Connect with us

Megapolitan

Petani Protes dan Marah dengan Gerakan Pangan Murah Kementan

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jatim,

Asosiasi Petani Pangan Indonesia (APPI) Jawa Timur memprotes Gerakan Pangan Murah (GPM) yang dilaksanakan Kementerian Pertanian.
Pasalnya, itu berpotensi merugikan mereka. Ketua APPI Jatim Jumantoro mengaku berangkat jauh-jauh ke Jakarta untuk menemui Plt Mentan sekaligus Ketua Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi terkait masalah itu.

Jumantoro mengaku sudah dijanjikan untuk bertemu para petinggi Kementan hari ini. Namun sampai dengan Senin (16/10) siang, tidak ada yang menemuinya.

“Saya Jumantoro, Ketua APPI Jawa Timur. Ternyata hari ini ada gerakan pangan murah (GPM). Bukan saya tidak setuju, tapi harapan saya jangan gerakan pangan murah. Kasihan petani, pasti produknya dibeli dengan harga yang murah, tapi (seharusnya) gerakan harga pangan terjangkau dan berkualitas,” katanya, Senin (16/10).

“Petani tidak untung dengan kondisi seperti ini. Saya sudah dari Sabtu (14/10) ingin ketemu Bapak Kepala Bapanas (Arief Prasetyo Adi) untuk menyampaikan kondisi realita petani,” sambungnya.

Jumantoro merasa ironis karena Hari Pangan Sedunia yang jatuh hari ini seharusnya bisa menghargai jerih payah petani. Ia menegaskan ada keringat petani pada setiap pangan rakyat di meja makan.

Ia lebih mendukung gerakan pangan terjangkau dan berkualitas ketimbang embel-embel murah. Menurutnya, langkah menyajikan pangan terjangkau bisa membuat petani semangat bercocok tanam.

Kementan melaksanakan Gerakan Pangan Murah mulai Senin (16/10). Plt Mentan Arief menyebut gerakan pangan murah hadir dalam berbagai jenis bahan pokok. Ada minyak goreng, telur, ayam, beras, dan daging.

Ia mengatakan masyarakat antusias dengan GPM ini. Bahkan, Arief secara simbolis menyerahkan beras Bulog kepada warga di lingkungan Kementan.

“Menyiapkan gerakan pangan murah itu bukan hanya di kantor gubernur, tetapi kelurahan, daerah-daerah yang memerlukan. Sehingga titik-titiknya itu adalah titik strategis, bukan dekat kantor gubernur,” katanya usai peluncuran GPM di Kementan, Jakarta Selatan.

CNNIndonesia.com telah berupaya menghubungi Plt Mentan Arief Prasetyo Adi soal kebenaran janji menemui APPI Jawa Timur dan apa alasan pertemuan tidak terlaksana. Namun, yang bersangkutan belum merespons hingga berita ini tayang. (tri)

Megapolitan

Trisakti Lantik Ketua Ikatan Alumni Menwa Distrik Yon 14

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Rektor Universitas Trisakti, Kadarsyah Suryadi, melantik Felix L. Tobing sebagai Ketua Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (Menwa) Distrik Batalyon (Yon) 14 Trisakti periode 2024-2027. Felix dilantik di Gedung FG FTI Kampus A Universitas Trisakti, Jalan Kiai Tapa, Jakarta Barat.

Kadarsyah Suryadi merasa bangga atas pelantikan Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti itu. Dia berharap pelantikan itu dapat memperkuat SDM dan potensi alumni Menwa sebagai kader bangsa dan negara.

“Kami berharap nantinya ketua dan keseluruhan anggota bisa menjadi contoh di dalam membela negara dan juga sebagai kekuatan cadangan yang menurut saya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, bangsa dan negara,” kata Kadarsyah Suryadi di Kampus A Universitas Trisakti, Minggu (3/3/2024).

Prosesi pelantikan mengikuti Tata Upacara Militer (TUM), diawali dengan pembacaan naskah pelantikan oleh Kadarsyah Suryadi. Acara dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan dan penyerahan bendera pataka kepada Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti yang baru dilantik.

Felix mengaku bangga mendapat mandat sebagai Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti yang baru. Dia berjanji akan melaksanakan segala amanah dan tanggung jawab serta menjalankan kepemimpinan yang transparan, berkomitmen memperkokoh hubungan alumni dan institusi di lingkup Trisakti.

Dalam paparan visi dan misinya, Felix menjelaskan ke depannya IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti akan berperan aktif dalam pembangunan masyarakat melalui proyek-proyek sosial, melestarikan nilai-nilai positif dan tradisi resimen mahasiswa sebagai cadangan bela negara.

Acara pelantikan Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti dihadiri juga oleh Dirjen Imigrasi Silmy Karim, Ketua Senat STMA Trisakti Robidi, S.H, M.H, selaku Dewan Pengawas IKA, Ketua Komisariat IARMI Untar, UMB dan Perwakilan Komenwa, Dewan Pimpinan Provinsi IARMI DKI Jaya, serta beberapa wakil komisariat perguruan tinggi lainnya di Jakarta.

Felix dipilih secara aklamasi dalam MUNAS V IKA Menwa Distrik Yon14 Trisakti, 3 Maret 2024. Felix telah mengikuti pendidikan Menwa pada tahun 1987. Dia menapak karir sebagai wakil kepala provost, wakil komandan Yon 14 Trisakti, wakil ketua IKA Menwa Yon 14 Trisakti periode 2021-2024. (tw)

Continue Reading

Nusantara

Jusuf Kalla Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua DMI Periode 2024-2029

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Muktamar ke-VIII Dewan Masjid Indonesia (DMI) secara aklamasi menerima laporan pertanggungjawaban PP DMI dan secara aklamasi menetapkan kembali Jusuf Kalla sebagai Ketua Umum DMI 2024-2029.

Sebanyak 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) menyampaikan pandangan umum dan penilaian pada muktamar yang dihadiri oleh ribuan utusan dari DPW dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) seluruh Indonesia.

Wakil Ketua Umum DMI Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo pun mengapresiasi pelaksanaan muktamar yang berjalan dengan baik, tertib, khidmat dan lancar.

Muktamar rencananya ditutup oleh Wakil Presiden RI KH. Makruf Amin pada 3 Maret 2024. (ut)

Continue Reading

Megapolitan

ABUPI Jalin Kerjasama dengan ITL Trisakti dalam Rangka “ABUPI Goes To Campuss”

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) dan Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, menjalin kerja sama dalam rangka sinergitas program bidang pendidikan yang tertuang dalam Nota Kesepahaman (MoU) di Kampus ITL Trisakti, Jakarta pada hari Jumat, 1 Maret 2024.

“ABUPI Goes To Campuss” merupakan program kerja ABUPI yang melibatkan Perguruan Tinggi untuk bekerja sama dan saling membantu dalam penyelenggaraan pendidikan, pembinaan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor ITL Trisakti, Dr. Yuliantini, AMTrU., MM.,dan Ketua Umum ABUPI, Aulia Febrial Fatwa, setelah menandatangani MoU, menyampaikan, dengan adanya kerja sama ini semoga pertumbuhan dan perkembangan industri di sektor kepelabuhanan akan lebih baik yang didukung oleh sumber daya manusianya yang kompeten.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Memoranudm of Agreement (MoA) yang ditandatangani oleh Sekjen ABUPI Liana Trisnawati dan Wakil Rektor IV, H. Basri Fahriza, SE.,MBA.,Ph.D, sebagai implementasi dari MoU, yaitu kerja sama dibidang penelitian, adalah melakukan penelitian/survey untuk menghasilkan data pertumbuhan dan perkembangan Pelabuhan terutama untuk Pelabuhan Pengumpan Lokal dan Regional.

“Ada beberapa point penting yang dapat dikerjasamakan antara ABUPI dan ITL Trisakti, antara lain yang dalam waktu dekat ini terkait dengan penelitian perkembangan Pelabuhan Pengumpan Lokal dan Regional, program pendidikan kesarjanaan dan program Pendidikan vokasi, yaitu pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan dibidang kepelabuhanan”, ujar Febri sapaan akrab Ketua Umum ABUPI di Jakarta, (1/3/2024).

Hadir pada penandatanganan MoU dan MoA ini, selain Rektor ITL Trisakti juga para Wakil Rektor berserta jajarannya dan Pengurus ABUPI. (utw)

Continue Reading
Advertisement

Trending