Connect with us

Teknologi

KAI Commuter Operasikan CCTV Analytic, Pelaku Kriminal Dilarang Masuk Stasiun

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, KAI Commuter sebagai penyedia layanan transportasi publik, terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi seluruh penggunanya. Dengan rata-rata hampir 950 ribu pengguna setiap harinya, KAI Commuter terus meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna saat menggunakan Commuter Line. Salah satunya dengan Sistem CCTV Analytic.

“Sistem CCTV Analytic merupakan inovasi KAI Commuter dalam menjaga keamanan dan kenyamanan para penggunanya, dimana dalam sistem ini dapat merekam wajah seluruh pengguna yang masuk ke dalam stasiun untuk dijadikan database. KAI Commuter telah mengoperasikan sistem CCTV Analytic di stasiun-stasiun Commuter Line di wilayah Jabodetabek,” jelas Anne Purba selaku VP Corporate Secretary KAI Commuter di jakarta (23/8/2023).

Selain merekam wajah, sistem ini juga bisa menganalisa hal lain seperti pakaian yang dikenakan atau barang bawaan lainnya yang bisa dijadikan database pada proses analisa dan pencarian dengan sistem CCTV Analytic ini. Jika terdeteksi dan terdapat kecocokan wajah ataupun hal lainnya, sistem ini akan memberikan notifikasi saat terekam saat akan masuk ke stasiun.

Selain itu, hasil laporan rekaman video maupun foto dari korban atau yang berasal dari media sosial atas wajah pelaku tindak kriminal juga dimasukan kedalam database sistem ini. Dengan sistem ini database yang dimasukan bisa berasal dari sumber video atau foto pada rekaman kejadian yang viral di media sosial.

Dengan penelusuran menggunakan system CCTV Analytic ini KAI Commuter telah mengungkap kasus-kasus tindak kriminal yang dilaporkan oleh para pengguna. Mulai dari pelaku maling sepeda di Stasiun Cisauk yang tertangkap di Stasiun Manggarai dan pelaku pengambilan tas dan sepatu pengguna di musala stasiun pada November 2022 silam serta pelaku tindak asusila dan tindak kriminal lainnya. Selanjutnya KAI Commuter bersama korban telah memproses tindak kriminal tersebut dan saat ini sudah diproses hukum lebih lanjut oleh pihak Kepolisian.

Dengan pengungkapan ini, KAI Commuter juga berharap atas keberanian dari korban maupun saksi untuk bertindak melawan pelaku dan melaporkannya kepada pihak berwajib. KAI Commuter juga siap memberikan dukungan penuh untuk melindungi dan mendampingi korban dalam melanjutkan proses hukumnya kepada pihak berwajib.

Untuk mencegah tindak kriminal di transportasi publik khususnya Commuter Line, KAI Commuter terus mengimbau kepada seluruh pengguna untuk tetap memperhatikan situasi disekitar mereka. Segera laporkan ke petugas jika melihat hal-hal yang mencurigakan, atau bisa juga segera menghububungi Contact Center 021-121.

Diharapkan dengan adanya sistem ini serta inovasi-inovasi dan usaha yang dilakukan KAI Commuter dapat memberikan layanan yang lebih baik lagi dan dapat mencegah kejadian tindak kriminal di dalam Commuter Line maupun di area stasiun. KAI Commuter juga mengajak seluruh pengguna untuk selalu mendukung dalam usaha-usaha yang dilakukan dalam pencegahan tindakan kriminal. (ar)

Teknologi

Cara Langganan Internet Starlink di RI, Ini Kisaran Harganya

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Starlink akan masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. Hal ini diungkap Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) beberapa saat lalu.

Perusahaan milik Elon Musk tersebut akan menggandeng perusahaan lokal untuk beroperasi di Indonesia. Starlink mengajukan dua izin, yakni sebagai penyedia VSAT dan internet bagi masyarakat.

Starlink Indonesia berbeda dengan Starlink yang berbasis di Amerika Serikat. Starlink Indonesia membeli perangkat stasiun bumi dan akses internet ke Starlink.

Kemudian, perangkat dan akses internet tersebut digunakan untuk menyediakan layanan internet kepada pengguna di RI.

Situs Starlink Indonesia sudah mengudara. Bahkan, sudah dipampang harga berlangganan dan produk yang ditawarkan.

Harga langganan untuk paket ‘Standar’ yang disebut cocok untuk keluarga adalah Rp 750.000 per bulan. Paketnya mencakup kuota tanpa batas. Fitur utamanya disebut memberikan internet berkecepatan tinggi dan latensi rendah tanpa batas.

Namun, belum ada informasi terkait kecepatan download/upload yang disediakan Starlink Indonesia.

Selain harga langganan bulanan, pengguna juga membutuhkan perangkat keras ‘Standar Teraktuasi’ yang direkomendasikan Starlink Indonesia. Harganya dipatok Rp 7.800.000. Adapula deposito senilai harga satu bulan langganan, yakni Rp 750.000.

Dalam laman Starlink Indonesia, pelanggan bisa memilih apakah membutuhkan layanan internet untuk pribadi atau bisnis. Namun, belum diungkap harga paket untuk bisnis.

Selain itu, Starlink Indonesia juga menyediakan uji coba selama 30 hari. Jika pelanggan tak puas, bisa mendapatkan pengembalian dana penuh.

Saat ini, layanan Starlink Indonesia belum tersedia. Namun, Anda bisa mendaftarkan email di laman depan untuk diberi notifikasi ketersediaan Starlink Indonesia.

Selain itu, pemesanan juga bisa dilakukan di laman resmi Starlink Indonesia.

  • Isi kolom alamat ke ‘Indonesia’ di laman Starlink Indonesia.
  • Klik ‘Pesan Sekarang’.
  • Isi ‘Informasi Kontak’ berupa nama dan nomor telepon, serta ‘Alamat Pengiriman’.
  • Klik ‘Melakukan Pemesanan’.

Selain harga langganan bulanan dan perangkat keras, Anda juga harus membayar biaya pengiriman dan penanganan. Nominalnya sesuai dengan alamat yang dimasukkan. (tw)

Continue Reading

Teknologi

Cara Baru Penipu Kuras Rekening Pakai Kode QR, Ini Cara Antisipasinya

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Seiring berjalannya waktu, modus penipuan di Indonesia semakin beragam dan “dekat” dengan aktivitas masyarakat sehari-hari. Terbaru, kasus penipuan mulai menggunakan modus QR Code saat transaksi.

Metode yang bernama “quishing” ini menggunakan QR Code untuk bertransaksi dan dapat menguras rekening para korban melalui kode tersebut. Sebagai informasi, quishing merupakan gabungan dari kode QR dan phishing. Pelaku akan memancing korbannya agar mendapatkan informasi dan detail pribadi mereka.

Saat memindai QR Code, biasanya korban akan dibawa ke situs tertentu. Selain bisa menunjukkan pesan teks biasa, situs tersebut bisa melacak daftar aplikasi hingga alamat peta korban.

Pelaku memanfaatkan kemampuan tersebut untuk mengarahkan calon korbannya ke situs web palsu. Mereka akan membuat orang sulit mendeteksi situs yang akan dikunjungi sebelum membuka web.

Wired menyebut bahwa pelaku quishing akan mengelabui seseorang untuk mengunduh sesuatu ke dalam perangkat. Unduhan tersebut akan membahayakan perangkat milik korban.

Langkah berikutnya, para korban akan diminta memasukkan beberapa kredensial login. Informasi itu akan didapatkan oleh pelaku quishing.

Kejahatan ini semakin masif karena kode QR bisa dibuat dengan mudah dan siapa saja. Seseorang bisa membuatnya bahkan tanpa keahlian khusus.

Namun ada cara untuk menghindari kejahatan quishing. Utamanya adalah jangan percaya QR code yang dipasang di tempat umum atau diberikan pada orang yang tidak jelas dari mana asalnya.

Anda juga bisa mengenali QR code dengan tujuan kejahatan. Karena biasanya penipu akan meningkatkan rasa urgensi dan kekhawatiran calon korbannya, misalnya dengan menyertakan pernyataan “Pindai kode QR ini untuk memverifikasi identitas Anda atau mencegah penghapusan akun Anda”.

Terakhir, jangan lupa mengaktifkan autentikasi dua faktor pada tiap akun. Selain itu, jangan lupa untuk keluar dari perangkat yang tidak digunakan lagi. (tri)

Continue Reading

Teknologi

Sertifikasi ISO 41001:2018 untuk Mewujudkan Efisiensi pada Perusahaan ataupun Organisasi

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Memperoleh sertifikasi ISO bagi Manajemen Fasilitas pada sebuah perusahaan adalah cara untuk memberdayakan profesional Facilities Management. Mengingat lanskap yang sangat dinamis dan selalu berkembang, termasuk teknologi dan ESG, standar ISO sangat penting bagi manajer fasilitas dan manajemen fasilitas.

Hal tersebut penting agar memberikan kerangka kerja praktik terbaik untuk menjaga dan mengoperasikan fasilitas secara efektif.

Standarisasi ini menjamin konsistensi, kualitas, dan keamanan dalam area penting seperti efisiensi energi, keberlanjutan lingkungan, kesehatan, dan keselamatan.

Christina Ng, Head of Facilities Management mengatakan bahwa “Meskipun peran Manajemen Fasilitas dalam perusahaan semakin diakui, tim Facilities Management Colliers Indonesia menyadari bahwa masih banyak perusahaan yang belum memperoleh sertifikasi, termasuk ISO 41001:2018, untuk tim Manajemen Fasilitas mereka.”

ISO 41001 berfungsi sebagai standar Facility Management (FM), yang dirancang untuk membantu organisasi atau perusahaan dalam menetapkan, melaksanakan, menjaga, dan meningkatkan program kepatuhan Manajemen Fasilitas yang terintegrasi.

Adanya penerapan sistem ISO 41001, organisasi atau perusahaan dapat mewujudkan efisiensi dalam bentuk sebagai berikut:

-. Menentukan arah tim FM agar sejalan dengan kebutuhan, visi, dan misi perusahaan.

-. Memetakan risiko dan mengidentifikasi peluang perbaikan untuk menghindari biaya yang lebih tinggi terkait aspek bahaya atau risiko.

-. Meningkatkan kualitas layanan melalui kriteria tenaga kerja dan meningkatkan kinerja tim.

-. Mengorganisir dokumentasi lebih efektif. Menerapkan KPI yang sesuai dapat membantu organisasi mengukur aspek yang perlu diperbaiki. Hal tersebut guna mencapai efisiensi yang lebih baik. (utw)

Continue Reading
Advertisement

Trending