Connect with us

Hiburan

Duet Terbaru Baim X Donnie ADA Band

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Entah apa yang ada dipikiran vokalis gitaris satu ini, selalu unpredictable. Seperti duet terbaru dari BAIM ini yang menggandeng Donnie Sibarani. Siapakah dia?

Ok, mari merefresh sedikit sejarah mereka masing-masing (eh, sepertinya ada di Google) long story short. Mereka adalah sama-sama lulusan sebuah band keren di Indonesia, yup ADA band. Kok bisa?

Berawal dari tawaran-tawaran reuni ADA band sebelum pandemi. Pada akhirnya, membuat mereka berdua ini kembali saling kontak untuk membicarakan hal tersebut.

Pembicaraan intens keduanya berujung kepada rencana projek duet. Tadinya duet tersebut hanya rencana sebelum pandemi. Bersyukur, akhirnya bisa direalisasikan di akhir tahun 2022 kemarin.

Anggapan bahwa adanya hubungan yang kurang harmonis antar personil, bahkan antar vokalis ADA band, dijawab sudah lunas dengan rilisnya single ini.

Single bertempo medium ini sebagai ciri khas lagu-lagu mereka masing-masing sebelumnya. Sekarang diperkuat lagi dengan vokal mereka melalui satu lagu baru berjudul “ TAK BISA LAGI KEHILANGAN” yang diciptakan oleh BAIM.

“Saya memang sengaja menciptakan lagu ini untuk duet kita, yang cocok untuk range vocal kami berdua, yang pastinya super romantis,” ujar Baim.

Single ini bercerita soal seseorang yang tidak ingin kehilangan kekasihnya untuk kedua kalinya. Ia ingin terus bersama kekasihnya setelah pernah menyia-nyiakan ketulusan cinta ceweknya. Pada akhirnya dia ngerti ceweknya itu adalah “one and only”.

Dan seperti biasa untuk ribuan kalinya, semua ini tak kan bisa terealisasi tanpa support dari Pak Rahayu Kertawiguna dan team NAGASWARA yang tak hentinya, bagaikan air untuk pelepas dahaga.

Akhirnya, di awal tahun 2023 ini, “TAK BISA LAGI KEHILANGAN” sudah dapat dinikmati penikmat musik Indonesia lewat YouTube dan di seluruh digital platform media yang tersedia, termasuk di radio-radio kesayangan anda semua.

Tak sabar…?!

Judul : “Tak Bisa Lagi Kehilangan”
Artis : Baim X Donnie Sibarani
Composer : Ibrahim Baim Imran
Music, Mixed & Mastered : Baim
Label : Big Indie NAGASWARA
Rilis : Januari 2023. (ut)

Hiburan

Wali Band Luncurkan Lagu Sunda Berjudul “Kumaha Aing”

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Setiap tahun, Wali band secara rutin merilis karya terbaru mereka. Setidaknya, satu single regular dan satunya lagi religi. Awal tahun 2023 ini, Wali kembali membuat single berjudul “Kumaha Aing” (dari bahasa Sunda yang berarti “bagaimana aku” atau “terserah saya”).

Single ini berlirik bahasa Sunda. Musiknya juga digarap Wali lengkap dengan bebunyian khas Tanah Pasundan seperti suling dan kendang jaipongan. Membuat lagu dengan lirik berbahasa daerah (Sunda) adalah kali pertama bagi Wali.

Semangat untuk membuat lagu-lagu dengan lirik bahasa daerah, sudah lama dipikirkan Wali. Apalagi, band itu telah eksis selama 23 tahun. Tapi kemudian banyak pertimbangan. Harapan tersebut akhirnya baru terwujud di tahun ini.

“Dari awal memang kita sudah pengin bikin lagu dengan lirik begini. Karena ini challenge juga buat kita, Wali bisa nggak menyanyikan lagu yang agak primordial sedikit. Kita bangun dengan lirik berbahasa Sunda. Kebetulan saya orang Sunda, Faank orang Sunda. Jadi, apa salahnya kalau kita harus coba membuat lirik yang tidak pernah kita buat sebelumnya di karya-karya Wali,” terang Apoy, gitaris sekaligus pencipta lagu-lagu Wali.

Ada semangat luar biasa yang ingin dihadirkan Wali kepada para penikmat musik dengan merilis single “Kumaha Aing”. Lewat lagu tersebut, Wali ingin ikut meramaikan khazanah bahasa daerah yang menjadi dasar bahasa Indonesia. Selain itu, tentu saja ada pesan moril yang ingin mereka bagi di lirik lagu tersebut.

“Kan lagu-lagu dengan lirik berbahasa Jawa sudah, kenapa kita nggak nambah khazanah kita buat memperkaya budaya nusantara? Yang Jawa sudah, sekarang giliran Wali yang Sunda. Nanti Sumatra Barat, Kalimantan, Sulawesi, dan akhirnya ini mengkerucut kepada kecintaan kita kepada nusantara, Indonesia, NKRI jadi dihadirkan. Selain ada pesan budaya, ada juga pesan moril. Itu ada 2 poin yang kita mau sampaikan kepada para pengemar Wali dan masyarakat,” lanjut Apoy lebih jauh.

Apoy menambahkan, lagu ini sengaja diciptakan Wali sebagai bentuk penolakan terhadap “arogansi” kita dan kehidupan. Seolah-olah kita menjadi superior, seolah-olah yang benar hanya kita, atau lebih parah lagi; kita menjadi Fir’aun di dunia nyata.

“Sehingga kita harus hati-hati, jangan sampai akhirnya diksi itu melekat dalam kehidupan pribadi dan akhirnya menjadi sebuah habit atau kebiasaan. Dan ini juga menjadi reminder buat kita, sekaligus reminder lebih besar yang harus kita ingat bahwa kita tidak hidup abadi. Bisa jadi akhirnya kekuasaan, kehebatan, superioritas yang kita punya tidak akan abadi, ujung-ujungnya kita kan masuk satu kali dua meter juga alias kuburan,” tambah Apoy.

Sementara, penggarapan video klip single “Kumaha Aing” dikerjakan oleh dua sutradara yakni Norman Kusuma dan Adieusna. Pengambilan gambar dilakukan di Rumah Seni dan Budaya “Lengkong”, kawasan Serpong. Tangerang Selatan, Banten. Tokoh utama yang digambarkan tampil “semau gue” di video klip itu diperankan oleh komedian Ki Daus.

Wali band beranggotakan Apoy (gitar), Faank (vokal), Ovie (keyboard) dan Tomi (drum). Selain berkarir di dunia musik, band dengan latar belakang anak-anak pesantren itu juga menjadi bintang utama sinetron “Amanah Wali” yang tayang selama 6 musim di RCTI. Selain merilis single “Kumaha Aing”, dalam keterbatasan waktu, Wali juga sudah mempersiapkan sebuah single religi.

Judul : Kumaha Aing
Artis : Wali
Ciptaan : Apoy
Editing : Aziz & Ikhsan Bodong
Music Arr : Wali
Mixed & Mastered : Sadat Effendy
Label : Big Indie NAGASWARA
Rilis : Januari 2023. (utw)

Continue Reading

Hiburan

Sandhy Sondoro X Selvi Kitty Garap Musik Rakyat Berjudul “Yang Penting Cuan”

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Siapa bilang Sandhy Sondoro identik dengan lagu-lagu berat dan serius? Nyatanya tidak. Musisi yang lama menetap di Jerman itu justru menegaskan dirinya sebagai pribadi yang santai, ringan, dan tidak serius-serius amat. Mungkin juga karena Shandy memang tergila-gila dengan semua karya film dan musik mendiang Benyamin S.

Alasan itu pula yang memicu Sandhy menggarap single berjudul “Yang Penting Cuan”. Jangan ditanya konsep lagu tersebut seperti apa. Sebab kata Sandhy, ia membuat lirik dan musik lagunya ala-ala “musik rakyat”. Persis dengan lagu-lagu Benyamin S, atau lebih mirip lagu “Ini Rindu” Farid Hardja.

“Ada beberapa lagu dengan Trio Lestari ciptaan saya yang kaya ini juga. Saya ini manusia biasa, ada sisi serius, kadang ada yang pengalanan sedih dan lucu-lucu. Saya nggak punya genre khusus. Tapi kebetulan kemarin-kemarin mungkin lebih banyak terdengar yang lebih serius.

“Liriknya ada bahasa atau logat Betawi karena saya lahir di Jakarta. Biar bukan orang Betawi, tapi saya tetap orang Jakarta. Jadi, ya logatnya Betawi. Mau dibilang apa, ya Betawi ini nempel ke saya,” jelas Sandhy Sondoro.

Ternyata tidak hanya sampai di situ kejutan yang diberikan Sandhy Sondoro lewat single “Yang Penting Cuan”. Lewat lagu tersebut, Sandy yang berkali-kali tampil sebagai salah satu bintang dalam konser David Foster itu menggandeng pedangdut Selvi Kitty.

Kenapa Selvi Kitty? Simple saja, Selvi Kitty pernah mengutarakan niat mengajak Sandhy Sondoro berduet. Makanya, saat menciptakan lagu ini di masa pandemi Covid-19, Sandhy terpikir nama penyanyi berwajah mirip Katy Perry itu. Kolaborasi dengan Selvi Kitty juga dipikir Sandhy akan menjadi “sesuatu” yang menarik dan ringan!

“Kita kan sudah sempat mengalami pandemi selama dua tahun. Saat itu, tahun 2021, saya rasa cape-lah serius-serius pada saat itu. Saya pengen sesuatu yang fresh dari saya sendiri dan orang-orang pendengar musik di Indonesia. Ya, kita happy-happy aja-lah. Maksudnya, ini juga bukan ‘cuan’ dalam arti sebenarnya. ‘Cuan’ kan artinya bisa happines juga. Intinya yang ingin saya sampaikan kita happy-happy.

“Lagu ini saya pikir kalau mau kolab sama siapa ya? Kalo sama cowok, ya bosan. Kemarin udah pernah sama Narji. Sama cewek harusnya. Tapi ini lagu lucu-lucuan, ya langsung kepikiran Selvi Kitty alias Katy Perry Sunda,” tambah Sandhy Sondoro.

Sementara, Selvi Kitty yang sudah menelurkan banyak lagu, terutama bergenre dangdut atau dancedhut di NAGASWARA, mengatakan ingin mencoba sesuatu yang berbeda di musik.

Ide tersebut kemudian ditanggapi serius oleh Sandhy Sondoro sampai ia menciptakan lagu yang diharapkan Selvi Kitty.

“Ini wacana kita dari dulu sejak tahun 2015. Baru sempat ketemu sekarang dan Alhamdulillah disetujui sama Pak Rahayu (CEO NAGASWARA). Terimakasih Pak Rahayu.

“Ternyata, kerja bareng Kang Sandhy itu susah. Ya, susah cari waktunya. Tapi aku mau bilang terimakasih, kamu mau bantuin aku dalam segala hal. Aku senang banget bisa duet sama Sandhy Sondoro,” tambah Selvi Kitty.

Sandhy Sondoro sendiri menyebut lagu yang dinyanyikan bersama Selvi Kitty ini berbeda dari lagu-lagu yang pernah ia nyanyikan. Tampil berbeda, pelantun “Malam Biru” itu justru berharap lagunya bisa diterima semua kalangan.

“Ini mirip vibe-nya sama lagu Farid Hardja; ‘Ini Rindu’. Tapi bukan dangdut banget juga. Intinya lagu pop rakyat. Mudah-mudahan bisa didengar sama semua kalangan, dari bawah sampai atas. Ini lucu banget,” harapnya.

Penggarapan syuting video klip single “ Yang Penting Cuan ” telah rampung dikerjakan oleh tim DY Studio berlokasi di area Stasiun MRT, Dukuh Atas dan Cikini, Jakarta Pusat. Konsep video klip dengan tema yang natural, casual, humble dan merakyat dari hasil ide bersama antara tim Sutradara, Sandhy dan Selvi.

“Ya, kita inginnya begitu (merakyat), tujaunnya memang seperti itu, intinya dengan kostum casual, natural, berbaur dengan masyarakat (warga) yang ada disekitar lokasi syuting, sehingga cocok dengan musik dan lirik lagunya pop rakyatlah, “terang Sandhy.

Sebelum berduet dengan Selvi Kitty, Sandhy Sondoro pernah “dipinang” Baim untuk tampil berduet dalam lagu berjudul “I’ve Had Enough With Love” pada tahun 2019 yang lalu. Single itu diciptakan Baim berdasarkan kisah cinta Sandhy dengan lirik berbahasa Inggris.

Judul : “Yang Penting Cuan”
Artist : Sandhy Sondoro X Selvi Kitty
Music & Written : Sandhy Sondoro
Mixed & Mastered : Agung Exo
Label : NAGASWARA
Rilis : Januari 2023. (tw)

Continue Reading

Hiburan

Duo Angrek Rilis Single Baru “Buka Lapak” dengan Konsep Unik

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Duo Angrek dengan personil Devay dan Putri, siap merilis single terbaru mereka berjudul “Buka Lapak” ciptaan Hendy Irvan. Duo Angrek yang dikenal selalu hadir dengan lagu-lagu berkonsep unik. Di single terbaru kali ini, Duo Anggrek masih menerapkan konsep serupa. Lewat cara itu, mereka menyebut lebih mudah menarik perhatian pendengar.

Menurut Devay, single tersebut sebenarnya sudah mulai digarap saat masa pandemi kemarin. Namun, kondisi yang terjadi tidak memungkinkan ia dan Putri take vokal. Alhasil, keduanya baru menjalani take vokal belum lama ini.

“Sebenarnya lagu ini sudah ada pas masa pandemi. Tapi karena pandemi dan beberapa hal lain, kita belum bisa take vokal. Alhamdulilah sudah selesai sekarang dan siap dirilis awal tahun ini,” terang Devay

Soal konsep lagu, Devay mengatakan Duo Anggrek selalu mencari lagu dengan lirik dan musik yang unik. Di antara contoh lagu mereka adalah “Goyang Nasi Padang” dan “Cikini Gondangdia”. Di lagu terbaru, formula yang sama kembali mereka terapkan.

“Pemilihan lagunya masih dari Pak Rahayu (CEO NAGASWARA). Beliau selalu memilihkan beberapa lagu yang konsepnya tidak jauh-jauh dari konsep lagu Duo Anggrek sebelumnya. Judulnya aja unik dan lucu buat kami,” lanjut Devay.

Devay mengatakan bahwa lagu baru Duo Anggrek “Buka Lapak” bercerita tentang pasangan yang tidak setia. Istilah selingkuh dalam lagu tersebut digambarkan dengan sebuah kata lucu yakni mempunyai “lapak” lain di luaran sana. Kata tersebut kemudian dipasang sebagai judul lagu.

“Lagunya unik kaya berpantun. Semoga sukses lagunya dan booming lagi,” harap penyanyi yang bernama lengkap Devay Natalia.

Syuting video klip lagu “Buka Lapak” telah selesai digarap oleh tim Donny Arussa Wedding dengan mengambil lokasi syuting di Studio Rumah Cimanggu, Bogor. Konsep video klip Duo Anggrek dengan kostum elegan beuty memperlihatkan Devay dan Putri pada kecantikan yang sesungguhnya sesuai dengan aslinya.

Adapun secara musik lagu “Buka Lapak” dikonsep aransemennya secara manis oleh Donall Kinan Sammy, dipadukan dengan suara dari vokal Devay dan Putri yang masing-masing memiliki karakter yang khas dari keduanya, sehingga lagu dan musik menyatu berpadu, menghasilkan karya yang enak untuk dinikmati oleh para pecinta musik bergenre Dancedhut ini.

Devay dan Putri sebagai dua personil dari Duo Anggrek terus memacu semangat dan kreatifitasnya untuk bisa mengeluarkan single-single terbarunya, dan ternyata berhasil. Mereka, baik Devay ataupun Putri, semakin sinergis dan kompak dalam segala hal. Sehingga kehadiran single terbarunya ini “Buka Lapak” yang siap dirilis dan dipersembahkan kepada para pecinta musik Tanah Air akan semakin membuat nama Duo Anggrek terus merekah mewarna seperti bunga Anggrek ketika bersemi.

Harapannya, semoga karakter Devay dan Putri keduanya bisa saling menguatkan dan tetap membuat Duo Anggrek selalu tampil memukau dengan lagu-lagunya yang semakin disukai dan selalu dinantikan oleh para penngemarnya di manapun berada.

Title : Buka Lapak
Artis : Duo Anggrek
Composer : Hendy Irvan
Music, Mixed & Mastered : Donall Kinan Sammy
Label : Big Indie NAGASWARA
Rilis : Januari 2023. (ut)

Continue Reading
Advertisement

Trending