dibarengi dengan Rapat Kerja Nasional XVI Apkasi 2024 dengan tema “Sinergisitas Pembangunan Berkelanjutan Pemerintah Pusat Dengan Pemerintah Daerah Menuju Indonesia Maju”, dan Apkasi Procurement Network 2024. (ut)

Continue Reading

Nusantara

AHY akan Terbitkan Sertifikat Tanah di IKN Nusantara, BPK Temukan Deretan Masalah Baru

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memastikan akan menerbitkan sertifikat sertifikat hak pakai di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Putra SBY itu mengatakan bahwa Kementerian atau BPN akan mengeluarkan sertifikat tersebut jika status tanah di IKN sudah bersih secara umum atau “clean and clear”.

AHY mengatakan lebih lanjut bahwa Kementerian atau BPN akan memberikan dukungan penuh kepada Otorita IKN dalam hal tanah dan penataan ruang.

“Pendekatan yang baik ditekankan oleh Presiden dalam menangani situasi di lapangan, dengan menghindari korban,” kata AHY pada 1 Juli 2024.

Adapun terupdate adalah pembangunan IKN di Kalimantan Timur hingga saat ini terus berlanjut.

Apalagi menjelang upacara 17 Agustus 2024 pembangunan IKN Nusantara terus dimaksimalkan.

Namun, Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) mengungkapkan fakta baru masih ada masalah soal pembangunan IKN Nusantara ini.

Hal itu menyangkut seperti masalah persoalan lahan adat dan investasi minim dan lainnya.

Hal itu dinyatakan oleh BPK dalam dokumennya berjudul “Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester 2 Tahun 2023”.

Pemeriksaan BPK mencakup kinerja pembangunan IKN dari tahun anggaran 2022 hingga triwulan ketiga 2023.

Hal itu sebagai bagian dari pembangunan tahap 1 tahun 2022-2024, yang melibatkan Kementerian PUPR dan instansi terkait lainnya.

Mari simak di bawah ini hasil temuan BPK mengenai permasalahan dalam pembangunan IKN mencakup beberapa aspek berikut:

1. Kekurangan Material dan Peralatan

Pembangunan IKN menghadapi beberapa tantangan.

Tantangan itu seperti termasuk kekurangan pasokan material dan peralatan konstruksi.

Harga pasar material batu dan biaya sewa kapal tongkang belum stabil dan sulit dikendalikan.

Selain itu, pelabuhan bongkar muat yang dibutuhkan untuk mendukung proyek ini belum dipersiapkan dengan baik.

Tidak hanya itu, pasokan air yang diperlukan untuk pengolahan beton juga masih terbatas.

2. Rencana Alokasi Anggaran

Kementerian PUPR masih belum sepenuhnya merampungkan rencana alokasi anggaran operasional serta mekanisme pemeliharaan dan pengelolaan aset dari hasil pembangunan infrastruktur IKN tahap pertama.

Kendala-kendala ini mengindikasikan bahwa perbaikan dan penyempurnaan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan IKN sangat diperlukan agar proyek ini dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

3. Rencana Strategis dan Perencanaan Pendanaan Belum Memadai

Rencana strategis Kementerian PUPR untuk periode 2020-2024 dan rencana induk IKN serta perencanaan pendanaannya masih belum sepenuhnya optimal.

Alternatif sumber pendanaan di luar APBN, seperti Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), serta pendanaan dari pihak swasta atau BUMN/BUMD, masih belum berhasil diimplementasikan.

4. Persiapan Lahan

Pembangunan infrastruktur IKN dihadapkan pada tantangan terkait mekanisme pelepasan kawasan hutan.

Dari total luas lebih dari 36.000 hektar tanah, sekitar 2.000 hektar masih dikuasai oleh pihak lain.

Kendala ini muncul karena hak pengelolaan lahan belum diterbitkan dan proses sertifikasi untuk area hasil pengadaan tanah belum rampung. (ut)

Continue Reading

Nusantara

Jokowi Ingin Presiden Dilantik di IKN, Namun Pelantikan Prabowo Tetap di Jakarta

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Pihak Jokowi dan istana dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) saling klaim soal tempat pelantikan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming sebagai Presiden/Wapres.

Apakah perbedaan itu sbg sinyal Presiden Joko Widodo dan Prabowo mulai Tak akur ?

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani menjelaskan, proses pelantikan Presiden-Wakil Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tetap dilaksanakan di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta.

“Pokoknya pelantikan di Senayan,” kata Muzani di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Namun, nantinya Prabowo bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024.

“Insyaallah Pak Prabowo (upacara 17 Agustus) ke IKN,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut, rencananya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara atau IKN. 

Selain pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang baru, menurut Basuki Hadimuljono, upacara peringatan HUT ke-79 RI juga akan digelar di IKN.

Sebelumnya ada pernyataan dari pemerintahan Jokowi bahwa pelantikan presiden terpilih akan dilaksanakan di IKN.

“17 Agustus upacaranya, rencananya di sana (IKN), pelantikan presiden insyaallah juga di sana (IKN). Rencananya begitu. Pelantikan presiden rencana di sana,” kata Basuki di gedung DPR, Jakarta, Selasa (2/4). (tw)

Continue Reading
Advertisement

Trending