Connect with us

Megapolitan

Sukses Gelaran The 3rd Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023, Catat 15 Ribu Pengunjung dan Raih Puluhan Mitra Waralaba

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Pameran The 3rd Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) telah diselenggarakan sukses dan berakhir pada tanggal 14 Oktober 2023 di Ji Expo Kemayoran Jakarta. Pameran yang berlangsung selama empat (4) hari mulai tanggal 11 Oktober 2023 berakhir di tgl 14 Oktober 2023 sukses.

Kesuksesan ini terbukti dari suksesnya para exhibitor sukses mendapatkan mitra licensing dan franchisingnya. Sebut saja Ayam Gepuk Pak Gembus yang berhasil menggaet 13 mitra selama 4 hari pameran, We Drink dan Cooler City yang menembus puluhan mitra, lisensi karakter atau IP licensing yang turut serta juga mendapatkan calon licensee cukup banyak. Ini terbukti juga dari antusias jumlah pengunjung yang tercatat selama empat hari kegiatan yaitu lebih dari 15.000 pengunjung.

Daud D Salim, selaku CEO dari IMEI Expo juga mengapresiasi kesuksesan The 3rd ILE 2023. Pameran ini tidak hanya menyemarakkan kegiatan perekonomian Indonesia namun mendorong pertumbuhan merata seluruh sektor khususnya pada industri lisensi dan franchise atau waralaba.

”Dan kami ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada seluruh stakeholder yang terlibat di dalam Pameran The 3rd ILE 2023 ini, tentunya akan mendorong para pelaku bisnis lisensi dan franchise lokal dalam mengembangkan usaha dan membuka peluang bagi pengunjung yang ingin mencoba bisnis lisensi dan waralaba” ungkap Daud D Salim

Berbeda dari pameran sebelumnya, pameran The 3rd ILE 2023 kali ini terdapat parade mascot yang mengiringi para tamu VIP pada saat pembukaan, para mascot lucu dan aktif ini berdansa di depan panggung dengan menampilkan gaya dari merek dagangnya masing-masing, setelah pembukaan, ASENSI juga mengadakan Indonesia Licensing Conference yang melibatkan lintas Kementerian dari Kementerian Hukum dan HAM R.I, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM R.I. dan Kementerian Pariwisata R.I., KADIN dan pastinya ASENSI sendiri yang melibatkan lintas kementerian tersebut.

Adapun tujuan dari Indonesia Licensing Conference 2023 ini adalah ingin menjadikan Indonesia sebagai hubnya ASEAN dengan tema Road to Indonesia as Licensing and Franchising Hub. Susanty juga menjelaskan, Indonesia Licensing Expo atau lebih dikenal dengan singkatannya ILE 2023 adalah pameran Licensing atau lisensi, Franchise atau Waralaba, Kemitraan, dan Peluang Usaha Indonesia ini juga didukung oleh Kementerian Lembaga dan salah satunya adalah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Juga di hari kedua dan ketiga pameran diadakan pula International Licensing Conference yang melibatkan lisensi dan franchise antar negara yakni negara Singapura, Hong Kong, Korea Selatan, China, Jepang, USA, UK sebagai pembicara. Juga tentunya melibatkan pembicara dari pengusaha lisensi dan waralaba Indonesia dari berbagai industri seperti dari automobile Gorillaz, AGPG, Bakmi Naga Resto, Royal Garden Spa, ESB, dll dan binaan kemendag dari Roti Ropi, Pisang Goreng Sultan, Oto Bento, Gaido Tours & Travel, Daily Wash Laundromart, Apotik B-18, Kabuki ,E&W.

Adapun di hari terakhir pameran lisensi dan waralaba The 3rd ILE Indonesia Licensing Expo 2023 diumumkan pemenang lomba AIPreneurs yang merupakan lomba business plan competition antara mahasiswa/i perguruan tinggi atau Universitas dari seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh ASENSI didukung oleh KeMenDag selama 2 bulan dari bulan September sampai dengan Oktober, Adapun pemenangnya sebagai berikut :

Pemenang pertama dari Universitas Mercu Buana dengan merek Kopi Santero, Pemenang Kedua dari Universitas Sangga Buana dengan merek Bos Kaca, Pemenang Ketiga dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya dengan merek Kunyit Asam Manis, Pemenang Keempat dari Binus University, yang berupa Sistem Keamanan, Pemenang Kelima dari Universitas Sangga Buana yang berupa Penyaring Sampah.

Penghargaan Best Mascot yang dimenangkan oleh AGPG, Cooler city, We Drink dan Gorilaz. Tidak lupa Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) ingin menginfokan untuk kepada seluruh para peserta pameran, calon peserta dan pengunjung kami mengundang kembali pada kegiatan Pameran Lisensi dan Waralaba 2024 di The 4th Indonesia Licensing Expo 2024.

‘’Kami berusaha memberikan sesuatu yang jauh lebih baik lagi dari apa yang kami capai sekarang, terutama untuk pertumbuhan merek lokal dan juga pertumbuhan perekonomian Indonesia,’’tutupnya.

Dan pada acara penutupan pameran The 3rd ILE 2023 ini juga dilaksanakan ILE Awards seperti Most Attractive Stand Award diraih We Drink, Most Fresh Look Stand Award diraih Mitra Boga Ventura, Most Unique Stand Award diraih oleh Cooler City, Best Deal diraih oleh AGPG, penghargaan Best Sales diraih oleh Bakmi Naga Resto, penghargaan Best Appreciation Award diraih oleh Bocorocco, penghargaan Best Social Media Award diraih oleh Social Bread. (Ach)

Megapolitan

MUI Minta KPI Beri Sanksi untuk Tiga Stasiun TV karena Tayangkan 4 Acara ini

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Tim Pantauan Tayangan Ramadan 1445 Hijriah Komisi Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyayangkan ada tiga stasiun televisi yang masih menayangkan konten program diduga terdapat banyak potensi pelanggaran.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, ketiga stasiun televisi tersebut adalah ANTV dengan program “Pesbukers Ramadhan”, Trans TV dengan program “Berkahnya Ramadhan”, serta Trans 7 dengan program “Sahur Lebih Segerrr” dan “Pas Buka FM”.

Wakil Ketua II Tim Pemantauan Ramadan 1445 Hijriah Komisi Infokom MUI Rida Hesti mengatakan berdasarkan hasil pantauan tim pada tahap kedua selama kurun waktu 25 Maret hingga 3 April 2024 ditemukan  sejumlah potensi pelanggaran yang ditemukan masih berputar pada body shaming, kekerasan, ketidakpatutan, dan potensi eksploitasi terhadap anak.

“Potensi pelanggaran seperti ini terulang dan seakan tidak mau belajar dari koreksi publik,” kata Rida.

Dia mengatakan bahwa ketiga stasiun televisi itu belum sepenuhnya memenuhi catatan dan koreksi perbaikan temuan tim pada pantauan tahap satu.

Kendati demikian, Rida juga mengapresiasi sebagian program stasiun televisi yang tidak lagi memuat program yang terindikasikan adegan fisik laki suka sama laki (LSL) sebagaimana dalam hasil pantauan tahap satu.

Atas temuan dugaan pelanggaran tersebut, MUI meminta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bersikap tegas.

Tidak hanya pada aspek pembinaan khusus, tetapi perlu memberikan sanksi apabila memang terbukti melanggar, sesuai level pelanggaran ketiga stasiun televisi tersebut. (tw)

Continue Reading

Nusantara

Agak Laen, Mudik Idul Fitri 2024 Pakai Helikopter Hanya Rp 2,5 Juta dan Anti Macet

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jateng, Minimal sekali dalam seumur hidup anda mencoba naik Helikopter, terlebih momen Idul Fitri dimana semua orang ingin mudik ke kampung halaman dan terlihat agak laen.

Mudik ke kampung halaman dengan helikopter akan terasa lebih cepat, bebas macet, bebas banjir pake saja jasa helikopter.

Heli Jateng pada edisi Idul Fitri 2024/1445 Hijriyah ini membuka promo tanpa minimum pax. Khusus buat anda yang ingin merasakan sensasi dan experience naik helikopter anda harus menyiapkan Rp 2,5 juta/pax 13 menit.

Untuk pemesanan anda bisa mengunjungi https://helijateng.com, titik poin di Demak Green Garden.

Selain promo mudik HeliJateng juga melayani jasa Medical and Evacuation, Heli Agent Bisnis, Heli Sky Tour, Heli Charter A to B dan Heli Entertain and Event.

Helikopter Spesifikasi: Bell 206 JET, Ranger III, Registrasi PK – AVT, Cabin 4 Setter, Endurace 03.30 Hours. (ut)

Continue Reading

Megapolitan

Alasan Muhammadiyah Umumkan Penetapan Idul Fitri Lebih Awal

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengemukakan alasan pihaknya menetapkan Hari Raya Idul Fitri lebih awal dibandingkan dengan pemerintah.

“Maklumat Muhammadiyah ini normal terjadi dilakukan, karena kami menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal,” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir melalui video di kanal YouTube Muhammadiy,harah Channel di Jakarta, Minggu.

Haedar menegaskan maklumat yang disampaikan oleh pihaknya lebih awal tidak bermaksud untuk mendahului dan meninggalkan pihak tertentu dalam penentuan Idul Fitri.

“Ini hal yang lumrah terjadi setiap tahun, sebagaimana juga berbagai organisasi Islam itu mengeluarkan kalender, baik kalender hijriah yang berisi tanggal dalam hijriah yang ada irisan dengan ritual ibadah, atau mungkin juga kalender miladiyah (masehi) yang terkait dengan tanggal yang menyangkut kegiatan publik,” katanya.

Bila terdapat kesamaan dan perbedaan dalam tanggal yang ditentukan kata Haedar, hal tersebut harus bisa menjadikan kaum Muslimin menjadi toleran, tasamuh (saling menghargai), dan tanawu (saling menghormati perbedaan cara dalam hal menjalankan ibadah).

“Sehingga, pesan ini justru akan memperkuat niat kita dalam beribadah,” ucapnya.

Untuk menyelesaikan masalah perbedaan, kata Haedar, Muhammadiyah terus mendorong seluruh pihak dalam mewujudkan Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT).

Menurut dia, KHGT diharapkan tidak hanya berlaku untuk Indonesia saja, melainkan untuk umat Islam di seluruh dunia, sehingga perbedaan itu tidak terus berulang.

“Satu kalender global itu seperti juga kalender miladiyah (masehi). Sehingga, tidak lagi ada perbedaan dan tidak lagi ada kegiatan yang bersifat membuat kita ikhtilaf atau berbeda dalam penentuan,” tutur Haedar Nashir. (tri)

Continue Reading
Advertisement

Trending