Connect with us

Gayahidup

Jokowi Sedih Budaya Santun Bangsa Mulai Hilang, Namun Presiden Selalu Lempar Barang untuk Rakyatnya Saat Kunjungan ke Daerah

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Joko Widodo sampaikan pidato kenegaraan HUT ke-78 RI di Sidang Tahunan MPR. Dalam kesempatan itu, dia mengungkapkan rasa sedihnya terhadap budaya santun bangsa Indonesia yang dirasakannya mulai hilang.

Media sosial, lanjut Jokowi, sangat memudahkan masyarakat menyalurkan aspirasinya. Mulai dari masalah rakyat di pinggiran, sampai dengan kemarahan, ejekan, hingga makian dan fitnah pun dapat dengan cepat disampaikan.

“Saya tahu ada yang mengatakan Saya ini bodoh, plonga-plongo, tidak tahu apa-apa, Fir’aun, tolol. Ya nda apa, sebagai pribadi saya menerima saja. Tapi yang membuat saya sedih budaya santun budi pekerti luhur bangsa ini, kok kelihatannya mulai hilang,” jelas dia.

Menurut Jokowi, kebebasan dan demokrasi di negeri ini malah digunakan untuk melampiaskan kedengkian dan fitnah. Baginya, polusi di wilayah budaya itu sangat melukai keluhuran budi pekerti bangsa Indonesia.

Namun apa yang Jokowi sampaikan tidak sesuai dengan omongan dan perbuatannya, negeri ini telah hilang budaya santun dan saling di adu domba oleh rejim saat ini, terutama para relawan dan pendukung jokowi selama hampir 10 tahin ini.

Apakah ini budaya Santun dari Jokowi?

Jokowi ‘Main’ Lempar Barang dari Atas Mobil Demi Rakyat di Wajo Sulsel

Joko Widodo datang lagi ke Provinsi Sulawesi Selatan. Kali ini, ia menyambangi Kabupaten Wajo.

Di sana, ia meresmikan Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng. Di tengah aktivitasnya, Jokowi tak lupa melemparkan baju dari atas mobilnya.

Seakan aktivitas itu menjadi kebiasaan, netizen pun langsung menyorotinya. Adapun video pelemparan barang oleh Jokowi itu terekam oleh video dan diunggah akun twitter @Daeng_Info.

“Warga menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Kab. Wajo hari ini (9/9/2021), Jokowi dijadwalkan meresmikan Bendungan Passeloreng di Kab. Wajo, Sulsel,” tulis Daeng Info.

Video itu langsung direspons akun Twitter @taufik_A14. “Kenapa harus dilempar di’?”

Belum diketahui Jokowi melancarkan aksi lempar barang tersebut di jalanan mana. Namun yang pasti, dalam video yang terekam, para warga berbicara memakai logat khas Bugis.

Rasanya bangsa Indonesia sangat malu punya presiden seperti Jokowi, karena ucapannya selalu jauh dari perbuatannya. NOT YET MERDEKA! (tri)

Gayahidup

Inilah Kopi Tanpa Kafein dari Biji Kurma, Yang Pasti Sehat untuk Jantung Anda

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Kopi sudah menjadi minuman primadona di berbagai kalangan. Aroma dan rasanya menggugah selera, sensasinya juga membuat tubuh rileks. Kopi memiliki banyak manfaat, terutama pada kopi murni tanpa campuran gula, krimer, atau susu karena ngga meningkatkan kadar lemak darah.

Kopi mengandung senyawa aktif yang baik untuk kesehatan. Meski begitu, konsumsinya tetap harus dibatasi karena akan berdampak buruk jika dikonsumsi berlebihan, salah satunya karena efek kafein. Ternyata terdapat bahan lain yang dipercaya sebagai kopi nol kafein terbuat dari biji kurma. Yuk, simak informasinya di sini!

Manfaat biji kurma

Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui manfaat biji kurma. Varietasnya nya pun bermacam-macam, seperti BarheeKhalas, Khunaizy, FardSukkariRed SayerBouhattam. Biji kurma kaya polifenol, vitamin, mineral dan antioksidan yang bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko hipertensi, asam urat, gangguan pencernaan, kemandulan, terhambatnya pembentukan kolagen di kulit, insomnia, kepanikan, depresi, serta gangguan kecemasan.

Biji kurma varietas Bouhattam mengandung kalium, kalsium, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, biji kurma Bouhattam juga memiliki aktivitas antioksidan dan kandungan total fenol yang tinggi, serta rendah toksisitas. Senyawa fenol juga ditemukan pada teh dan biji kopi, yakni masing-masing di dalam asam protokatekuat dan asam kuinat.

Benarkah nol kafein?

Beberapa penelitian telah melakukan penelitian, yakni pada kopi biji kurma dari varietas Khalas, Khunaizy, Fard, Red Sayer dan Bouhattam. Biji kurma Khalas, Khunaizy, Fard, dan Red Sayer memiliki antioksidan sangat kuat serta terbukti ngga mengandung kafein. Faktanya, kandungan kafein pada biji kurma Bouhattam masih terdeteksi tapi sangat rendah sehingga termasuk minuman decaffeinated, bukan caffeine-free.

Cara membuat kopi biji kurma

Kopi biji kurma aman dikonsumsi bagi orang-orang yang sensitif terhadap kafein. Cara membuatnya pun cukup mudah, biji kurma dicuci, direndam dalam air panas 100oC selama 1 jam dan dikeringkan pada suhu 50oC selama 24 jam. Selanjutnya biji kurma dipanggang dalam oven 200oC selama 20 menit, didinginkan di suhu ruang, dihaluskan, dan diayak dengan ayakan 80 µm mesh. Bubuk biji kurma siap diseduh dengan air panas.

Menurut penelitian, ekstrak biji kurma bisa diterima rasa, aroma, warna, serta penialian sensori lainnya, namun memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan kopi arabika. Faktanya, kopi ekstrak biji kurma mempunyai warna lebih cerah, rasa kurang pahit, dan rasa kopi yang ngga terlalu mencolok dibanding kopi arabika. Nah apa kamu semakin tertarik untuk mencoba kopi nol kafein?

berikut 5 manfaat sehat minum kopi biji kurma.

1. Bebas kafein

Meskipun kafein lekat dengan kopi dan disebut bisa memberi energi dan meningkatkan daya konsentrasi, tetapi asupan berlebihan bisa menyebabkan efek buruk. Mulai dari insomnia, rasa gugup, dan meningkatnya tekanan darah.

Seseorang yang minum kafein juga bisa mengalami masalah pencernaan dan kecemasan, Inilah sebabnya mengapa kopi biji kurma dianggap sebagai alternatif kopi sehat. Sebab, kopi biji kurma bebas kafein.

Minuman ini bisa memberikan rasa seperti kopi tanpa efek stimulasi kafein.

2. Baik untuk jantung

Kurma merupakan buah-buahan yang dikenal punya banyak khasiat. Selain buahnya secara utuh, biji kurma juga menawarkan manfaat sehat tersendiri, yaitu baik untuk jantung.

Riset yang diterbitkan Functional Properties of Traditional Foods menunjukkan, biji kurma mengandung asam oleat, serat, dan polifenol yang dikaitkan dengan kesehatan jantung lebih baik.

Biji kurma juga mengandung antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Biji kurma bisa mengurangi stress oksidatif dan peradangan, serta berkontribusi terhadap manfaat kesehatan jantung.

3. Menyehatkan usus

Biji kopi merupakan sumber serat yang baik, karena bisa mendukung kesehatan pencernaan. Namun, kopi dari biji kurma tidak kalah menawarkan manfaat kesehatan serupa.
Penelitian terbaru yang disebut Only My Health menemukan hubungan kuat antara kesehatan bakteri usus dan kesehatan kardiovaskular. Sebab, bakteri mengandung senyawa yang dapat menurunkan kolesterol, mengurangi peradangan, dan mengatur tekanan darah.

4. Aman bagi penderita diabetes

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), pasien diabetes dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung atau stroke dibandingkan seseorang yang tidak memiliki penyakit itu.

ION Publishing Ltd. meninjau berbagai makalah penelitian. Mereka menemukan bahwa bahan aktif dalam biji kurma dapat meningkatkan fungsi sel penghasil insulin di pankreas. Hal yang berpotensi menghasilkan kontrol gula darah lebih baik, terutama bagi pasien hiperglikemia.

5. Efek anti-inflamasi
Penelitian yang ditinjau Only My Health juga menemukan bahwa biji kurma bermanfaat dalam mengatasi masalah inflamasi atau peradangan.

Dalam riset yang diterbitkan di Saudi Pharmaceutical Journal menunjukkan, konsumsi biji kurma terbukti mengurangi ekspresi sitokin inflamasi pada wanita paruh baya. Pada gilirannya, mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis. (utw)

Continue Reading

Gayahidup

Bro Hizrah Sukses Jadi Milyarder Berkat Bisnis Herbal dan Properti

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Dulu orang mengenalnya sebagai Hizrah Bacan. Kini pria yang sempat menggeluti dunia musik dan PH itu mengubah imagenya dengan nama baru Bro Hizrah.

Image dulu sebagai Hizrah Bacan, penyanyi gila batu yang sempat viral karena kisah cinta segitiga nya dengan penyanyi dangdut dewinta Bahar dan Bonita ahay itu kini tampil lebih elegan sebagai pengusaha sukses.

Ditemui media, Jumat (12/4/2024), Bro Hizrah mengakui perubahan namanya tak lepas dari pengalaman nya di dunia bisnis label musik dan PH yang kini sedang mati suri. Kini Bro Hizrah banting setir ke bisnis baru nya di dunia properti dan herbal.

“Saya mengganti nama dari Hizrah Bacan menjadi Bro Hizrah agar lebih akrab ketika menjalin komunikasi dengan rekan-rekan bisnis saya. Dengan mencantumkan nama bro di depan nama hizrah membuat pergaulan saya lebih akrab dengan siapapun,” ujar Bro Hizrah, (12/4/2024).

Seperti kita ketahui masyarakat Indonesia pernah dihebohkan dengan penemuan obat herbal lambung yang sangat ampuh sekali yaitu madu hijau. Bro Hizrah sebagai penemu pencipta dan pemilik hak paten madu hijau tersebut mengaku penjualan madu hijau nya bisa tembus ratusan ribu botol perbulan. Bahkan pernah sampai kehabisan stok karena kapasitas pabrik nya dalam produksi sudah tidak mencukupi.

Dengan kesuksesan itu Bro Hizrah semakin antusias untuk mengembangkan bisnis herbalnya.

“Dan belum lama ini tepat nya tanggal 4 April tahun 2024, di bulan puasa kemarin saya merilis produk terbaru yaitu Madu Kaisar sebagai herbal untuk mengatasi kejantanan pria,” kata Bro Hizrah.

Madu kaisar ini di ciptakan oleh Bro Hizrah sebagai bentuk keprihatinannya terhadap maraknya obat kuat instan yang banyak merengut nyawa karena kandungan kimia nya yang Sangat keras.

Berdasarkan data WHO 40 persen kematian pria di atas umur 50 tahun disebabkan oleh penyakit jantung secara tiba-tiba yang di akibatkan oleh obat kuat instan. “Seperti yang kita ketahui obat kuat instan bukan hanya merusak jantung namun juga bisa merusak ginjal dan juga hati,” kata Bro Hizrah.

Bro Hizrah menegaskan kepada para pria yang mengonsumsi obat kuat instan agar lebih hati-hati. “Sayangilah kesehatan badan anda dan juga keluarga anda jangan anda konsumsi obat kuat intan tersebut bila anda ingin berumur panjang,” kata Bro Hizrah.

Kalau kita lihat fenomena warung-warung jamu yang berada di sepanjang jalan dan di gang-gang perumahan tepat di jam 7 sampai jam 9 malam banyak sekali bapak-bapak di usia 40 sampai 50 tahun keatas duduk-duduk dan minum jamu untuk menunjang staminanya dengan obat-obat kuat instan yang telah di campur dengan jamu.

“Nah bayangkan ada berapa tukang jamu di seluruh Indonesia dan ada berapa jumlah laki-laki di usia tersebut yang meminum obat kuat instan di setiap malamnya dan ada berapa ribu laki-laki juga yang meninggal kena serangan jantung karena konsumsi obat kuat instan tersebut dan ini sangat memprihatinkan” tandas Bro Hizrah.

Dari keprihatinan ini lah Bro Hizrah membuat Madu Kaisar dengan mendatangkan madu Afrika dari negara Afrika dan meracik nya dengan herbal akar maca,tribulus dan lain nya sebagai bahan herbal yang mulai langka keberadaannya saat ini. Dan ini sangat aman sekali untuk jantung ginjal dan juga hati, di samping untuk memperbaiki hormon dan juga mengatasi keluhan kejantan pria.

Kandungan madu kaisar ini juga bermanfaat sebagai buldoser untuk membersihkan pembuluh darah dari plak kolesterol jahat sebagai penyebab penyakit stroke dan juga impotensi dan madu kaisar ini sudah terdaftar di BPOM dan di awasi langsung oleh ahli gizi dan farmasi jadi sudah sangat aman sekali untuk tubuh.

Dengan demikian bro hizrah juga akan memasarkan madu kaisar nya di warung-warung jamu agar masyarakat dapat terhindar dari obat kuat instan.

Bukan hanya sukses di bisnis herbal saat ini Bro Hizrah juga sedang mengembangkan bisnis propertinya dan salah satunya ada wisata alam yang sedang di bangun di atas lahan 10 hektar di daerah Bogor.

“Ini merupakan satu-satunya wisata alam terluas dan terindah yang digarap diatas lahan milik saya pribadi” tutur Bro Hizrah yang memiliki 700 ribu pengikut di akun TikTok nya

Wajar kalau bro hizrah saat ini sangat sukses dan punya banyak lini bisnis yang berjalan hal itu karena keuletan dan kerja keras nya yang selalu di lakukan nya dengan tekun dan juga doa yang tak kunjung lepas di setiap jalan ikhtiar yang di lakukan nya. (utw)

Continue Reading

Gayahidup

Sejarah Tradisi Halalbihalal saat Lebaran Idul Fitri di Indonesia

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Lebaran Idul Fitri tidak lepas dengan tradisi silahturahmi yang biasa disebut dengan Halalbihalal. Kegiatan ini umumnya digelar setelah peringatan Hari Raya Idulfitri. Tradisi ini merupakan bentuk silahturahmi dengan berkunjung ke rumah tetangga, saudara, atau kerabat. Ketika berkunjung, biasanya kita juga akan saling bersalam-salamanan dan saling memaafkan.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), halal bihalal memiliki arti maaf-maafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan, biasanya diadakan di sebuah tempat (auditorium, aula, dan sebagainya) oleh sekelompok orang yang merupakan suatu kebiasaan khas Indonesia.

Melansir situs Direktorat SMP Kemendikbud Ristek (9/4), halal bihalal dalam bahasa Arab, berasal dari kata “Halla atau Halala” yang memiiki banyak arti, sesuai dengan konteks kalimatnya. Beberapa arti dari kata tersebut diantaranya  yaitu penyelesaian problem (kesulitan), meluruskan benang kusut, mencairkan yang beku, atau melepaskan ikatan yang membelenggu.

Asal usul tradisi Halalbihalal di Indonesia

Ada beberapa versi dari istilah asal usul Halalbihalal. Salah satunya yaitu berasal dari kata “halal behalal”. Kata tersebut masuk dalam kamus kamus Jawa-Belanda karya Dr. Th. Pigeaud 1938.Dalam kamus ini halal behalal diartikan sebagai dengan salam (datang, pergi) untuk (saling memaafkan di waktu Lebaran).Asal usul istilah Halalbihalal ini bermula dari pedagang martabak asal India di Taman Sriwedari Solo sekitar tahun 1935-1936.Pada saat itu, martabak tergolong makanan baru bagi masyarakat Indonesia. Pedagang martabak ini dibantu dengan pembantu primbuminya kemudian mempromosikan dagangannya dengan kata-kata ‘martabak Malabar, halal bin halal, halal bin halal’. Sejak saat itu, istilah halal behalal mulai dikenal luas oleh masyarakat Solo. Masyarakat kemudian menggunakan istilah ini untuk sebutan seperti pergi ke Sriwedari di hari lebaran atau silaturahmi di hari lebaran. Kegiatan Halalbihalal kemudian berkembang menjadi acara silaturahmi saling bermaafan saat Lebaran.Selain itu, pada tahun 1948 K.H. Abdul Wahab Hasbullah, seorang ulama pendiri Nahdatul Ulama, memperkenalkan istilah Halalbihalal pada Bung Karno sebagai bentuk cara silaturahmi antar-pemimpin politik yang pada saat itu masih memiliki konflik.

Atas saran K.H. Wahab, pada Hari Raya Idulfitri di tahun 1948, Bung Karno mengundang seluruh tokoh politik untuk datang ke Istana Negara untuk menghadiri silaturahim yang diberi judul ‘Halalbihalal.’ Para tokoh politik akhirnya duduk satu meja.Mereka mulai menyusun kekuatan dan persatuan bangsa ke depan. Sejak saat itu, berbagai instansi pemerintah di masa pemerintahan Bung Karno menyelenggarakan halalbihalal. Halalbihalal kemudian diikuti masyarakat Indonesia secara luas, terutama masyarakat muslim di Jawa sebagai pengikut para ulama. Hingga kini Halalbihalal menjadi tradisi di Indonesia.Tradisi yang mirip dengan Halalbihalal diyakini sudah ada sejak masa Mangkunegara I atau yang dikenal dengan Pangeran Sambernyawa.

Pada zaman tesebut, Pangeran Sambernyawa mengadakan pertemuan antara raja dengan para punggawa dan prajurit secara serentak di balai istana setelah salat Idulfitri untuk menghemat waktu, tenaga, pikiran dan biaya.Pada pertemuan ini diadakanlah tradisi sungkem atau saling memaafkan. Semua punggawa dan prajurit dengan tertib melakukan sungkem kepada raja dan permaisuri. Apa yang dilakukan oleh Pangeran Sambernyawa itu kemudian ditiru oleh organisasi-organisasi Islam dengan istilah halal bihalal. (utw)

Continue Reading
Advertisement

Trending