Connect with us

Internasional

BKKBN Hadir di Acara CPD PBB New York

Published

on

REPORTASE INDONESIA – New York, BKKBN hadir dalam gelaran Commission on Population and Development (CPD) sesi ke-56 di Markas Besar PBB, New York, pada 10-14 April 2023. Tahun ini, tema kegiatan yang rutin diselenggarakan itu yakni ‘Population, Education, and Sustainable Development’.

CPD merupakan komisi yang didirikan oleh Economic and Social Council (ECOSOC) PBB pada tahun 1994 yang merupakan penamaan ulang dari Population Commission. Indonesia adalah salah satu negara anggota CPD dan BKKBN selalu aktif dalam sidang sebagai Ketua Delegasi yang diselenggarakan secara tahunan.

Saat ini yang menjadi hadir menjadi delegasi BKKBN yakni Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan BKKBN Prof. Rizal M. Damanik, Ph.D; Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Dr. Bonivasius Prasetya Ichtiarto, S.Si, M.Eng; dan Kepala Pusat Pelatihan dan Kerja Sama Internasional, BKKBN Dr. Ukik Kusuma Kurniawan, SKM, MPS, MA.

Ada tiga isu utama yang disampaikan oleh Delegasi RI (BKKBN) dalam Indonesia’s Country Statement pada sidang CPD ke-56 ini yakni: (1) upaya untuk mengatasi permasalah pertumbuhan penduduk harus didukung dengan advokasi dan prakarsa pendidikan yang tepat, memadai, dan kuat; (2) memperkuat kualitas pendidikan. Dimana pendidikan yang berkualitas akan meningkatkan kehidupan sosial-ekonomi masyarakatnya; (3) pertimbangan atas berbagai faktor penentu untuk memastikan hasil pendidikan yang optimal termasuk menurunkan prevalensi stunting.

Di samping kegiatan utama, para Delegasi RI juga mengikuti kegiatan lainnya seperti menjadi pembicara dalam Side Event dari Cote d’Ivore yang bertema “Strategies for accelerating the implementation of ICPD commitments: Role of Population Offices and Bureau” yang menyampaikan 3 hal lainnya yaitu: (1) memastikan pembiayaan program Kependudukan, Pembangunan dan KB di Indonesia melalui DAK; (2) Advokasi dan Komunikasi perubahan prilaku melalui program KIE; dan (3) Data sebagai evidence-based, dan upaya Pemerintah RI untuk membangun 1 single data. (ut)

Internasional

Tentara Israel Sengaja Tembaki Warga Palestina Saat Kumpulkan Bantuan di Gaza

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Gaza, Tentara Israel sengaja menembaki warga Palestina yang mengumpulkan bantuan kemanusiaan di Jalur Gaza pada Jumat (5/4), dirilis lembaga penyiaran berita internasional Al Jazeera.

Video tersebut memperlihatkan tentara Israel sengaja menembak berkali-kali ke arah salah satu pemuda yang mengumpulkan bantuan.

Usai terkena tembakan, pemuda Palestina itu kehilangan keseimbangan lalu terjatuh, bangkit dan kehilangan keseimbangan lagi.

Saat pemuda itu berusaha bergerak perlahan menjauh ke arah yang berlawanan dari tentara dan kendaraan Israel, tembakan terus menghujaninya, menyebabkan dia terkapar lagi.

Rekaman berdurasi tiga menit ini mendokumentasikan apa yang disebut PBB sebagai tragedi buatan manusia di Gaza. (tw)

Continue Reading

Internasional

HAMAS Tidak Akan Pernah Menyerah Pada Zionist Teroris Israel dengan Syarat Apapun!

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Gaza, Pemimpin senior Hamas yang berbasis di Beirut, Lebanon, Osama Hamdan, di tengah perang genosida yang dilancarkan Israel di Jalur Gaza menyatakan pihaknya tidak akan menyerah pada rezim zionis dengan syarat apa pun.

Menurut Hamdan, rezim Israel tidak mampu membebaskan satu pun tahanan sejak awal perang dan karena itu segala upaya rezim itu bisa dikatakan tidak membuahkan hasil.

Hamdan juga menolak klaim soal terbunuhnya wakil komandan militer Hamas, Marwan Issa.

“Pembunuhan para pemimpin tidak akan melemahkan perlawanan Hamas, katanya di Gaza (28/3/2024).

Ia menambahkan bahwa pernyataan Gedung Putih kantor presiden Amerika Serikat mengenai Marwan Issa mengindikasikan keterlibatan AS dalam genosida di Gaza. (utw)

Continue Reading

Internasional

PRCS: Tiap Hari Sekitar 37.000 Ibu Tewas di Gaza-Palestina Akibat Serangan Zionist Israel

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Gaza, Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) pada Kamis (21/3/2024) mengungkapkan sekitar 37 ibu Palestina terbunuh setiap harinya di Jalur Gaza, sehingga menyebabkan keluarga mereka hancur dan anak-anak kehilangan perlindungan.

Sementara itu, sekitar 31.988 orang tewas dan 74.188 orang lainnya terluka sejak awal agresi Israel 7 Oktober 2023. Sebagian besar dari para korban itu adalah anak-anak dan perempuan. (tri)

Continue Reading
Advertisement

Trending