Connect with us

Keamanan

Kasal : Pemimpin TNI AL Dengan Cakrawala Luas Mampu Penuhi Amanah Kawal Laut Nusantara

Published

on

REPORTASE INDONESIA – “Hanya dengan para pemimpin yang memiliki visi jauh ke depan serta cakrawala pandang yang luaslah TNI Angkatan Laut akan mampu menjadi kekuatan pertahanan dan keamanan yang dapat memenuhi amanah dan harapan sebagai pengawal laut Nusantara.”

Hal tersebut ditekankan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali saat memimpin upacara pembukaan Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-61 TA 2023 di Auditorium Yos Soedarso, Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu, (12/11) kemarin.

Menurut Kasal sebagai pusat keunggulan center of exellence, Seskoal dituntut untuk selalu berbenah diri, berkembang secara akseleratif dalam aspek kelembagaan, organisasi dan sumber daya manusia agar mampu melahirkan kader-kader pemimpin TNI Angkatan Laut (TNI AL) seperti yang dikehendaki.

Dikreg Seskoal Angkatan ke-61 tahun 2023 diikuti sebanyak 117 Perwira Menengah yakni 100 Perwira Siswa (Pasis) TNI Angkatan Laut yang terdiri dari 28 Korps Pelaut (P), 22 Korps Teknik (T), 15 Korps Elektronika (E), 14 Korps Suplai (S), 14 Korps Marinir (M), 2 Korps Kesehatan (K), 4 Korps Khusus (KH) dan 1 Korps Polisi Militer (PM). Sedangkan Pasis tamu berjumlah 17 orang terdiri dari 2 TNI AD, 2 TNI AU, dan 4 Polri serta 9 Pasis Negara Sahabat berasal dari Srilanka, Malaysia, Australia, Pakistan, Amerika Serikat, India, Singapura, Filipina dan Arab Saudi.

Pendidikan Sesko Angkatan merupakan momen perubahan yang sangat penting dalam perjalanan karir seorang perwira. Penguasaan pada tataran teknis dan taktis yang dimiliki pada perjalanan karir sebelumnya akan dikembangkan dengan peringkatan kemampuan pada timgkatan yang lebih tinggi, yaitu level operasionai dan strategis. Untuk itu diperlukan perubahan mindset para perwira siswa sehingga mampu berpikir global, holistik, integratif dan memiliki visi yang jauh ke depan.

Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan pesan bahwa seorang pemimpin yang hebat tidak selalu yang paling hebat di antara yang lain, tetapi yang memiliki pengaruh terkuat dengan karakter, visi, cakrawala berpikir, ketulusan, empati, dan kemampuan berkolaborasi, sehingga yang terhebat sekalipun akan mengikuti jalan yang ia tempuh.”

Upacara pembukaan ini juga dihadiri oleh Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Danseskoal Laksda TNI Yoos Suryono Hadi, Wakil Komandan Seskoal Laksma TNI Ariantyo Condrowibowo serta para pejabat di lingkungan Mabesal dan Seskoal ini diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Kasal, dilanjutkan pembacaan laporan persiapan pendidikan oleh Direktur Pendidikan Seskoal Kolonel Laut (P) Riduwan Purnomo, S.T., M.M., Selanjutnya, Kasal menyematkan tanda Pasis kepada perwakilan siswa. (utw)

Keamanan

Pengarahan Kaskostrad Kepada Prajurit dan PNS Makostrad

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad) Mayjen TNI Farid Makruf, M.A., memberikan pengarahan kepada seluruh Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil Markas Kostrad, usai melaksakan olah raga di lapangan Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat. Kamis (18/1/2024).

Kaskostrad menekankan kepada prajurit dan PNS Makostrad agar selalu menjaga nama baik Kostrad, dengan tidak melakukan segala bentuk pelanggaran sekecil apapun yang dapat merusak citra satuan Kostrad.

Beberapa penekanan yang disampaikan oleh Kaskostrad, diantaranya bahwa Prajurit Kostrad harus Disiplin, loyalitas, pantang menyerah dan Rantai Komando.

“Sedekah Tidak Perlu Menunggu Kaya dan punya harta yang banyak Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Bersedekah pada orang lain sungguh tidak akan merugi, karena Allah pasti akan memberikan balasan yang lebih dan akan mengangkat derajatnya,” ujar Kaskostrad.

Terkait komitmen Netralitas TNI dalam pesta demokrasi Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.

“Setiap prajurit TNI dilarang berpolitik praktis ataupun terlibat dalam kegiatan partai politik, dan TNI mempunyai aturan serta sanksi tegas bagi prajurit yang melanggar Netralitas TNI,” imbuhnya.

Kaskostrad juga memberikan arahan kepada prajurit dan PNS Kostrad yang akan menghadapi masa persiapan pensiun (MPP), karena merupakan suatu hal wajib yang nantinya akan dilalui oleh para prajurit dan PNS. Bahkan, ketika memasuki masa pensiun, kreatifitas dan inovasi para Purnawirawan pun mulai diuji, apalagi jika masa yang berarti berakhirnya tugas tersebut tidak dipersiapkan dengan matang.

“Para prajurit untuk menyiapkan yang matang berbagai hal yang nantinya mampu dijadikan suatu pendongkrak perekonomian ketika tak lagi jadi prajurit TNI dan PNS aktif, pentingnya peluang pelatihan dan rekan kerja untuk wirausaha dalam menghadapi masa MPP disegala lini bidang dalam meraih hidup yang lebih sejahtera disaat pensiun,” ujarnya. (utw)

Continue Reading

Keamanan

KSAD Sebut Relawan Capres 03 Ganjar Mabuk Sebelum Kejadian di Boyolali

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak turut buka suara soal kesaksian salah seorang korban penganiayaan oknum TNI di Boyolali, Jawa Tengah.

Relawan Ganjar Pranowo yang bernama Slamet Andono mengatakan bahwa dia dimasukan ke markas Yonif 408/Suhbrasta.

Ia juga mengaku ditutup menggunakan kaos dan dipukuli. Ketika itu, dia mendengar suara rekan-rekannya menjadi korban penganiayaan. Dia juga mengatakan bahwa ada rekannya yang dianiaya dengan menggunakan batu.

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1535777497275904&id=100025310048162&mibextid=Nif5oz

“Dia kan kondisi mabuk, tanyakan saja sama orang rumah sakit. Ya kalau pakai batu, masak seminggu sembuh. Pasti hancur kalau pakai batu. Itu akan terungkap di sidang. Dia punya pembelaan, nanti kita juga ada pembelaan. Jangan dihiperbolakan (dibesar-besarkan-red),” paparnya.

Soal kasus tersebut dinilai sebagai penganiayaan biasa, menurut Maruli, jika seperti itu pihaknya tidak segan untuk menindaklanjuti. Terbukti, dari 16 tersangka yang ditetapkan, kini hanya 6 orang dan masih dalam penanganan Denpom IV/4 Surakarta.

“Kalau dibilang biasa, saya tidak akan memberi tanggapan satu malam sudah ditangkap. Itukan sudah cukup. Saya anggap remeh, saya biarin dulu lah. Karena ini masa kampanye, ada penganiayaan, ya malam itu harus masuk. Itu sudah cukup lah,” tegasnya.

Kemudian, soal relawan Ganjar Pranowo tersebut dipukuli, Maruli Simanjuntak mengaku bahwa hal tersebut adalah emosi sesaat. Penganiayaan ini karena suara bising knalpot brong yang lalu lalang sampai delapan kali mengitari markas. 

Capres 03 karo pendukungnya yo podo wae, si capres doyan nonton bokep dan para pendukungnya doyan mabuk, klop dah. (tri)

Continue Reading

Keamanan

Pengangkatan Panglima TNI yang Terkesan Dipercepat, Apakah ada Agenda Politik dari Jokowi?

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Jenderal TNI Agus Subiyanto resmi menjabat Panglima TNI, menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono selepas upacara serah terima jabatan (sertijab) di Plaza Mabes TNI, Jakarta, Rabu (22/11).

Agus Subiyanto langsung mengikuti upacara sertijab beberapa jam, setelah dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu pagi.

“Program saya akan melanjutkan program-program yang sudah dilaksanakan Panglima TNI sebelumnya. Sesuai visi misi saya, TNI yang PRIMA, profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif,” kata Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Isu Netralitas TNI Dipertanyakan

Sementara itu, Laksamana TNI Yudo Margono, pada kesempatan itu pun pamit dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Presiden RI kepada dirinya, sejak dia dilantik sebagai Panglima pada 19 Desember 2022 sampai akhirnya purna tugas pada 22 November 2023.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Panglima TNI yang baru adalah orang lama saat Jokowi menjabat walikota Solo, apakah pengangkatan yang terkesan terburu-buru dan dipaksakan ini merupakan agenda politik Jokowi demi melancarkan anaknya menjadi cawapres? (ut)

Continue Reading
Advertisement

Trending