Connect with us

Megapolitan

Sosok Siswi asal Malang Peraih Skor 1.000 UTBK SNBT 2023, Ini Rahasia Belajarnya dan Masuk Kedokteran

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jatim, Inilah siswi peraih skor 1000 UTBK SNBT 2023 sub tes pengetahuan kuantitatif.

Ia adalah Nadila Nada Zuhayra, lulusan MAN 2 Malang, Jawa Timur.

Nadila Nada Zuhayra kini melanjutkan pendidikannya ke Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Nadila Nada Zuhayra membuat publik kagum atas peraihan skor 1.000 UTBK SNBT 2023 subtes Pengetahuan Kuantitatif.

Perempuan yang akrab dipanggil Nada ini baru saja lulus dari kelas XII MIPA 5 MAN 2 Kota Malang angkatan ke-31 Tahun Pelajaran 2022/2023.

Melansir laman MAN 2 Kota Malang, Nada meraih nilai 798,65 di subtes pengetahuan dan pemahaman umum, 780,22 di tes kemampuan umum, 682,43 di tes kemampuan memahami bacaan dan menulis, 680,56 di tes matematika, 707,00 di subtes literasi Bahasa Inggris, dan 743,30 di tes Bahasa Inggris.

Dengan skor yang sempurna tersebut, Nada berhasil melanjutkan ke perguruan tinggi di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

“Alhamdulillah. Bersyukur banget karena awalnya tidak percaya bisa dapat skor tersebut. Namun, pastinya juga seneng banget karena hasil kerja kerasku terbayar setelah selama enam bulan aku sudah berusaha mempersiapkan diri dengan belajar dan mengerjakan soal-soal,” ujar Nada.

Saat ditanya terkait kiat meraih nilai sempurna UTBK SNBT 2023, Nada tidak sungkan untuk membagikan rahasia belajarnya.

Nada mengatakan, biasanya ia membuat jadwal review materi dan latihan soal dengan membaginya berdasarkan subtes.

Ia juga eluangkan 2 hari untuk tryout online dari berbagai sumber dan juga melakukan pembahasan tryout berdasarkan subtesnya.

“Biasanya sepulang sekolah pada pukul 15.00, aku pergi ke tempat les. Di sana aku belajar dari pukul 16.00 hingga 19.00 WIB. Setelah itu, aku melanjutkan belajar selama kurang lebih satu jam di rumah. Pokoknya, ini rutinitas yang selalu aku jalani selama kurang lebih 6 bulan,” terang Nada.

Jadwal belajar pada dasarnya berguna untuk membentuk kesadaran mental dan menentukan strategi yang tepat dengan sisa waktu yang kita punya hingga UTBK dilaksanakan.

Salah satu cara yang Nada biasa lakukan untuk mengatur rencana belajar adalah dengan menghitung waktu yang kita miliki sampai ujian, lalu tarik mundur hingga sekarang.

Misalnya, kita ingin menguasai topik A hingga Z dalam kurun waktu 60 hari.

Petakan dan cari tahu langkah-langkah dalam 60 hari itu apa saja.

Misalnya, 30 hari pertama fokus membaca materi dan menonton video, kemudian 30 hari terakhir fokus di latihan soal saja.

Nada juga cukup beruntung untuk dapat memanfaatkan tempat les untuk mempelajari lebih dalam tipe-tipe soal yang mungkin akan diujikan.

“Berbagai contoh soal sekarang sudah sangat mudah ditemukan, bisa dari buku-buku, latihan dari sekolah ataupun bisa didapat online secara gratis,” lanjut Nada.

Nada mengatakan, berbagai teknologi yang ada sekarang juga membuat semuanya jadi lebih mudah.

Selain mengambil bahan dari buku dan latihan soal tertulis, Nada biasanya menggunakan aplikasi belajar untuk memanfaatkan smart schedule dengan mengandalkan notifikasi belajar serta drill soal.

“Aku bisa disiplin dalam latihan soal. Selain itu aku sering menonton video belajar di aplikasi belajar ataupun Youtube,” ujarnya.

Beberapa tahun lalu, pembelajaran berbasis digital hanya bersifat sebagai tambahan (suplemen) atau pelengkap (komplemen).

Dengan dianjurkannya metode blended learning, teknologi dikombinasikan secara saksama di dalam desain pembelajaran sehingga terdapat kesinambungan antara pembelajaran tradisional dan pembelajaran digital.

Metode blended learning berdampak sangat baik bagi pertumbuhan kognisi pada siswa.

Beberapa manfaat lain dalam penerapan metode ini adalah siswa dapat mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi, mengakomodasi siswa dengan berbagai macam gaya belajar, dan terbentuknya budaya belajar yang berkelanjutan.

Contoh sederhananya, untuk memahami suatu penerapan materi belajar, selain membaca buku, kita juga dapat menonton video penjelasan belajar. (utw)

Megapolitan

Trisakti Lantik Ketua Ikatan Alumni Menwa Distrik Yon 14

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Rektor Universitas Trisakti, Kadarsyah Suryadi, melantik Felix L. Tobing sebagai Ketua Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (Menwa) Distrik Batalyon (Yon) 14 Trisakti periode 2024-2027. Felix dilantik di Gedung FG FTI Kampus A Universitas Trisakti, Jalan Kiai Tapa, Jakarta Barat.

Kadarsyah Suryadi merasa bangga atas pelantikan Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti itu. Dia berharap pelantikan itu dapat memperkuat SDM dan potensi alumni Menwa sebagai kader bangsa dan negara.

“Kami berharap nantinya ketua dan keseluruhan anggota bisa menjadi contoh di dalam membela negara dan juga sebagai kekuatan cadangan yang menurut saya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, bangsa dan negara,” kata Kadarsyah Suryadi di Kampus A Universitas Trisakti, Minggu (3/3/2024).

Prosesi pelantikan mengikuti Tata Upacara Militer (TUM), diawali dengan pembacaan naskah pelantikan oleh Kadarsyah Suryadi. Acara dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan dan penyerahan bendera pataka kepada Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti yang baru dilantik.

Felix mengaku bangga mendapat mandat sebagai Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti yang baru. Dia berjanji akan melaksanakan segala amanah dan tanggung jawab serta menjalankan kepemimpinan yang transparan, berkomitmen memperkokoh hubungan alumni dan institusi di lingkup Trisakti.

Dalam paparan visi dan misinya, Felix menjelaskan ke depannya IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti akan berperan aktif dalam pembangunan masyarakat melalui proyek-proyek sosial, melestarikan nilai-nilai positif dan tradisi resimen mahasiswa sebagai cadangan bela negara.

Acara pelantikan Ketua IKA Menwa Distrik Yon 14 Trisakti dihadiri juga oleh Dirjen Imigrasi Silmy Karim, Ketua Senat STMA Trisakti Robidi, S.H, M.H, selaku Dewan Pengawas IKA, Ketua Komisariat IARMI Untar, UMB dan Perwakilan Komenwa, Dewan Pimpinan Provinsi IARMI DKI Jaya, serta beberapa wakil komisariat perguruan tinggi lainnya di Jakarta.

Felix dipilih secara aklamasi dalam MUNAS V IKA Menwa Distrik Yon14 Trisakti, 3 Maret 2024. Felix telah mengikuti pendidikan Menwa pada tahun 1987. Dia menapak karir sebagai wakil kepala provost, wakil komandan Yon 14 Trisakti, wakil ketua IKA Menwa Yon 14 Trisakti periode 2021-2024. (tw)

Continue Reading

Nusantara

Jusuf Kalla Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua DMI Periode 2024-2029

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Muktamar ke-VIII Dewan Masjid Indonesia (DMI) secara aklamasi menerima laporan pertanggungjawaban PP DMI dan secara aklamasi menetapkan kembali Jusuf Kalla sebagai Ketua Umum DMI 2024-2029.

Sebanyak 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) menyampaikan pandangan umum dan penilaian pada muktamar yang dihadiri oleh ribuan utusan dari DPW dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) seluruh Indonesia.

Wakil Ketua Umum DMI Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo pun mengapresiasi pelaksanaan muktamar yang berjalan dengan baik, tertib, khidmat dan lancar.

Muktamar rencananya ditutup oleh Wakil Presiden RI KH. Makruf Amin pada 3 Maret 2024. (ut)

Continue Reading

Megapolitan

ABUPI Jalin Kerjasama dengan ITL Trisakti dalam Rangka “ABUPI Goes To Campuss”

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) dan Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, menjalin kerja sama dalam rangka sinergitas program bidang pendidikan yang tertuang dalam Nota Kesepahaman (MoU) di Kampus ITL Trisakti, Jakarta pada hari Jumat, 1 Maret 2024.

“ABUPI Goes To Campuss” merupakan program kerja ABUPI yang melibatkan Perguruan Tinggi untuk bekerja sama dan saling membantu dalam penyelenggaraan pendidikan, pembinaan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor ITL Trisakti, Dr. Yuliantini, AMTrU., MM.,dan Ketua Umum ABUPI, Aulia Febrial Fatwa, setelah menandatangani MoU, menyampaikan, dengan adanya kerja sama ini semoga pertumbuhan dan perkembangan industri di sektor kepelabuhanan akan lebih baik yang didukung oleh sumber daya manusianya yang kompeten.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Memoranudm of Agreement (MoA) yang ditandatangani oleh Sekjen ABUPI Liana Trisnawati dan Wakil Rektor IV, H. Basri Fahriza, SE.,MBA.,Ph.D, sebagai implementasi dari MoU, yaitu kerja sama dibidang penelitian, adalah melakukan penelitian/survey untuk menghasilkan data pertumbuhan dan perkembangan Pelabuhan terutama untuk Pelabuhan Pengumpan Lokal dan Regional.

“Ada beberapa point penting yang dapat dikerjasamakan antara ABUPI dan ITL Trisakti, antara lain yang dalam waktu dekat ini terkait dengan penelitian perkembangan Pelabuhan Pengumpan Lokal dan Regional, program pendidikan kesarjanaan dan program Pendidikan vokasi, yaitu pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan dibidang kepelabuhanan”, ujar Febri sapaan akrab Ketua Umum ABUPI di Jakarta, (1/3/2024).

Hadir pada penandatanganan MoU dan MoA ini, selain Rektor ITL Trisakti juga para Wakil Rektor berserta jajarannya dan Pengurus ABUPI. (utw)

Continue Reading
Advertisement

Trending