Connect with us

Hiburan

Peluncuran Rumah Kita EXTRAVAGANJAR yang Digaungkan oleh Artis Ibukota

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, “Ini bukan tentang saya, tapi tentang kita, tentang Indonesia”, Quotes indah di atas, disampaikan oleh Musisi Adri Adrian, dalam sambutannya ketika terpilih menjadi Ketua Umum RUMAH KITA – EXTRAVAGANJAR, pada Hari Rabu, 2 Agustus 2023, dihadapan sejumlah musisi, konten kreator, influencer, selebgram dan aktor film, antara lain; Thoriq Halilintar, Nabila Syakieb, Ali Syakieb, dan sejumlah nama lainnya.

Nama Adi Adrian, keyboardist Kla Project ini, konon sudah digadang-gadang akan dijadikan ketua, sejak pertemuan awal dengan Ganjar Pranowo, yang berlangsung 27 Juli lalu di Kawasan Cibinong, Jawa Barat, bersama 200 orang peserta. Adi, sosok yang bisa mewakili dan diterima semua kalangan dari ekosistem ekonomi kreatif, utamanya dari dunia musik.

“Saya sendiri butuh waktu untuk menerima tanggung-jawab ini. Itu pun setelah saya meyakini, bahwa ini bukan tentang saya saja, tapi ini tentang kita, tentang Indonesia,” ungkap Adi, tenang dan tegas.

Tak butuh lama, Adi langsung gerak cepat, menyusun pengurus inti, lalu mendaftarkan nama Rumah Kreasi Insan Nusantara – RUMAH KITA sebagai organisasi nirlaba, dengan tujuan utamanya adalah memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI ke-8, dengan sebuah movement bernama EXTRAVAGANJAR, disingkat XVG.

XVG, dibawah kendali Adi Adrian, didampingi Fendy Mugni sebagai Sekretaris Jenderal, dan Ayu Soetopo sebagai Bendahara, mulai bergerak dinamis. Nyaris tanpa jeda, mereka melakukan serangkaian diskusi dengan berbagai elemen ekonomi kreatif. Focus group discussion pun dilakukan dengan para profesional, kalangan Millennial dan Generasi Z. Termasuk diskusi seru pada Tanggal 24 Juli 2023 dengan Politisi Senior, Adian Napitupulu, untuk memahami peta kinerja berbagai organisasi relawan dan arah perjuangannya.

Demi positioning yang tepat, XVG pun melibatkan sosok berpengaruh dalam jajaran inti organisasi. Seperti Mazdjo Pray yang terus memetakan konstelasi politik secara up to date. Ada pula nama Jeffry Waworuntu, Ade Andrini, Aldo Sianturi, Tina Toon, Chicha Koeswoyo, Ayu Soetopo, Andre Hehanussa, Sari Koeswoyo, Oleg Sanchabachtiar, Ida Arimurti, Bayu Randu, dan masih banyak lagi lainnya.

Bahkan XVG membentuk tim khusus, semacam think tank yang fokus pada konsep dan database, bernama TIM 8 (bermakna Presiden ke-8), yang terdiri dari sejumlah nama musisi, pesohor dan pelaku ekonomi kreatif. Sebut saja misalnya, Sandy Andarusman yang menemukan nama Extravaganjar, Febrian HIVI, Prof. Franki Raden, Kadri Muhammad, Buddy ACe, Tamara Geraldine, Venny Asyita, Once Mekel dan Anang Hermansyah.

Proses kerja yang relatif singkat namun sangat padat itu, membawa XVG kembali bertemu dengan Ganjar Pranowo, pada Tanggal 9 Agustus. Untuk memastikan kembali, sikap XVG dan dukungannya terhadap Ganjar Pranowo.
“Akhirnya kita semua tiba pada kesimpulan bahwa Mas Ganjar Pranowo, adalah sosok yang tepat, yang akan memimpin pemajuan tata kelola musik dan menghidupkan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia,” simpul Adi Adrian, sembari membeberkan strategi pemenangan dengan membentuk Divisi Komuniaksi GenZ-Millenial, yaitu Rully, Efrain, Wedha, Dado dan Maulana.

Kepastian dukungan EXTRAVAGANJAR terhadap Ganjar Pranowo, kemudian ditetapkan secara resmi di Markas Besar Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Presiden (TKRPP) 2024, yang diwakili oleh Dr, Ahmad Basarah, SH., MH.,  pada 24 Agustus lalu, di Jakarta.

Hingga pada Hari Minggu ini, 27 Agustus 2023, akhirnya Launching Rumah KITA – XVG, dapat dilaksanakan dihalaman Posko XVG, Jalan Tangkas Baru No. E2, Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12930.  Posko ini sehari-harinya, akan menjadi pusat seluruh kegiatan dan rangkaian program kerja untuk memenangkan Ganjar Pranowo pada 14 Februari 2024 mendatang.

Acara yang dipandu oleh Host Ade Andrini dan MC Dyka, menampilkan deretan nama musisi yang memeriahkan acara Launching XVG, antara lain; Audiensi Band, Girl Band Angelion, Jolene Marie, Faye Risakotta, Once Mekel, Anang Hermansyah, Adi Adrian, Ruth Sahanaya, Andre Hehanussa, Witrie Diana Putri, Ranna Phasupaty, Winnie The Rich, Lawang Pitu, Trison Roxx, Orkes Mental Geloradjaya feat Doni Reggae & Kiki Syarah, Akhir, Sunday Morning, serta nama besar lainnya.

Arah perjuangan XVG terhadap tata kelola musik dan pemajuan ekonomi kreatif, dapat dilihat dari daftar tamu undangan, seperti; Ian Antono, Fajar Satritama, Jimmo, Lita Zen, Maya Hasan, Genta Garby, John Paul Ivan Windy Saraswati, Edo Widiz, Iis Sugianto, Harry Koko Santoso, Donny Hardono, Conny Constantia, Ekkie Lamoh, Oleg Sanchabachtiar, Mansen Munthe, DJ Donny Donce, Massto Kidnap, Islah Bahrawi, Denny Siregar, Habib Kribo, Chico Hakim, Yoyo Bassman, Ferry HK, Robby Matulandi, Sammy Simorangkir, Bembi, Bayu Randu, Jimmy Van Houten, Andi Malewa dari Institut Musik Jalanan, Viddy Supit dari Forum Musik Indie, Takaeda Hardwell dan Setiawan Melodia Musik.

Rencana program kerja XVG, Sekjen Fendy Mugni mengatakan bahwa, “Setelah Launching Rumah Kita XVG, akan disusul dengaen kegiatan prioritas lainnya, seperti Podcast XVG, Rapat Kerja Pengurus, Deklarasi XVG, XVG Fest, XVG Movement, dan sejumlah kegiatan kreatif lainnya, yang goals-nya hanyasatu; Ganjar Pranowo meraih kemenangan mutlak pada Pemilu 2024”.

“Terima kasih atas kehadiran dan doa restu dari Keluarga Besar XVG. Mari kita jadikan posko ini sebagai RUMAH KITA bersama,” jelas Buddy ACe, Ketua Pelaksana. Ia juga bilang bahwa dalam waktu dekat,  Adi Adrian akan bikin aransemen baru, lagu ‘Hitam Putih Garis Garis’, ciptaan Anang Hermansyah dan Mazdjo Pray, dengan konsep musikal yang lebih kolosal. (ut)

Hiburan

Warna Bulu burung Lucu dan Suaranya Bagus, Tolong Pikir Lagi Jika Pelihara Burung Ungkap Ustadz Khalid Basalamah

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Apa hukum memelihara burung dalam Islam? Simak penjelasan Ustadz Khalid Basalamah berikut ini. Banyak orang memiliki hobi memelihara hewan, mulai dari pelihara hewan yang menggemaskan, unik, hingga hewan-hewan yang membutuhkan perawatan ekstra.

Bagi sebagian orang memelihara dan merawat hewan menjadi kesenangan tersendiri hingga dapat menghilangkan stres.

Ustadz Khalid Basalamah ungkap hukum memelihara burung. Sumber: Pixabay dan YouTube Khalid Basalamah Official

Termasuk memelihara burung, terlebih burung-burung dengan bulu atau warna sayap berwarna-warni serta suara yang indah. Burung yang dipelihara tentu akan dimasukkan dalam kurungan serta diberi makan dan minum setiap hari.

Namun, bagaimana hukumnya memelihara burung dalam Islam? 

Dalam salah satu kesempatan dakwah, Ustadz Khalid Basalamah mendapat sebuah pertanyaan ‘Kalau kita memelihara hewan yang dikurung, kemudian mati, apakah kita berdosa?’. Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan, dalam memelihara hewan harus kembali lagi kepada syar’i alias dilakukan berdasarkan ketentuan syariah.

Dalam Islam, hewan yang diperbolehkan dipelihara adalah hewan ternak. “Memelihara hewan harus kembali kepada syar’i, karena perilaku memelihara hewan dalam Islam yang diperbolehkan adalah hewan ternak,” ujar Ustadz Khalid Basalamah.

Lebih lanjut, ia menjelaskan jika sebaik-baiknya harta seorang muslim adalah hewan ternak atau hewan yang bisa dimakan, misalnya kambing, sapi, unta, ayam, dan lain-lain. “Kata Nabi SAW, sebaik-baiknya harta seorang muslim, kambing misalnya. Maka ternaklah kambing itu. Kambing, sapi, unta, ayam, yang dimakan,” ucap Ustadz Khalid Basalamah.

Lantas, untuk memelihara burung, Ustadz Khalid Basalamah tidak menganjurkan, sebab burung diberi sayap untuk terbang.

“Daripada pelihara burung untuk dengar suaranya, mending pelihara anak yatim, banyak pahalanya. Banyak biayanya burung itu, biaya ini, biaya itu, kalau mau dengar suaranya burung, tinggal buka YouTube, semua suara burung ada,” ucapnya. Menurut Ustadz Khalid Basalamah, hobi memelihara hewan-hewan yang tidak penting harusnya diubah menjadi hal-hal yang positif.

“Hobi ini harus diubah. Ubah kepada hal-hal yang positif,” ujar Ustadz Khalid Basalamah. Mengingatkan kembali, hewan yang boleh dipelihara menurut syariat adalah hewan ternak, sekaligus boleh untuk diperdagangkan. (tw)

Continue Reading

Hiburan

Ramadan Identik dengan Wali Band yang Kembali Rilis Single Religi ‘Pulang (Robibighfirli)’

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Ramadhan seakan identik dengan Wali band. Wali memang menjadi satu di antara sedikit band yang tidak pernah absen merilis single religi setiap menjelang bulan Ramadhan. Ramadan 2024 ini, Wali kembali memperkenalkan single religi terbaru mereka yang berjudul “Pulang (Robbighfirlii)”.

Sedikit berbeda dari single-single religi sebelumnya, “Pulang (Robbighfirlii)” dikonsep dengan sentuhan musik yang nge-rock untuk sebuah lagu religi. Lagu tersebut bahkan sudah dibuka dengan permainan gitar Apoy yang lumayan cadas.

Tapi itulah Wali, selalu tidak terduga. Band dengan personil Apoy (gitar), Faank (vokal), Tomi (drum) dan Ovie (keyboard) itu mencoba memadukan sebuah ajakan untuk kembali kepada Allah dengan konsep musik rock..

“Ini sangat berbeda dari lagu-lagu religi Wali sebelumnya, konsep musiknya termasuk temannya yaitu kembali kepada Allah SWT. Harapan Wali tentu saja semoga menjadi inspiring di bulan Ramadhan dan seterusnya,” kata Apoy.

Secara garis besar lirik single ini bercerita soal setiap manusia yang mungkin saja keluar dari garis ketetapan Allah. Namun, sebagai Tuhan Yang Maha Pengampun, sesungguhnya Allah selalu menginginkan hambanya untuk kembali pulang atau bertaubat.

“Sebesar apa pun dosa kita, lebih besar lagi rahmat ampunan Allah Sang Penyanyang. Allah merindukan kita untuk pulang (bertaubat),” terang Apoy.

Seperti biasa, single religi “Pulang (Robbighfirlii)” milik Wali kali ini pun dipersiapkan untuk menjadi lagu tema sinetron Ramadan berjudul “Tempat Kembali Pulang” yang tayang di RCTI. Tahun ini, Wali tidak melanjutkan sinetron “Amanah Wali”.

Lewat single religi yang berbeda dan sinetron Ramadhan baru, Wali ingin memberikan sebuah penyegaran kepada penggemarnya. Meski demikian, ajakan untuk berbuat baik masih tetap menjadi tujuan Wali dalam merilis setiap karya-karyanya.

Sementara, untuk penggarapan video klip single religi “Pulang (Robbighfirlii)”, Wali memilih konsep minimalis. Alasannya agar lirik dan musik yang lebih keras di single tersebut dapat lebih mudah tersampaikan.

Dalam video klip tersebut, sutradara Priscilla Citra dari Rupa Creative & Studio menampilkan para personil Wali tengah perform dengan kostum ala rocker. Hanya menggunakan satu model anak muda (Zhafari), warna-warna gelap atau gotik terlihat dominan dalam video klip berdurasi lebih dari empat menit itu.

Di momen yang sama menjalang bulan Ramadhan 2024 ini, single Wali berjudul “Setia Jujur dan Taqwa (SEJUTA)” juga kembali menjadi sound pilihan para pengguna media sosial terutama TikTok. Trend yang sama juga terlihat di streaming Spotify dan YouTube.

Single dengan konsep musik ala Minang, Sumatra Barat itu masuk dalam album “Aku Bukan Bang Toyib” yang dirilis Wali tahun 2011 yang lalu. Liriknya bercerita soal sebaik-baiknya standar memilih pasangan hidup adalah mereka yang setia, jujur dan taqwa.

Artist : Wali
Tittle : “Pulang (Robbighfirlii)”
Composer : Apoy
Producer & Arranger : Wali
Mixing Engineer : Sadat Effendy
Mastering Engineer : Aziz Kentel
Label : NAGASWARA
Publisher : NAGASWARA PUBLISHERINDO MUSIK
Genre : Religi
Release : Maret 2024. (utw)

Continue Reading

Hiburan

UNGU Rilis Single Religi di Ramadan Tahun Ini yang Sudah Jadi Tradisi

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Melanjutkan tradisinya di setiap bulan suci Ramadan, UNGU kembali merilis karya terbaru. Karya tersebut berjudul “Baik dan Burukmu”.

Bisa dibilang, “Baik dan Burukmu” adalah persembahan spesial band yang digawangi oleh Pasha (vokal), Enda (gitar), Oncy (gitar), Makki (bass), dan Rowman (drum) itu. Karena sebelumnya, UNGU kerap meluncurkan karya berupa remake atau berkolaborasi dengan musisi lain. 

“Baik dan Burukmu” adalah hasil brainstorming Enda dan Oncy dalam memahami apa arti hidup manusia selama berada di dunia secara mendalam.

Dikemas dengan nuansa slow pop diiringi petikan gitar, strings, serta entakan musik dalam format full band menjelang akhir, “Baik dan Burukmu” terdengar khidmat sekaligus menegaskan pesan dalam liriknya, menjadikan lagu tersebut sebuah bahan perenungan yang tepat di bulan puasa.

“Akhir-akhir ini, semakin banyak orang yang berburuk sangka dan main hakim sendiri sampai menuduh orang lain bersalah dan berdosa. Padahal, sesungguhnya, Yang Maha Mengetahui tentang benar atau salahnya setiap makhluk adalah Tuhan. Baik dan burukmu, hanya Tuhan yang tahu,” ucap Oncy di jakarta, (14/3/2024).

“Awalnya, saya yang menulis lirik dan Oncy yang membuat notasi. Di tengah-tengah proses, saya dan Oncy tidak menemukan reff yang tepat untuk lagu ini. Suatu hari, ketika UNGU sedang berada di studio, Pasha secara tidak sengaja menemukan reff-nya,” jelas Enda.

Video klip “Baik dan Burukmu” digarap oleh Sutedja Khoa (Guava Productions) dan menampilkan banyak hal, mulai dari ambiguitas, konotasi, serta sudut pandang seseorang. “Ada suatu hal atau kejadian yang kita nilai atau pandang negatif, padahal kita belum paham lebih dalam terkait itu. Bahkan, kita tidak melihat dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Nah, UNGU menampilkannya dalam video musik “Baik dan Burukmu”,” kata Oncy.

“Kami berharap “Baik dan Burukmu” dapat menghibur teman-teman semua, membawa hidup kita dan orang-orang sekitar untuk menjadi lebih lagi, serta menyadarkan kita bahwa tidak semua hal yang ‘terlihat jelek’ benar-benar buruk. Terkadang, ada makna indah di balik itu semua. Kita saja yang terlalu mudah dan cepat menghakimi sesuatu atau seseorang,” tutup Pasha.

Dan rencananya, di pertengahan bulan maret UNGU Band akan menggelar acara Bukber dengan Anak Yatim di Hotel Pomelotel di kawasan Kuningan-Jakarta Selatan. (utw)

Continue Reading
Advertisement

Trending