Connect with us

Megapolitan

Dokter Curiga LBP Alami Penyumbatan Jantung karena Kelelahan, Lakukan Tugas Negara atau Kebanyakan Korup?

Published

on

REPORTASE INDONESIA – jakarta, Menyusul Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengaku alami kelelahan parah, dokter spesialis bedah duga ‘Menteri Segala Urusan’ alami penyumbatan di jantung.

Hal ini diutarakan Dokter Spesialis Bedah RS Royal Progress, dr. Ika Megatia, B.MedSc, SpB, FINACS, FICS mengingat Menteri Luhut sudah masuk kategori lansia, apalagi saat ini ia berusia 76 tahun.

“(Usia) Luhut di atas 50 tahun, bisa aja fungsi jantung, fungsi paru sudah berubah, atau mungkin ada hipertensi, saya tidak tahu, karena confidential (rahasia). Jadi kita harus lihat, jangan-jangan ada penyumbatan di jantung dan sebagainya,” ujar dr. Ika kepada suara.com dalam acara diskusi Operasi Minimal Invasif RS Royal Progress di Sunter, Jakarta Utara, Rabu (10/11/2023).

Dokter bedah berpengalaman tangani kasus bedah wasir, usus buntu, hernia (turun berok), benjolan payudara dan jaringan lunak lainnya ini menduga tiba Luhut mengalami underfungsi, sehingga dari yang awalnya merasa baik-baik saja beraktivitas tapi karena usia tidak muda dan kerja berlebihan jadi sangat kelelahan.

“Tapi karena overtime badannya mulai berumur, sehingga terjadi underfungsi, jadi sehingga yang harusnya biasa ke mana-mana (baik-baik saja), tapi kok buat dia lelah sekali,” papar dr. Ika.

Dokter yang mendalami bidang Medical Science lebih dari 13 tahun ini juga menyebutkan kelelahan parah yang dialami Luhut, bisa juga disebabkan kondisi hemodinamik atau aliran darah ke seluruh tubuh.

“Kelelahan itu kembali lagi ke hemodinamik, artinya berapa banyak darah yang terpompa dan diserap ke jaringan yaitu fungsi jantung dan paru-paru,” jelasnya.

Berkaca dari yang dialami Menteri Luhut ini, dr. Ika juga mengingatkan masyarakat umum untuk bisa mengenali kondisi fisiknya, serta tidak memaksa tubuh bekerja berlebihan dengan aktivitas atau batasan tubuh yang tidak biasa.

“Kalau kita fit biasanya gym lari 2 kilometer nggak apa-apa. Tapi kalau nggak biasa jangan langsung lari,” bebernya.

Adapun fatigue atau kelelahan parah yang perlu diwaspadai yakni kliyengan hingga sesak napas, dr. Ika tidak menyarankan untuk melanjutkan aktivitas karena bisa berbahaya.

“Itu sebaiknya stop istirahat dulu, lihat, kalau udah break (istirahat dan pulih) baru lanjut,” pungkas dr. Ika.

Sekedar informasi, adapun Menko Marves Luhut saat ini sedang menjalani perawatan di RS Singapura dengan tujuan memulihkan diri karena kondisinya yang drop. Sebelum terbang ke Negeri Singa itu, Luhut lebih dulu dapat rekomendasi dan tawaran dari Senior Minister, Teo Chee Hean dan Menteri Luar Negeri Singapura, Dr. Vivian Balakhrisnan.

“Sore ini saya memutuskan untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura, sekaligus melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif terkait kesehatan saya,” kata Luhut dalam caption unggahannya pada Selasa, 10 Oktober 2023 lalu.

Nitizen pun banyak bertanya, kelelahan tugas negara atau kebanyakan korupnya? (tw)

Megapolitan

Trisakti Lantik Ketua Ikatan Alumni Menwa Distrik Yon 14

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Rektor Universitas Trisakti, Kadarsyah Suryadi, melantik Felix L. Tobing sebagai Ketua Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (Menwa) Distrik Batalyon (Yon) 14 Trisakti periode 2024-2027. Felix dilantik di Gedung FG FTI Kampus A Universitas Trisakti, Jalan Kiai Tapa, Jakarta Barat.

Kadarsyah Suryadi merasa bangga atas pelantikan Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti itu. Dia berharap pelantikan itu dapat memperkuat SDM dan potensi alumni Menwa sebagai kader bangsa dan negara.

“Kami berharap nantinya ketua dan keseluruhan anggota bisa menjadi contoh di dalam membela negara dan juga sebagai kekuatan cadangan yang menurut saya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, bangsa dan negara,” kata Kadarsyah Suryadi di Kampus A Universitas Trisakti, Minggu (3/3/2024).

Prosesi pelantikan mengikuti Tata Upacara Militer (TUM), diawali dengan pembacaan naskah pelantikan oleh Kadarsyah Suryadi. Acara dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan dan penyerahan bendera pataka kepada Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti yang baru dilantik.

Felix mengaku bangga mendapat mandat sebagai Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti yang baru. Dia berjanji akan melaksanakan segala amanah dan tanggung jawab serta menjalankan kepemimpinan yang transparan, berkomitmen memperkokoh hubungan alumni dan institusi di lingkup Trisakti.

Dalam paparan visi dan misinya, Felix menjelaskan ke depannya IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti akan berperan aktif dalam pembangunan masyarakat melalui proyek-proyek sosial, melestarikan nilai-nilai positif dan tradisi resimen mahasiswa sebagai cadangan bela negara.

Acara pelantikan Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti dihadiri juga oleh Dirjen Imigrasi Silmy Karim, Ketua Senat STMA Trisakti Robidi, S.H, M.H, selaku Dewan Pengawas IKA, Ketua Komisariat IARMI Untar, UMB dan Perwakilan Komenwa, Dewan Pimpinan Provinsi IARMI DKI Jaya, serta beberapa wakil komisariat perguruan tinggi lainnya di Jakarta.

Felix dipilih secara aklamasi dalam MUNAS V IKA Menwa Distrik Yon14 Trisakti, 3 Maret 2024. Felix telah mengikuti pendidikan Menwa pada tahun 1987. Dia menapak karir sebagai wakil kepala provost, wakil komandan Yon 14 Trisakti, wakil ketua IKA Menwa Yon 14 Trisakti periode 2021-2024. (tw)

Continue Reading

Nusantara

Jusuf Kalla Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua DMI Periode 2024-2029

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Muktamar ke-VIII Dewan Masjid Indonesia (DMI) secara aklamasi menerima laporan pertanggungjawaban PP DMI dan secara aklamasi menetapkan kembali Jusuf Kalla sebagai Ketua Umum DMI 2024-2029.

Sebanyak 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) menyampaikan pandangan umum dan penilaian pada muktamar yang dihadiri oleh ribuan utusan dari DPW dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) seluruh Indonesia.

Wakil Ketua Umum DMI Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo pun mengapresiasi pelaksanaan muktamar yang berjalan dengan baik, tertib, khidmat dan lancar.

Muktamar rencananya ditutup oleh Wakil Presiden RI KH. Makruf Amin pada 3 Maret 2024. (ut)

Continue Reading

Megapolitan

ABUPI Jalin Kerjasama dengan ITL Trisakti dalam Rangka “ABUPI Goes To Campuss”

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) dan Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, menjalin kerja sama dalam rangka sinergitas program bidang pendidikan yang tertuang dalam Nota Kesepahaman (MoU) di Kampus ITL Trisakti, Jakarta pada hari Jumat, 1 Maret 2024.

“ABUPI Goes To Campuss” merupakan program kerja ABUPI yang melibatkan Perguruan Tinggi untuk bekerja sama dan saling membantu dalam penyelenggaraan pendidikan, pembinaan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor ITL Trisakti, Dr. Yuliantini, AMTrU., MM.,dan Ketua Umum ABUPI, Aulia Febrial Fatwa, setelah menandatangani MoU, menyampaikan, dengan adanya kerja sama ini semoga pertumbuhan dan perkembangan industri di sektor kepelabuhanan akan lebih baik yang didukung oleh sumber daya manusianya yang kompeten.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Memoranudm of Agreement (MoA) yang ditandatangani oleh Sekjen ABUPI Liana Trisnawati dan Wakil Rektor IV, H. Basri Fahriza, SE.,MBA.,Ph.D, sebagai implementasi dari MoU, yaitu kerja sama dibidang penelitian, adalah melakukan penelitian/survey untuk menghasilkan data pertumbuhan dan perkembangan Pelabuhan terutama untuk Pelabuhan Pengumpan Lokal dan Regional.

“Ada beberapa point penting yang dapat dikerjasamakan antara ABUPI dan ITL Trisakti, antara lain yang dalam waktu dekat ini terkait dengan penelitian perkembangan Pelabuhan Pengumpan Lokal dan Regional, program pendidikan kesarjanaan dan program Pendidikan vokasi, yaitu pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan dibidang kepelabuhanan”, ujar Febri sapaan akrab Ketua Umum ABUPI di Jakarta, (1/3/2024).

Hadir pada penandatanganan MoU dan MoA ini, selain Rektor ITL Trisakti juga para Wakil Rektor berserta jajarannya dan Pengurus ABUPI. (utw)

Continue Reading
Advertisement

Trending