Connect with us

Olahraga

Pengamat Bola: Timnas Indonesia Belum Punya Nilai Jual di Luar Negeri

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Pengamat sepak bola nasional Mohamad Kusnaeni menilai Timnas Indonesia belum punya cukup nilai jual untuk diundang tim lain ke luar negeri.
Ini karena Timnas Indonesia merupakan tim penghuni peringkat ke-149 FIFA. Dengan posisi seperti ini nilai jual Indonesia di mata negara lain kurang begitu kuat bagi penonton.

Karenanya pula agenda Timnas Indonesia selama FIFA Matchday dianggap lebih tepat di dalam negeri. Untuk kalender internasional September misalnya, main di kandang dianggap masih jadi pilihan.

“Kebutuhan tandang itu benar penting, tetapi kalau tandang, kan tim kita harus punya nilai jual juga. Kita memang punya nilai jual untuk diundang Jepang atau Korea Selatan?” kata Kusnaeni.

“Wajar kalau sekarang kita lebih banyak FIFA Matchday di kandang. Kalau mau main di luar paling ketemunya tim dari pasifik seperti Fiji, Vanuatu, atau ASEAN,” ucapnya.

Lelaki yang biasa disapa Bung Kus ini mengatakan PSSI harus meningkatkan nilai Timnas Indonesia secara perlahan. Ketika sudah masuk 100 besar dunia, niscaya nilainya akan naik.

“Ini pelan-pelan. Kita harus naikin dulu level kita, sehingga punya daya tarik. Kalau sudah naik level kita akan punya daya tarik untuk diundang main di negara lain,” ujar Kusnaeni.

Untuk persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2024 yang bermain bakal main tandang, bisa disiasati dengan pemusatan latihan. Berharap diundang lawan untuk saat ini disebut belum menguntungkan.

“Main di dalam negeri, di Indonesia itu memang wajar karena kita punya suporter yang fanatik. Kalau Indonesia main di Maladewa, belum tentu juga penuh penontonnya. Fanatismenya beda,” katanya.

“Kalau di kita kan namanya Timnas itu urusannya beda. Itu mengapa pertandingan di dalam negeri jadi pilihan rasional. Kalau saran saya main tandang menjelang Piala Asia, bukan di ajang FIFA Matchday.”. (ut)

Olahraga

Menang Lawan Filipina 2-0, Timnas Indonesia Lolos babak ke-3 Kualifikasi Pildun 2026

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Kemenangan atas Filipina 🇵🇭 membuat Timnas Indonesia 🇮🇩 mendapatkan tambahan 11,72 poin di ranking FIFA. Alhasil, perolehan angka skuad Garuda mencapai 1,108.72 poin.

Kondisi ini membuat Timnas Indonesia diprediksi naik tiga peringkat dari posisi 136 ke 133 dunia. Sebanyak tiga negara yang disalip Timnas Indonesia adalah Malaysia 🇲🇾 yang harus turun ke peringkat 136, Rwanda (135) dan Kepulauan Faroe (134).

Gol dari Thom Haye dan Rizky Ridho berhasil membawa Tim Merah-Putih lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan lolos otomatis ke Piala Asia 2027 ⚽️

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan tampil di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang dimulai September 2024. Sebanyak 18 negara ambil bagian di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Nantinya 18 negara itu akan dibagi dalam tiga grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan enam negara. Masing-masing tim akan melakoni 10 pertandingan dengan rincian lima kandang dan lima tandang.

🚨3 SEJARAH BAKAL TERCIPTA:

1.lolos putaran ke-3 kualifikasi piala dunia 2026 zona asia pertama kalinya

  1. lolos ke piala asia 2027 pertama kalinya tanpa kualifikasi
  2. menjadi wakil asean diputaran ke-3 kualifikasi piala dunia zona asia.

Untuk poin ke-3 timnas Indonesia peluangnya sangat besar ketimbang Vietnam, Thailand dan Malaysia. Vietnam jika ingin lolos harus menang lawan Irak di Basrah tapi, dengan catatan timnas Indonesia kalah di GBK saat ketemu Filipina.

Sedangkan Malaysia, Yakni memetik kemenangan atas Taiwan di kandang serta mengharapkan Kirgistan menelan kekalahan dari Oman, hasil imbang belum cukup menyelamatkan Malaysia. Dengan catatan Malaysia harus ciptakan gol lebih dari 7 gol.

Thailand diposisi yang sulit dipertandingan terakhir harus menang lawan Singapura tapi harus melihat pertandingan China lawan Korea Selatan jika, kedua tim bermain imbang, sudah dipastikan Thailand gagal lolos. (tw)

Continue Reading

Olahraga

Apakah Denda akan Tingkatkan Kedisiplinan dan Performa Timnas Indonesia?

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Uang Denda Pemain Timnas Disumbangkan! Shin Tae-yong Terapkan Disiplin Ketat. Pelatih Timnas Indonesia ini dikenal dengan ketegasannya dalam mendisiplinkan pemain.

Baru-baru ini, tangan kanan Shin Tae-yong, Yoo Jae-hoon, mengungkapkan bahwa denda bagi pemain yang terlambat dalam kegiatan tim telah dinaikkan.

Shin Tae-yong sering memberikan denda kepada pemain yang terlambat latihan, makan bersama, atau kegiatan lainnya untuk memastikan kedisiplinan dan ketepatan waktu. Kedisiplinan ini dianggap penting untuk membentuk mentalitas yang kuat saat bertanding.

Yoo Jae-hoon menjelaskan bahwa denda tersebut kini dinaikkan menjadi Rp1 juta per menit keterlambatan. Hal ini dilakukan karena kontrak pemain yang sedang meningkat.

“Sekarang naik ke Rp1 juta. Akhir-akhir ini naik Rp1 juta. Terlambat makan, terlambat meeting, terlambat berangkat latihan. Soalnya kontrak naik lagi,” ujar Yoo Jae-hoon dalam channel YouTubenya, (10/6/2024).

Selain untuk mendisiplinkan pemain, Shin Tae-yong juga memiliki tujuan mulia dengan penerapan denda tersebut. Menurut Yoo Jae-hoon, uang yang dikumpulkan dari denda akan disumbangkan ke panti asuhan.

“Rencananya denda-denda tersebut, nanti idenya Coach Shin akhir tahun kita sumbang ke panti asuhan atas nama timnas,” katanya.

Bagaimana menurut kalian, apakah langkah ini akan meningkatkan kedisiplinan dan performa Timnas Indonesia? (tw)

Continue Reading

Olahraga

13 Negara Lolos Babak ke-3 di Penyisihan Piala Dunia 2026, Apakah Indonesia Bisa?

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, 13 negara udah memastikan diri lolos ke round 3 WCQ 2026 sekaligus otomatis resmi lolos Piala Asia 2027 di Saudi Arabia 🇸🇦:

  1. Saudi Arabia 🇸🇦 (Host)
  2. Australia 🇦🇺
  3. Iraq 🇮🇶
  4. IR Iran 🇮🇷
  5. Uzbekistan 🇺🇿
  6. Qatar 🇶🇦
  7. United Arab Emirates 🇦🇪
  8. Japan 🇯🇵
  9. Korea Republic 🇰🇷
  10. Oman 🇴🇲
  11. Palestine 🇵🇸
  12. Jordan 🇯🇴
  13. Bahrain 🇧🇭

➡️ Sisa 5 tiket round 3 yang bakal diperebutkan 11 negara lainnya termasuk Indonesia di tanggal 11 nanti

❌ Sementara 12 negara lainnya yaitu Chinese Taipei, Turkmenistan, Hong Kong, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Singapore, Myanmar, Filipina, Lebanon, Tajikistan & Yaman udah resmi dipastikan gak lolos ke Piala Dunia 2026.

Lalu, Bagaimana dengan Timnas Indonesia, apakah mampu lolos dan menang melawan Filipina di pertandingan terakhirnya? (ut)

Continue Reading
Advertisement

Trending