Connect with us

Megapolitan

Pameran The 3rd Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 Resmi Dibuka, Solusi Tepat Berkembangnya Berwirausaha

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Pameran The 3rd Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) resmi digelar hari ini 11 Oktober 2023 sampai 14 Oktober 2023 di Ji Expo Kemayoran Jakarta.

Pelaku usaha lisensi dan franchise, khususnya lisensi merek dan produk lokal, serta para UMKM kembali bersemangat untuk mengembangkan atau melebarkan gerai kemitraannya.
Calon pebisnis dan calon investor dapat mengunjungi stand–stand yang diminati untuk mencari tahu tentang rencana bisnis lisensi maupun franchise yang akan dijalani.

Lisensi dan Franchise dinilai sebagai solusi yang tepat bagi para pengusaha dalam mengawali bisnis atau berwirausaha. Tren pertumbuhan bisnis lisensi dan franchise meningkat tahun ini seiring naiknya permintaan dan respons masyarakat.

Susanty Widjaya, selaku Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) menuturkan “Pertumbuhan bisnis lisensi dan franchise atau waralaba di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup significant beberapa tahun ini. Demikian pula peningkatan kesadaran pelaku terhadap pentingnya perlindungan HKI di Indonesia juga meningkat pesat sejak 2019 lalu, ini terbukti dengan jumlah merek terdafar di tahun 2022 naik dan berkembang pesat dari 72.211merek menjadi lebih dari 2 juta merek terdaftar ” kata Susanty dalam sambutannya di Opening Ceremony JIExpo, Jakarta (11/10).

Susanty mengatakan, “Dengan pameran ini, kami mengajak masyarakat dan para pelaku untuk bangkit bersama dan turut berpartisipasi serta berinvestasi dalam bisnis licensing atau lisensi, franchise atau waralaba juga berbagai peluang usaha untuk menggiatkan perekonomian Indonesia. Kami juga mendorong pelaku-pelaku bisnis lisensi atau licensing seperti IP atau Intellectual Property, franchise atau waralaba merek lokal dan international untuk terus dapat tumbuh dan berkembang. Tidak hanya untuk melayani kebutuhan pasar dalam negeri, melainkan juga untuk merambah ke pasar luar negeri dan bersaing di pasar global, ujarnya.

Selain itu juga terdapat berbagai program seminar maupun talkshow dalam pameran the 3rd ILE 2023 yang diharapkan bisa memberikan motivasi kepada para calon pengusaha yang ingin berwirausaha dan menampilkan berbagai merek waralaba dan lisensi, ASENSI juga memperkenalkan logo L sebagai logo Lisensi sebagai bentuk kepedulian ASENSI bersama dengan kemendag dalam meningkatkan dan mengembangkan lisensi merek lokal Indonesia agar dapat menjadi usaha lisensi bahkan waralaba Indonesia yang mumpuni dan sebagaj merek yang tervalidasi. ASENSI juga menggelar Parade Maskot, Indonesia Licensing and Franchising Conference, International Licensing and Franchsiing Business Presentation.

Susanty menambahkan, “Indonesia Licensing Expo atau lebih dikenal dengan singkatannya ILE 2023 adalah pameran Licensing atau lisensi, Franchise atau Waralaba, Kemitraan, dan Peluang Usaha Indonesia ini juga didukung oleh Kementerian Lembaga dan salah satunya adalah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, “jelasnya.

Dalam kesempatan ini, turut membuka dan hadir pada acara peresmian pembukaan The 3rd ILE 2023, Bapak Hariyadi Sukamdani, Ketua Umum GIPI dan PHRI dan beliau juga adalah Dewan Pembina ASENSI. Beliau menyatakan sangat mendukung semua kegiatan Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) terutama untuk pertumbuhan merek lokal dan juga pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Daud D Salim, sebagai CEO dari IMEI Krista Exhibitions menyatakan dukungan penuh dalam menyelenggarakan the 3rd ILE 2023 Jakarta yang merupakan momentum kebangkitan bagi para pelaku usaha untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia yang semakin baik khususnya pada industri lisensi dan franchise. Pameran ini tentunya mendorong para pelaku bisnis lisensi dan franchise lokal dalam mengembangkan usaha dan membuka peluang bagi pengunjung yang ingin mencoba bisnis waralaba. ” terangnya Daud D Salim.

DirJen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI Isy Karim, M.Si juga menyampaikan komitmen untuk terus mendukung pengembangan Kewirausahaan Nasional untuk mengejar target pertumbuhan rasio kewirausahaan pada Tahun 2024 agar mencapai 4 persen.

Isy Karim menyampaikan dalam rangka menjaga konsistensi pertumbuhan ekonomi domestik, maka peran dan dukungan terhadap kewirausahaan harus mendapat perhatian sebesar-besarnya. Hal ini sejalan dengan amanat Presiden R.I. Joko Widodo bahwa bangsa Indonesia akan mengalami pertumbuhan ekonomi jika para wirausaha diberikan peluang yang seluas-luasnya untuk mengembangkan usaha.

Isy Karim juga menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) yang secara konsisten dan berkelanjutan memberikan kontribusi berharga untuk pembangunan nasional khususnya sektor Lisensi, Waralaba, dan merek-merek lokal. Ikatan kuat dan kerja sama yang telah berjalan dengan sangat baik selama ini antara Kementerian Perdagangan dengan ASENSI kiranya dapat dipertahankan dan bahkan terus ditingkatkan.

Selain itu, hadir dalam acara pembukaan, Kementerian Koperasi dan UKM R.I. yang diwakili oleh Ibu Assistant Deputi Pengembangan Bisnis dan Konsultasi, Ibu Destry Anna Sari yang juga sangat mendukung perkembangan lisensi merek dan produk UMKM lokal. Beliau juga mengapresiasi kegiatan ASENSI yang selalu memberikan edukasi HKI dan selalu konsisten dalam memberikan pelatihan, pembinaan dan pendampingan UMKM Indonesia.

Dengan mengusung tag line pameran the 3rd Indoensia Licensing Expo 2023 adalah LET’S RISE UP TOGETHER, TOGETHTER WE RISE UP! dengan tujuan agar para pelaku usaha usaha, para UMKM, lisensi, franchise dan waralaba merek lokal maupun Nusantara dapat bangkit kembali bersama-sama melalui ajang pameran lisensi (licensing) dan waralaba (franchise) di The Indonesia Licensing Expo 2023. Adapun informasi untuk pengunjung pameran ini gratis atau tidak dikenakan biaya tiket masuk. (Ach)

Megapolitan

Trisakti Lantik Ketua Ikatan Alumni Menwa Distrik Yon 14

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Rektor Universitas Trisakti, Kadarsyah Suryadi, melantik Felix L. Tobing sebagai Ketua Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (Menwa) Distrik Batalyon (Yon) 14 Trisakti periode 2024-2027. Felix dilantik di Gedung FG FTI Kampus A Universitas Trisakti, Jalan Kiai Tapa, Jakarta Barat.

Kadarsyah Suryadi merasa bangga atas pelantikan Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti itu. Dia berharap pelantikan itu dapat memperkuat SDM dan potensi alumni Menwa sebagai kader bangsa dan negara.

“Kami berharap nantinya ketua dan keseluruhan anggota bisa menjadi contoh di dalam membela negara dan juga sebagai kekuatan cadangan yang menurut saya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, bangsa dan negara,” kata Kadarsyah Suryadi di Kampus A Universitas Trisakti, Minggu (3/3/2024).

Prosesi pelantikan mengikuti Tata Upacara Militer (TUM), diawali dengan pembacaan naskah pelantikan oleh Kadarsyah Suryadi. Acara dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan dan penyerahan bendera pataka kepada Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti yang baru dilantik.

Felix mengaku bangga mendapat mandat sebagai Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti yang baru. Dia berjanji akan melaksanakan segala amanah dan tanggung jawab serta menjalankan kepemimpinan yang transparan, berkomitmen memperkokoh hubungan alumni dan institusi di lingkup Trisakti.

Dalam paparan visi dan misinya, Felix menjelaskan ke depannya IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti akan berperan aktif dalam pembangunan masyarakat melalui proyek-proyek sosial, melestarikan nilai-nilai positif dan tradisi resimen mahasiswa sebagai cadangan bela negara.

Acara pelantikan Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti dihadiri juga oleh Dirjen Imigrasi Silmy Karim, Ketua Senat STMA Trisakti Robidi, S.H, M.H, selaku Dewan Pengawas IKA, Ketua Komisariat IARMI Untar, UMB dan Perwakilan Komenwa, Dewan Pimpinan Provinsi IARMI DKI Jaya, serta beberapa wakil komisariat perguruan tinggi lainnya di Jakarta.

Felix dipilih secara aklamasi dalam MUNAS V IKA Menwa Distrik Yon14 Trisakti, 3 Maret 2024. Felix telah mengikuti pendidikan Menwa pada tahun 1987. Dia menapak karir sebagai wakil kepala provost, wakil komandan Yon 14 Trisakti, wakil ketua IKA Menwa Yon 14 Trisakti periode 2021-2024. (tw)

Continue Reading

Nusantara

Jusuf Kalla Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua DMI Periode 2024-2029

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Muktamar ke-VIII Dewan Masjid Indonesia (DMI) secara aklamasi menerima laporan pertanggungjawaban PP DMI dan secara aklamasi menetapkan kembali Jusuf Kalla sebagai Ketua Umum DMI 2024-2029.

Sebanyak 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) menyampaikan pandangan umum dan penilaian pada muktamar yang dihadiri oleh ribuan utusan dari DPW dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) seluruh Indonesia.

Wakil Ketua Umum DMI Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo pun mengapresiasi pelaksanaan muktamar yang berjalan dengan baik, tertib, khidmat dan lancar.

Muktamar rencananya ditutup oleh Wakil Presiden RI KH. Makruf Amin pada 3 Maret 2024. (ut)

Continue Reading

Megapolitan

ABUPI Jalin Kerjasama dengan ITL Trisakti dalam Rangka “ABUPI Goes To Campuss”

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) dan Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, menjalin kerja sama dalam rangka sinergitas program bidang pendidikan yang tertuang dalam Nota Kesepahaman (MoU) di Kampus ITL Trisakti, Jakarta pada hari Jumat, 1 Maret 2024.

“ABUPI Goes To Campuss” merupakan program kerja ABUPI yang melibatkan Perguruan Tinggi untuk bekerja sama dan saling membantu dalam penyelenggaraan pendidikan, pembinaan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor ITL Trisakti, Dr. Yuliantini, AMTrU., MM.,dan Ketua Umum ABUPI, Aulia Febrial Fatwa, setelah menandatangani MoU, menyampaikan, dengan adanya kerja sama ini semoga pertumbuhan dan perkembangan industri di sektor kepelabuhanan akan lebih baik yang didukung oleh sumber daya manusianya yang kompeten.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Memoranudm of Agreement (MoA) yang ditandatangani oleh Sekjen ABUPI Liana Trisnawati dan Wakil Rektor IV, H. Basri Fahriza, SE.,MBA.,Ph.D, sebagai implementasi dari MoU, yaitu kerja sama dibidang penelitian, adalah melakukan penelitian/survey untuk menghasilkan data pertumbuhan dan perkembangan Pelabuhan terutama untuk Pelabuhan Pengumpan Lokal dan Regional.

“Ada beberapa point penting yang dapat dikerjasamakan antara ABUPI dan ITL Trisakti, antara lain yang dalam waktu dekat ini terkait dengan penelitian perkembangan Pelabuhan Pengumpan Lokal dan Regional, program pendidikan kesarjanaan dan program Pendidikan vokasi, yaitu pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan dibidang kepelabuhanan”, ujar Febri sapaan akrab Ketua Umum ABUPI di Jakarta, (1/3/2024).

Hadir pada penandatanganan MoU dan MoA ini, selain Rektor ITL Trisakti juga para Wakil Rektor berserta jajarannya dan Pengurus ABUPI. (utw)

Continue Reading
Advertisement

Trending