Connect with us

Politik

XVG Musik & Nongkrong, Konsep Mendapatkan Suara Akar Rumput dari Relawan Ganjar – Mahfud

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Relawan Ganjar Pranowo- Mahfud MD yang berasal dari profesional musisi dan artis Extravaganjar (XVG) terus bergerak dan bekerja untuk meraih suara rakyat. Salah satunya dengan menggelar XVG Nongkrong, sebuah konsep untuk meraup suara di akar rumput.

Menurut Bendahara Umum (Bendum) Relawan Extravaganjar (XVG), Jeffry Woworuntu konsep XVG Nongkrong memang sengaja dibuat untuk meraih suara akar rumput.

“XVG Nongkrong memang sengaja dibuat untuk kumpul siapa pun tanpa membeda-bedakan. Semua kumpul untuk pemenangan Ganjar-Mahfud. Jadi kita kumpul, nongkrong dan bekerja di sini untuk kemenangan Ganjar – Mahfud,” kata Jeffry Woworuntu di lokasi XVG Nongkrong di kawasan BKT Jakarta Timur, Minggu (22/10/2023).

Tambah Jeffry, ini merupakan kali pertama dan tempat pertama XVG Nongkrong diadakan. Ke depannya akan digelar XVG Nongkrong di sejumlah tempat di Jabodetabek. “Ini langkah pertama kita, selanjutnya kita akan gelar di tempat-tempat lain. Paling tidak kita bisa gelar sebulan dua kali,” kata Jeffry Woworuntu. Di XVG Nongkrong ada sejumlah hiburan musik buat masyarakat dan diskusi-diskusi yang mendengar aspirasi masyarakat.

Sementara Sekjen relawan XVG Fendy Mugni mengatakan XVG dibuat sebagai bentuk gerakan untuk mendukung kemenangan Ganjar Pranowo sebagai presiden RI periode 2024-2029. Gerakan ini bukan semata untuk dirinya atau kelompok mereka tetapi demi Indonesia yang lebih maju.

“Ini bukan tentang saya, tapi tentang kita, tentang Indonesia,” kata Fendy. Tagline “Ini bukan tentang saya, tapi tentang kita, tentang Indonesia” juga disampaikan saat pertama kelompok relawan ini dibentuk.

Menurut Fendy XVG Nongkrong tak sekadar menjadi wadah perjuangan untuk memenangkan Ganjar tetapi juga sebagai bentuk perjuangan untuk menggapai kehidupan yang lebih baik. “Untuk Indonesia yang lebih baik,” ujar Fendy.

“Kita juga dalam waktu dekat akan mengadakan kegiatan ini di tempat lain. Dan kami optimis untuk memenangkan Ganjar sebagai presiden,” kata Fendy.

Fendy menyebut Extravaganjar merupakan organisasi yang sudah lengkap dengan struktur pengurusnya. Adi Adrian sebagai Ketua Umum merupakan sosok yang bisa mewakili dan diterima semua kalangan dari ekosistem ekonomi kreatif, utamanya dari dunia musik.

Tak ketinggakan peran serta Setyabudi Ace Nurdin (Buddy Ace) yang dipercaya sebagai Ketua Bidang Humas mengatajan bahwa XVG bakal melayani wartawan dalam setiap kegiatan tersebut digelar.

“Kegiatan ini murni dari para Relawan ExtraVaGanjar. Kami hadir di sini untuk memenangkan Pak Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI 2024-2029 mendatang. Tak berhenti sampai di sini, acara serupa bakal digelar keliling di sejumlah tempat di Jakarta serta kawasan Bodetabek,” kata Buddy Ace, penuh semangat.

Saat digelar perdana ‘XVG Nongkrong’ di BKT kawasan Pondok Bambu, Jakarta Timur, nampak terlihat mendapat respon positif dari ratusan masyarakat sekitar serta yang tengah berlalu-lalang berkendaraan motor. Apalagi mereka antusias menonton panggung musik. Yang salah satunya menghadirkan John Angels & Friends Show. (tw)

Politik

KPU Dibobol Hacker, Data Pribadi 204 Juta Penduduk Indonesia Dijual Rp 1,2 Miliar

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Kasus kebocoran data pribadi kembali terjadi di Indonesia, di mana kali ini pelaku peretasan mengklaim sudah mencuri dan mendapatkan akses admin ke situs KPU (Komisi Pemilihan Umum).

Adapun informasi kebocoran data pribadi ini pertama kali diungkap oleh konsultan keamanan siber Teguh Aprianto, pada Selasa, 28 November 2023.

Lewat platform media sosial X @secgron, dirinya membagikan tangkapan layar unggahan hacker bernama Jimbo dengan caption “KPU.GO.ID 2024 Voters RAW DATABASE”.

Mengutip postingan @secgron, Rabu (29/11/2023), hacker tersebut mengklaim telah mendapatkan sekitar 252 juta data dalam postingannya di situs jual beli data curian, yakni Breachforums.

Akan tetapi, terdapat beberapa data terduplikasi dan akhirnya setelah melalui proses penyaringan hanya tersisa 204.807.203 data pribadi unik.

Dari data tersebut, Jimbo menjelaskan mendapatkan informasi lengkap mulai dari NIK, NKK, no_ktp (Passport) , Nama, tps_id, Difabel, ektp, jenis_kelamin, tanggal_lahir, tempat_lahir, kawin, alamat, rt, rw, dan banyak lagi.

Untuk seluruh data pribadi bocor tersebut, pelaku peretasan memasang harga untuk 204 juta data penduduk Indonesia bocor tersebut sekitar USD 74000 atau sekitar Rp 1,2 miliar.

Informasi kebocoran data penduduk Indonesia ini juga dikonfirmasi oleh pakar keamanan siber Pratama Persadha. Dalam keterangannya, dia mengungkap angka data yang bocor hampir sama dengan jumlah pemilih dalam DPT Tetap KPU.

“Data pribadi penduduk bocor ini hampir sama dengan jumlah pemilih dalam DPT Tetap KPU dari 514 kab/kota di Indonesia serta 128 negara perwakilan,” kata Pratama.

Tak hanya itu, Pratama menduga hacker telah mendapatkan akses login dengan role admin KPU dari domain sidalih.kpu.go.id.

“Kemungkinan pelaku bisa mendapatkan akses login doman sidalih.kpu.go.id dengan cara metode phising, social engineering, atau melalui malware,” jelasnya.

Ia menilai, jika peretas Jimbo benar-benar berhasil mendapatkan kredensial dengan role Admin tentunya sangat berbahaya pada pesta demokrasi Pemilu 2024 mendatang.

“Bisa saja akun dengan role admin tersebut dapat dipergunakan untuk mengubah hasil rekapitulasi penghitungan suara yang tentunya akan mencederai pesta demokrasi, atau bisa menimbulkan kericuhan pada skala nasional ketika Pemilu nanti,” pungkasnya.

Guna memastikan titik serangan yang dimanfaatkan oleh peretas untuk mendapatkan data pemilih yang diklaim berasal dari website KPU tersebut, masih perlu dilakukan audit serta forensik dari sistem keamanan serta server KPU.

Sampai saat ini belum ada tanggapan resmi dari KPU terkait bocornya data pemilih di forum breachforums tersebut.

“Sambil melakukan investigasi, ada baiknya tim IT KPU melakukan perubahan username dan password dari seluruh akun yang memiliki akses ke sistem KPU tersebut sehingga bisa mencegah user yang semula berhasil didapatkan oleh peretas supaya tidak dapat dipergunakan kembali,” ucap Pratama memungkaskan.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Betty Epsilon Idroos menyebut pihaknya sudah mendengar adanya dugaan pembobolan data pemilih dalam Pemilu 2024. Betty menyatakan KPU langsung berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk mengantisipasi persoalan ini.

“Sekarang lagi kita minta bantuan dari Satgas Cyber. Sekarang yang bekerja BSSN,” ujar Betty di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2023) malam.

Dia menyebut koordinasi dengan BSSN dilakukan KPU untuk memastikan apakah benar data pemilih yang ada dalam database KPU dibobol peretas. Namun dia enggan berbicara banyak soal hal ini.

“Kan dicek dulu. Dicek dulu, seperti apa datanya, bagaimana bentuknya lagi dicek. Lagi ditelusuri,” kata dia. (ut)

Continue Reading

Politik

Jaga Netralitas, Forum Alumni UI Minta Jokowi Cuti Sebagai Presiden

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Dewan Presidium Forum Alumni Universitas Indonesia (FAUI) Pande K. Trimayuni mengatakan pihaknya menduga kuat adanya dugaan intimidasi aparat desa oleh aparat penegak hukum karena mencalonkan diri sebagai Presiden Joko Widodo atau putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. pada Pilpres 2024.

Oleh karena itu, Deddy mengatakan FAUI meminta Presiden Joko Widodo selaku Kepala Pemerintahan yang anak kandungnya ikut serta dalam Pilpres 2024, mengambil cuti sementara dari jabatan Presiden RI hingga pemilu berakhir.

“Kami berharap presiden bisa menjaga netralitasnya atau jika tidak, lebih bijaksana presiden mengambil cuti,” kata Pande.

Rekan Pande, Dewan Presidium FAUI Visna Vulovik, mengatakan langkah cuti ini sangat penting untuk menjaga netralitas pejabat pemerintah di semua tingkatan dan menjaga integritas Pilpres 2024.

“Kami khawatir kepercayaan masyarakat terhadap negara akan terkikis jika pejabat pemerintah gagal bersikap netral selama proses pemilu yang sedang berlangsung,” kata Visna.

Sebelumnya, Pande menyebut keikutsertaan Gibran dalam Pilpres dapat menimbulkan risiko konflik kepentingan yang signifikan bagi presiden. Dedy pun mencontohkan konflik kepentingan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi dan ipar Presiden Jokowi, Anwar Usman yang berujung pemecatan karena pelanggaran etika.

“Kami juga sangat prihatin dengan kejadian yang terjadi belakangan ini yang melibatkan mobilitas aparat desa untuk mendukung calon tertentu. Bahkan, ada laporan aparat desa dipanggil polisi untuk dimintai keterangan, seperti yang terlihat pada kejadian baru-baru ini di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, ujarnya.

Sementara itu, Dewan Presidium FAUI Dedy Syech mengatakan, dalam dinamika politik jelang Pilpres 2024, banyak tudingan sikap sepihak di kalangan pejabat pemerintah. Dedy menduga sikap sepihak tersebut merupakan upaya untuk menguntungkan penguasa saat ini dan berasal dari arahan di balik layar dari pimpinan Pemerintah.

Bulan November mengingatkan kita pada peristiwa Semanggi I tahun 1998. Setidaknya 17 anak bangsa tercatat menjadi korban yang kehilangan nyawa dalam peristiwa itu. Semua demi tegaknya demokrasi di Indonesia. Jangan sampai kita melupakan sejarah. Bangsa yang lupa sejarahnya akan terpaksa mengulang sejarah yang sama lagi,” kata Dedy Selasa, 28 November 2023. (tw)

Continue Reading

Politik

Deklarasi Kampanye Pemilu Damai, Tertib dan Taat Hukum

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden resmi menandatangani Deklarasi Kampanye Damai, Tertib, dan Taat Hukum Peserta Pemilu Tahun 2024 di Jakarta, Senin (27/11).

Selain capres dan cawapres, para perwakilan partai politik Pemilu 2024 ikut membacakan poin-poin deklarasi tersebut dengan dipimpin Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Alhabsy.

“Kami peserta Pemilu 2024 mendeklarasikan diri berkomitmen untuk satu, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, menghormati keberagaman, serta mewujudkan suasana aman, tertib, dan damai selama penyelenggaraan pemilu,” kata Habib Aboe.

Habib juga berkomitmen untuk melaksanakan kampanye pemilu, dengan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku, antara lain dan tidak melibatkan pihak yang dilarang selama masa kampanye pemilu. (tw)

Continue Reading
Advertisement

Trending