Connect with us

Otomotif

Menuju Ekonomi Hijau, InaBuyer Ev Expo Gelar Parade Motor Listrik Jakarta

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Puluhan merek sepeda motor listrik buatan lokal, motor konversi, dan komunitas motor listrik hari ini bergabung dalam Parade Sepeda Motor Listrik Indonesia di Jakarta Pusat. Sebagai rangkaian acara untuk menyambut Inabuyer EV EXPO 2023 yang diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM, SMESCO, Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) dan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) di SMESCO pada 28-30 November mendatang, parade ini tidak hanya menciptakan panggung bagi para brand dan produsen sepeda motor listrik lokal, tetapi juga menawarkan peluang besar untuk memperluas kesadaran masyarakat tentang keunggulan motor listrik dan kontribusinya terhadap lingkungan.

Dengan dukungan penuh dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM),
Kementerian Koperasi dan UKM, serta PT PLN Persero, parade ini menjadi sebuah wujud konkret kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta.

Komunitas KOSMIK (Komunitas Sepeda Motor Listrik Indonesia), Komunitas Driver Gojek, dan Elders menambahkan semangat kolektif dalam parade ini. Dengan bergabungnya komunitas-komunitas ini, parade menjadi lebih representatif dari berbagai lapisan masyarakat. Beberapa brand lokal yang turut memeriahkan parade ini antara lain adalah Alva, BRT, E-nine, Yadea, Selis, Volta, United, SMEV, dan Smoot.

Budi Setiyadi, ketua umum AISMOLI menyatakan bahwa ada target konversi sebanyak 50.000 motor dalam acara Inabuyer EV EXPO. Tujuan utama dari acara ini adalah mempercepat adopsi motor listrik melalui pendekatan edukatif kepada masyarakat. Dengan meningkatnya pemahaman masyarakat, diharapkan proses konversi motor listrik dapat berjalan lebih efisien, membantu menciptakan jalanan yang lebih ramah lingkungan. Beliau juga mengungkapkan harapannya bahwa koperasi dapat menjadi dealer yang sukses dengan mendapatkan peluang bisnis yang cocok melalui kehadiran mereka di Inabuyer EV EXPO.

Budihardjo Iduansjah, ketua umum HIPPINDO (Himpunan Pengusaha Ritel Indonesia), menyampaikan bahwa sebagai asosiasi retail, mereka memiliki karyawan yang menggunakan motor setiap hari. Tujuan utama HIPPINDO adalah mengurangi polusi udara sambil meningkatkan kesejahteraan karyawan.

Dengan beralih ke motor listrik, karyawan dapat menghemat hingga 400-500 ribu rupiah setiap bulan. Beliau berharap agar Kemenkop (Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah) dapat bekerja sama dengan bengkel dan ekosistemnya untuk mengoptimalkan manfaat ini, khususnya untuk mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan, kesejahteraan karyawan, dan pertumbuhan ekonomi UKM di Indonesia.

Zulkarnain, Koordinator Penerapan Teknologi Konservasi Energi, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyoroti perbandingan performa antara sepeda motor bertenaga bahan bakar minyak (BBM) dan sepeda motor listrik.

Mereka melihat peluang besar dalam mengkonversi sepeda motor berbahan bakar minyak menjadi sepeda motor listrik, dengan menghadirkan program insentif sebesar Rp7 juta. Kementerian ESDM menegaskan bahwa penggunaan sepeda motor listrik bukanlah sekadar pilihan, melainkan suatu keniscayaan untuk masa depan, yang dapat memperkuat ketahanan energi negara. Dengan tenaga listrik, mereka menyatakan bahwa kita dapat meningkatkan ketahanan energi secara signifikan, sekaligus memberikan kontribusi pada lingkungan dengan nol emisi. Dalam konteks ini, Kementerian ESDM mengajukan suatu prinsip: “No emisi, yes konversi!” sebagai dasar penting dalam menghadapi era masa depan yang berkelanjutan.

Firdausi Manti, Asisten Deputi Industri Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia menekankan bahwa pemerintah berkomitmen memberikan berbagai insentif dengan harapan masyarakat semakin banyak yang melakukan transformasi.

Dalam konteks ini, mereka menyoroti pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan berbagai pihak terkait untuk merealisasikan tujuan ini. Upaya transformasi ini diperlukan agar dapat mempercepat adopsi teknologi dan inovasi yang mendukung kemajuan di sektor motor listrik.

Dengan sinergi yang kuat antara pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan, diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaat maksimal dari insentif yang diberikan, sehingga tercipta lingkungan yang mendukung perkembangan sepeda motor listrik di Indonesia.

Ahmad Zabadi, Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenkopUKM) menganggap momen ini sebagai langkah penting, khususnya
dengan melibatkan asosiasi ojek.

Program ini diselenggarakan untuk menyusun dan menyempurnakan ekosistem listrik, yang diharapkan dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat atau karyawan. Dengan demikian, mereka tidak hanya menjadi pengguna, melainkan juga memiliki peran sebagai pemilik melalui program koperasi dengan integrasi hilirisasi nya. (utw)

Otomotif

Motor Listrik Ini Dijual Hanya Rp 3 Juta di IIMS 2024

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS 2024), ZPT Nimbuzz dijual hanya Rp 3 jutaan.

Harga ZPT Nimbuzz Rp 3 jutaan tentunya setelah mendapatkan subsidi pembelian motor listrik dari pemerintah yang bernilai Rp 7 juta.

“Harga awal sebelum subsidi pemerintah itu Rp 9,9 juta,” buka Karen selaku sales ZPT Nimbuzz pada Rabu (21/02/2024).

Berikut spesifikasi motor listrik murah ZPT Nimbuzz.

Meskipun termasuk motor listrik murah, ZPT Electric Vehicle kasih beberapa bonus untuk perawatan.

“Pembelian ZPT Nimbuzz sudah termasuk garansi jasa service seumur hidup,” jelas Karen.

“Untuk servicenya bisa datang ke showroom kami di Tebet dan Tangerang atau bisa home service ke rumah,” tambahnya.

ZPT Nimbuzz pakai motor listrik yang berada di roda belakang atau biasa disebut dengan hub drive 1.000 watt atau 1 Kw.

Dalam kondisi baterai penuh, motor listrik yang mempunyai daya angkut hingga 200 kg ini dapat berjalan hingga 70 km.

ZPT Nimbuzz diklaim dapat berlari hingga 60 km/jam.

Oya, buat yang minat sama ZPT Nimbuzz tampaknya harus bersabar.

“Kalau mau pesan ZPT Nimbuzz saat ini harus inden hingga 3 bulan dengan DP Rp 1 juta,” tutupnya saat ditemui di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat. (tw)

Continue Reading

Otomotif

Alasan Motor Listrik Tidak Laku di Pasaran

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Seiring dengan proses elektrifikasi di Indonesia, Pemerintah terus berupaya dalam meyakinkan masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik baik itu mobil maupun motor.

Sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang meragukan untuk menggunakan motor listrik sebagai mobilitas harian.

Hal ini berdasarkan data dari Asosiasi Industri Motor Listrik Indonesia (Aismoli) per November 2023, yang mengungkapkan penjualan motor listrik sampai belum mencapai target yang telah ditetapkan untuk tahun ini.

Padahal, target penjualan motor listrik yang telah ditetapkan sebanyak 200.000 unit tetapi menjelang akhir tahun, penjualan baru mencapai 15.000 unit.

Ada tiga alasan mengapa motor listrik tidak laku di pasaran.

Yang Pertama, pasti (masyarakat) bertanya-tanya tentang jarak. Jaraknya jauh atau enggak. Rata-rata sekarang kan hanya 50-60 (kilometer) maksimum, sehingga kalau orang di Tangerang mau ke Jakarta 60 km, masih mikir-mikir begitu. Nanti charger-nya gimana?

Yang Kedua, mengungkapkan harga baterai yang masih mahal menjadi salah satu alasan masyarakat masih enggan menggunakan motor listrik.

Yang Ketiga, charging. Charging nya itu masih lama, rata-rata masih antara minimum 2,5 jam hingga 4 jam, bahkan ada juga yang 6 jam.

Tiga alasan ini yang menjadi akibat motor listrik masih kurang diminati oleh masyarakat. (tw)

Continue Reading

Otomotif

Motor Listrik Murah Rp 7 Jutaan dari Greentech, Mirip Vespa Jarak Tempuh 100 Km

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Kabar bagus buat yang penasaran dengan motor listrik baru, Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024 jadi momen yang pas.

Yup, IIMS 2024 bakal digelar dalam waktu dekat, tepatnya 15 sampai 25 Februari 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Jadi salah satu peserta pameran, Greentech punya beberapa motor listrik harga murah meriah.

Di antaranya Greentech VP yang dibanderol Rp 7.500.000 On The Road (OTR) Jakarta.

Harga segitu sudah termasuk potongan dari bantuan pemerintah sebesar Rp 7.000.000, seperti pantauan MOTOR Plus-Online hari ini, Rabu (31/1/2024).

Ada 5 pilihan warna, yaitu Black, Tosca Grey, Yellow, Champagne Gold, dan Red Maroon.

Untuk spesifikasinya, Greentech VP memakai baterai KK Super Graphene dengan kapasitas 72V32Ah.

Motor tanpa bensin tersebut memiliki daya 1.000 watt dengan kontroller 60/72 volt.

Estimasi jarak alias jarak tempuh motor listrik tersebut berada di angka 100 km sekali pengecasan.

Untuk top speed atau kecepatan maksimalnya di kisaran 55 km/jam.

Dengan berat 108 kg, beban maksimal Greentech VP yang disarankan 175 kg.

Dari kaki-kakinya, kedua pelek dibalut ban dengan ukuran 90/90 dengan diameter 10 inci.

Untuk pengeremannya menggunakan cakram pada depan dan belakang motor listrik Greentech ini. (ut)

Continue Reading
Advertisement

Trending