Connect with us

Olahraga

FIFA: Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Kegagalan Loby Ketum PSSI Erick Thohir

Published

on

REPORTASE INDONESIA – FIFA resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Hal itu disampaikan FIFA melalui situs resmi, Rabu (29/3) malam.

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia [PSSI] Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” ucap FIFA dalam situs resminya.

“Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya. FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Joko Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022,”

“Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Ketua PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat,” kata FIFA.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir telah bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha dan Erick gagal dalam meloby FIFA untuk bisa meyakinkan mereka bahwa Indonesia sanggup melaksanakan Piala dunia tersebut, Qatar, Rabu (29/3).

Pertemuan itu dilakukan guna membicarakan soal permasalahan yang dihadapi Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Piala Dunia U-20 2023 dijadwalkan digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. Namun jelang penyelenggaraan tersebut terjadi polemik soal keikutsertaan timnas Israel U-20.

Beberapa pihak menolak Israel bermain di Indonesia, karena tidak memiliki hubungan diplomasi dengan Indonesia.

Sementara banyak juga pihak yang tidak mempermasalahkan Israel main di Indonesia, karena ini merupakan kegiatan olahraga yang menjadi hajatan FIFA.

Presiden RI Joko Widodo akhirnya angkat bicara tentang polemik tersebut. Jokowi menegaskan Indonesia secara prinsip tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Namun untuk urusan olahraga yaitu Piala Dunia U-20 yang menjadi hajatan FIFA, Indonesia harus patuh terhadap aturan organisasi sepak bola dunia.

Maka itu, Joko Widodo memutuskan untuk mengutus Ketua Umum PSSI Erick Thohir guna menemui Presiden FIFA Gianni Infantino untuk mencari solusi terkait masalah tersebut.

Sebelumnya penolakan besar-besaran terhadap kedatangan timnas Israel U-20 ke Indonesia datang dari sejumlah pihak. Tidak saja organisasi keagamaan atau umum, melainkan dari pemerintah.

Gubernur Bali I Wayan Koster adalah salah satu yang menentang keras kedatangan Israel ke Bali jelang drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali, Jumat (31/3).

Penolakan Wayan Koster itu dianggap sebagai kegagalan Indonesia memberikan jaminan keamanan bagi negara peserta.

FIFA akhirnya memutuskan membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali, akhir pekan lalu. Pembatalan itu memunculkan spekulasi soal nasib Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dan juga sanksi lain dari FIFA.

𝐑𝐄𝐒𝐌𝐈: 𝐈𝐧𝐝𝐨𝐧𝐞𝐬𝐢𝐚 𝐁𝐀𝐓𝐀𝐋 𝐉𝐚𝐝𝐢 𝐓𝐮𝐚𝐧 𝐑𝐮𝐦𝐚𝐡 𝐏𝐢𝐚𝐥𝐚 𝐃𝐮𝐧𝐢𝐚 𝐔-𝟐𝟎

Setelah bertemu dengan Ketua Umum #PSSI, Erick Thohir, Presiden #FIFA, Gianni #Infantino memutuskan untuk membatalkan penyelenggaraan #PialaDuniaU20 2023 di Indonesia. (ut)

Olahraga

Menang Lawan Filipina 2-0, Timnas Indonesia Lolos babak ke-3 Kualifikasi Pildun 2026

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Kemenangan atas Filipina 🇵🇭 membuat Timnas Indonesia 🇮🇩 mendapatkan tambahan 11,72 poin di ranking FIFA. Alhasil, perolehan angka skuad Garuda mencapai 1,108.72 poin.

Kondisi ini membuat Timnas Indonesia diprediksi naik tiga peringkat dari posisi 136 ke 133 dunia. Sebanyak tiga negara yang disalip Timnas Indonesia adalah Malaysia 🇲🇾 yang harus turun ke peringkat 136, Rwanda (135) dan Kepulauan Faroe (134).

Gol dari Thom Haye dan Rizky Ridho berhasil membawa Tim Merah-Putih lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan lolos otomatis ke Piala Asia 2027 ⚽️

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan tampil di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang dimulai September 2024. Sebanyak 18 negara ambil bagian di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Nantinya 18 negara itu akan dibagi dalam tiga grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan enam negara. Masing-masing tim akan melakoni 10 pertandingan dengan rincian lima kandang dan lima tandang.

🚨3 SEJARAH BAKAL TERCIPTA:

1.lolos putaran ke-3 kualifikasi piala dunia 2026 zona asia pertama kalinya

  1. lolos ke piala asia 2027 pertama kalinya tanpa kualifikasi
  2. menjadi wakil asean diputaran ke-3 kualifikasi piala dunia zona asia.

Untuk poin ke-3 timnas Indonesia peluangnya sangat besar ketimbang Vietnam, Thailand dan Malaysia. Vietnam jika ingin lolos harus menang lawan Irak di Basrah tapi, dengan catatan timnas Indonesia kalah di GBK saat ketemu Filipina.

Sedangkan Malaysia, Yakni memetik kemenangan atas Taiwan di kandang serta mengharapkan Kirgistan menelan kekalahan dari Oman, hasil imbang belum cukup menyelamatkan Malaysia. Dengan catatan Malaysia harus ciptakan gol lebih dari 7 gol.

Thailand diposisi yang sulit dipertandingan terakhir harus menang lawan Singapura tapi harus melihat pertandingan China lawan Korea Selatan jika, kedua tim bermain imbang, sudah dipastikan Thailand gagal lolos. (tw)

Continue Reading

Olahraga

Apakah Denda akan Tingkatkan Kedisiplinan dan Performa Timnas Indonesia?

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Uang Denda Pemain Timnas Disumbangkan! Shin Tae-yong Terapkan Disiplin Ketat. Pelatih Timnas Indonesia ini dikenal dengan ketegasannya dalam mendisiplinkan pemain.

Baru-baru ini, tangan kanan Shin Tae-yong, Yoo Jae-hoon, mengungkapkan bahwa denda bagi pemain yang terlambat dalam kegiatan tim telah dinaikkan.

Shin Tae-yong sering memberikan denda kepada pemain yang terlambat latihan, makan bersama, atau kegiatan lainnya untuk memastikan kedisiplinan dan ketepatan waktu. Kedisiplinan ini dianggap penting untuk membentuk mentalitas yang kuat saat bertanding.

Yoo Jae-hoon menjelaskan bahwa denda tersebut kini dinaikkan menjadi Rp1 juta per menit keterlambatan. Hal ini dilakukan karena kontrak pemain yang sedang meningkat.

“Sekarang naik ke Rp1 juta. Akhir-akhir ini naik Rp1 juta. Terlambat makan, terlambat meeting, terlambat berangkat latihan. Soalnya kontrak naik lagi,” ujar Yoo Jae-hoon dalam channel YouTubenya, (10/6/2024).

Selain untuk mendisiplinkan pemain, Shin Tae-yong juga memiliki tujuan mulia dengan penerapan denda tersebut. Menurut Yoo Jae-hoon, uang yang dikumpulkan dari denda akan disumbangkan ke panti asuhan.

“Rencananya denda-denda tersebut, nanti idenya Coach Shin akhir tahun kita sumbang ke panti asuhan atas nama timnas,” katanya.

Bagaimana menurut kalian, apakah langkah ini akan meningkatkan kedisiplinan dan performa Timnas Indonesia? (tw)

Continue Reading

Olahraga

13 Negara Lolos Babak ke-3 di Penyisihan Piala Dunia 2026, Apakah Indonesia Bisa?

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, 13 negara udah memastikan diri lolos ke round 3 WCQ 2026 sekaligus otomatis resmi lolos Piala Asia 2027 di Saudi Arabia 🇸🇦:

  1. Saudi Arabia 🇸🇦 (Host)
  2. Australia 🇦🇺
  3. Iraq 🇮🇶
  4. IR Iran 🇮🇷
  5. Uzbekistan 🇺🇿
  6. Qatar 🇶🇦
  7. United Arab Emirates 🇦🇪
  8. Japan 🇯🇵
  9. Korea Republic 🇰🇷
  10. Oman 🇴🇲
  11. Palestine 🇵🇸
  12. Jordan 🇯🇴
  13. Bahrain 🇧🇭

➡️ Sisa 5 tiket round 3 yang bakal diperebutkan 11 negara lainnya termasuk Indonesia di tanggal 11 nanti

❌ Sementara 12 negara lainnya yaitu Chinese Taipei, Turkmenistan, Hong Kong, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Singapore, Myanmar, Filipina, Lebanon, Tajikistan & Yaman udah resmi dipastikan gak lolos ke Piala Dunia 2026.

Lalu, Bagaimana dengan Timnas Indonesia, apakah mampu lolos dan menang melawan Filipina di pertandingan terakhirnya? (ut)

Continue Reading
Advertisement

Trending