Connect with us

Gayahidup

Syarat Hewan Qurban dan Tips Memilih Sesuai Syariat

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Menjelang hari raya Idul Adha, muslim yang wajib secara agama, tentu harus menyiapkan diri untuk menjalankan ibadah kurban. Namun, ibadah kurban bukan hanya sekedar menyembelih dan membagikan daging kurban pada kerabat, tetangga atau fakir miskin saja, Toppers.

Sebab, sebelum melakukan itu, kita harus terlebih dahulu memilih hewan yang baik untuk dikurbankan. Dalam Islam, memilih hewan kurban tidak boleh sembarangan. 

Kamu harus memperhatikan amalan atau syarat, dan termasuk kondisi serta kualitas hewan kurban. Lantas bagaimana sih cara memilih hewan kurban yang tepat? Simak penjelasan di bawah ini!

Syarat Hewan Qurban dalam Islam

Memilih hewan qurban memang tak bisa asal pilih. Semua memiliki ketentuan dan syarat tersendiri untuk melakukan qurban atau menyembelih hewan. Agar lebih memahaminya, berikut adalah syarat hewan qurban dalam islam:

1. Termasuk dalam Bahimatul an’am

Syarat hewan kurban yang diperbolehkan oleh syariat islam ialah bahimatul an’am (binatang ternak). Jenis-jenis hewannya adalah Dimba, kambing, unta dan sapi. Tentu tidak diperbolehkan jika hewan dalam keadaan sakit.

2. Diperoleh Secara Halal

Syarat yang kedua ialah bagaimana status kepemelikan hewan dan proses bagaimana kamu mendapatkan hewan tersebut. Intinya hewan kurban tersebut harus didapati dengan cara halal dan bukan merupakan hewan curian atau dibeli dari hasil uang haram, seperti hasil judi dan riba misalnya.

3. Sehat dan Tidak Cacat

Hewan yang sah tentu tidak luput dari kesehatannya atau tidak cacat. Karena ada 4 cacat yang menyebabkan hewan tergolong cacat dan tidak sah untuk dijadikan hewan kurban, yakni:

  • Salah satu matanya buta.
  • Hewan tersebut sakit dan jelas telah terjangkit.
  • Hewan yang pincang.
  • Hewan yang kurus hingga sumsumnya tidak terlihat.

4. Usia Sesuai Syariat

Terdapat kriteria umur hewan kurban yang harus dijadikan patokan agar ibadah kurban sah. Berikut adalah kriterianya: 

  • Unta Genap 5 tahun, masuk tahun keenam.
  • Sapi Genap 2 tahun, masuk tahun ketiga.
  • Kambing Genap 1 tahun, masuk tahun kedua.
  • Domba Genap 6 bulan, masuk bulan ketujuh.

5. Kurban dengan Urunan / Patungan

Sebenarnya ibadah kurban ini cukup mudah untuk dijalankan, namun hal ini cukup krusial karena menyangkut keadaan ekonomi masing-masing. Syarat yang terakhir adalah kurban bisa dilaksanakan secara rombongan.

Untuk melakukannya ada batas maksimal jumlah peserta dalam satu rombongan. Untuk seekor unta dalam satu rombongan maksimal 10 orang, lalu untuk seekor sapi dalam satu rombongan maksimal 7 orang, sementara kambing hanya boleh dilakukan oleh masing-masing individu atau tidak boleh rombongan.

Tips Memilih Hewan Qurban yang Tepat

Selain syarat untuk hewan yang bisa dijadikan hewan kurban, kamu juga perlu ketahui bagaimana cara yang tepat dan benar dalam memilihnya. Berikut adalah tipsnya!

  • Perhatikan Umur Hewan

Hewan kurban yang tepat adalah yang cukup usia untuk disembelih. Seperti yang sudah disebutkan tadi, untuk kambing dan domba adalah 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau 22 bulan. Ada baiknya kamu menanyakan catatan usia hewan di tempat kamu membelinya.

  • Memiliki Nafsu Makan yang Baik

Tentu hal ini sangat bergantung pada hewan yang memiliki fisik sehat karena dapat mempengaruhi kebugarannya. Pastikan calon hewan Qurban memiliki nafsu makan yang baik, lincah, mata bersinar, dan bulu tidak kusam.

  • Berasal dari Tempat yang Jelas

Ini merupakan faktor penting dari sekian banyaknya tips diatas. Ya, jika kamu sudah mempunyai kenalan untuk membeli hewan kurban yang tepat, jangan ragu lagi. Pilihlah hewan kurban yang diternak di lingkungan yang bersih dan jauh dari polusi udara, hal ini tentu saja berpengaruh pada tingkat stress yang akan dialami oleh hewan kurban.

Dan yang utama adalah membeli hewan Qurban disesuaikan dengan kemampuan serta isi dompet anda, bukan hanya gaya hidup. (utw)

Gayahidup

Lunix Luncurkan Vape Draco dengan Power yang tangguh pada Acara JIVE di Jiexpo Kemayoran

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Lunix dengan bangga mengumumkan peluncuran inovasi terbarunya dalam teknologi vaping, Lunix Draco. Dirancang untuk para vaper yang mengutamakan gaya dan performa, Lunix Draco menawarkan kekuatan hingga 30 watt dan baterai 900mAh yang tangguh, memastikan pengalaman vaping yang tiada tanding.

Lunix Draco dirancang untuk melayani berbagai preferensi vaping, mendukung cairan Freebase dan Saltnic. Keunggulan ini dipadukan dengan resistansi 0.6 ohm dan tampilan LED 0.6 yang jelas, yang menjaga pengguna tetap terinformasi dan terkontrol. Dengan fitur-fitur ini, Lunix Draco menonjol sebagai pilihan terdepan bagi vaper yang mencari keandalan dan performa unggul.

Mengerti bahwa gaya sama pentingnya dengan fungsi, Lunix memperkenalkan Draco dalam tiga warna menarik: Hitam Klasik, Biru Navy yang dalam, dan Ungu Blossom. Pilihan ini memastikan bahwa setiap vaper dapat menemukan Draco yang sesuai dengan gaya pribadi mereka.

“Kami di Lunix selalu berusaha mendengarkan dan merespon kebutuhan komunitas vaping. Dengan Draco, kami ingin menghadirkan produk yang tidak hanya kuat dari segi performa, tetapi juga nyaman dan stylish untuk digunakan sehari-hari,” kata Ellen Angerani Gunawan – Direktur Utama PT Remax Life Indonesia dengan brand dagang Lunix.

“produk vape inipun kami buat langsung di pabrik kami yang berada di kawasan semarang-Jateng, jadi barang tetap berkualitas dan harga terjangkau,” tutupnya.

Acara peluncuran Lunix Draco diselenggarakan di Jiexpo Kemayoran, di mana kami akan melakukan demonstrasi langsung dari keunggulan produk ini. Kami mengundang para media, pengulas, dan penggemar vaping untuk hadir dan menyaksikan secara langsung bagaimana Draco mengubah lanskap vaping.

Lunix Draco tersedia untuk pembelian baik secara online maupun offline. Untuk kemudahan akses, produk ini dapat dibeli secara online melalui Official Store Tokopedia. Selain itu, Draco juga tersedia di berbagai toko ritel terpilih di seluruh Indonesia.

About LUNIX

PT Remax Life Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari PT Evercoss Technology Indonesia (Group) yang telah berdiri sejak tahun 2008 di berbagai industri bisnis seperti teknologi komunikasi, aksesoris, properti, consumer, otomotif dan masih banyak lagi. Berbekal pengalaman di industri teknologi dan distribusi yang lebih dari 20 tahun.

Dan saat ini PT Remax Life Indonesia mengembangkan bisnis usaha dibidang open system e-cig (vape) yaitu Lunix sejak 2021 pertengahan. Kemudian pada tahun 2024 PT Remax Life Indonesia memberikan pilihan lain untuk e-juice (liquid) yaitu Vibe Juice. (utw)

Continue Reading

Gayahidup

Lindungi Hak Balita Indonesia

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Akta kelahiran merupakan dokumen kependudukan yang sangat penting untuk kepastian hukum. Selembar kertas yang dikeluarkan Negara ini berisi informasi mengenai identitas anak yang dilahirkan yaitu nama, tanggal lahir, nama orang tua, serta tanda tangan pejabat yang berwenang.

Tahukah kamu? Berdasarkan data pemutakhiran pendataan keluarga tahun 2023, persentase baduta dan balita memiliki akta lahir di Indonesia sebesar 79,45% dan 86,51%. Artinya tidak semua anak Indonesia memiliki akta kelahiran.

Padahal ada banyak potensi risiko yang terjadi apabila anak tidak memiliki akta kelahiran, salah satunya adalah hilanganya hak anak untuk mendapatkan pelayanan apapun, baik hak kesehatan, pendidikan, dan hak lainnya.

Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, telah mengamanatkan bahwa identitas diri setiap anak harus diberikan sejak kelahirannya dan dituangkan dalam akta kelahiran. Nyatanya hal ini memang masih menjadi tantangan bagi kita bersama, dan diperlukan kerja sama para pihak terutama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Masih penasaran dengan informasi lainnya? Yuk, simak infografisnya, dan nantikan unggahan Seri Profil Baduta & Balita berikutnya.

Lindungi hak baduta/balita dengan sukseskan 5 layanan BKB HI Unggulan di wilayahmu!. (tw)

Continue Reading

Gayahidup

Memilih Kosan yang Cozy dan Aman, Ada di Rumah Kost Pelangi Bestie Cibubur

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Cibubur, Kosan merupakan salah satu opsi tempat tinggal dengan harga terjangkau. Maka tak heran banyak mahasiswa rantau atau orang yang masih tinggal sendiri memilih kosan.

Meskipun demikian, memilih kosan tidak boleh sembarangan dan terburu-buru.

Mengingat kamu akan tinggal dalam jangka waktu yang lama, tentunya kamu ingin kosan yang nyaman dan aman, bukan? Sebab jika salah pilih maka kamu akan menyesal.

Salah satu Rumah Kost yang Cozy dan Nyaman, ada di kawasan Sejuk Cibubur yaitu di : Rumah Kost Pelangi Bestie Cibubur yang terdiri dari sekitar 37 pintu/ruang kost.

Buat para kaum milenial dan genZ serta buat pengantin baru yang syariah kami sediakan rukost rasa bintang 5* dengan fasilitas yang nyaman dan aman serta lengkap tapi ekonomis.
Insyaallah lokasi bagus masuk dari perumahan legenda wisata dan lengkap dengan fasilitas
-supermaket
-mall transmart studio
-mitra 10
-ace ware
-pom bensin
-pintu tol cibubur
-rumah makan
-mesjid
-dekat lrt
-dll

Lokasi di :
Legenda wisata,
Komplek Polri
Jl.Anton Sujarwo 3 BlokA Nagrak (dekat cibubur legenda wisata)

Share loc :
https://maps.app.goo.gl/AhKbMmMDTpsKD1QH8?g_st=iw

Contact person:
Unggul : 088223965747 dan Ibu Putri: 08111504005

Media sosial :
Ig Bestie pelangi rukost
Fb Bestie pelangi rukost
Tik tok Bestie pelagi rukost

Cara daftar :
Isi data :
Nama :
Alamat :
Copy ktp :
No hp :
Pilihan paket :
Tgl masuk : bulanan hitungnya tiap tgl 1-30 tiap penagihan tiap tgl 1-10 tiap bulan jika telat kunci akan keblok otomatis
No booking kamar :
Reff marketing :
Info dari mana :

Tranf ke :
Cimb Niaga 763258955600 a/n Sabhita Aufa Pradilla cabang cempaka putih

Bukti tranf kirim ke admin
*uang yang sudah ditranf tidak biaa kembali dengan alasan apapun atau digantikam orang lain harus lapor.

PERATURAN RUKOST
karena kami menjaga privacy dan tidak sembarang tamu masuk kec terdaftar…

Tidak diperkenankan buat suami istri yg tidak resmi ada surat nikah atau kk/nikah sirih dilarang tinggal sekamar.

HUNIAN BERKELAS, HEMAT,NYAMAN, SYARIAH DAN BERSIH

Apa saja fasilitas yang menarik dari Rumah Kost Pelangi Bestie.

Dicari penghuni kost idaman
Khusus :
Suami istri ( dobel )
Wanita only
Laki2 only

Tersedia :

Paket VIP 2juta/bulaN promo bayar 3 bulan cash back 500rb

Fasilitas :
Water heater
Tempat tidur singel
AC
Kasur
Lemari
Meja
Closet duduk
Balkon
Wifi free
Kunci digital
Kwh token listrik

Paket hemat 1.5juta/bulan

Bayar 3 bulan cash back 300rb
Fasilitas :
AC
Lemari
Meja
Tempat tidur dobel
Wifi free
Closet duduk
Kunci digital
Kwh token listrik

Paket pasutri 1.75 juta/bulan khusus lantai 1 dekat dapur dan laundry

Fasilitas umum :
Mezanin , rooftop, lobi tamu, security 24 jam
Kebersihan, kunci digital lebih private.
Parkir motor, mobil
Service IPL

Sedia :
laundry coin
Air minum galon isi ulang
Warnindo
TV movie
Antar jemput online bandara/ kerja.
Refleksi dan message online
Gym tredmil*
Salon online

Harga kamar :

VIP B1-7 wanita dan C1-7 laki2
kasur 120 x200
harga 2juta/bulan

Khusus dobel pasutri
A1-10 lantai 1 dekat dapur dan laundry coin
kasur uk 120 x 200
harga 1.75 juta /bulan

Paket hemat untuk 2 orang B8-14 wanita dan C8-14 lakir2
kasur uk 90×100 tingkat harga 1.5 juta/bulan

**Harga blm listrik dan keamanan sampah dan service. (utw)

Continue Reading
Advertisement

Trending