Connect with us

Olahraga

PSSI Gunakan Standar Politik untuk JIS, Lebih Baik Undang Langsung FIFA

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Menurut standar POLITIK PSSI JIS Belum Layak.
Namun bila acuannya standar FIFA maka JIS melampaui dari standar FIFA.

PSSI mengatakan JIS belum bisa dilaksanakan Pertandingan Internasional. Kalau menggunakan Standar POLITIK PSSI maka JIS memang belum layak Karena dibangun diera Anies Baswedan.

Namun bila menggunakan standar FIFA maka JIS melampaui dari standar FIFA. Sejak Awal JIS dibangun selalu mengikuti buku petunjuk FIFA, menggunakan konsultan Buro Happhold yang membangun stadion – stadion internasional di Eropa maupun di Qatar.

Sejak awal pembangunan JIS, assesor dari FIFA dilibatkan.

JIS adalah mahakarya anak bangsa yang seluruh tenaga kerjanya adalah tenaga kerja lokal.

Yang perlu dipertanyakan adalah standar PSSI, apakah PSSI punya standar dalam pendidikan sepakbola Indonesia, apakah PSSI punya standar dalam mengerakan roda kompetisi dari mulai usia dini sampai dengan usia 17, U 18 dsbnya. Termasuk kompetisi Liga yang seringkali aturannya berubah – Ubah.

PSSI adalah lembaga sepakbola Indonesia yang otak para pengurusnya bukan mengembangkan sepakbola, tapi untuk mencapai target politik individunya.

Sampai hari ini PSSI karena tak punya standar. Selain standar politik kepentingan manusia didalamnya, maka PSSI tidak pernah berlaga di ajang Piala Dunia maupun Olimpiade. Berbeda dengan Jepang dan Korsel juga Arab Saudi. Yang dulunya kita mampu bersaing dengan mereka namun sekarang jauh meninggalkan Indonesia.

Silahkan Erick Thohir mau menjadi Capres atau Cawapres dengan menggunakan PSSI sebagai ajang kepentingan pribadinya. Tapi jangan membuat drama dungu mengatakan JIS hanya terdapat satu pintu yang faktanya ada 4 pintu masuk kawasan dan ada 127 pintu memasuki tribun ataupun keluar dari tribun.

Pernyataan renovasi JIS adalah salah satu cara agar ada tangan lain dan sekaligus imenghapus nama Anies Baswedan dari stadion yang menjadi mahakarya anak bangsa Indonesia yang ribuan tenaga kerjanya bukan impor melainkan tenaga kerja lokal.

Tujuan mengatakan renovasi JIS adalah cara untuk menghilangkan nama Anies Baswedan dari persepsi publik sebagai pembangunnya, berganti menjadi sang RENOVATOR JIS yaitu ERICK THOHIR.

Lebih baik PSSI segera undang FIFA untuk menilai langsung JIS agar rakyat bisa menilainya.

Jagad twitter sedang ramai oleh pemberitaan beberapa media yang menulis bahwa “Konsultan Desain Buro Happold (BH) Sebut Pembangunan JIS Tak Sesuai Panduan”. Itu terlalu lebay.

Dalam berita yang beredar, BH hanya mengatakan bahwa “BH tidak diminta untuk mendesain stadion JIS dan juga tidak terlibat dalam pekerjaan konstruksi apa pun yang dilakukan kemudian hari, Hanya itu. Dan pernyataan teraebut benar adanya karena yang merancang JIS adalah Jakarta Konsultindo (Jakkon) dan kontraktornya konsorsium 3 perusahaan BUMN, yakni PT. Wika, PT. Jakon & PT. PP.

Namun dalam penyampaian beritanya pernyataan dari BH tersebut oleh beberapa media dikaitkan dengan permasalahan JIS yang sedang ramai diperbincangkan belakangan ini, yakni mulai dari akses yg sulit karena tak bisa dimasuki bus pemain hingga kondisi rumput yang dinilai tak sesuai standar FIFA. Padahal BH tak menyinggung soal itu. Tapi pemberitaan yang dibuat sengaja dicocokkan dengan pernyataan 3 menteri yang kemarin ramai-ramai ke JIS & menyebutkan bahwa JIS tak sesuai standar FIFA.

Terkait dengan pembangunan JIS, BH itu tugasnya membuat guidline atau pedoman rancang bangun stadion JIS berstandar FIFA yang akan dijadikan acuan oleh para tenaga ahli Jakkon dalam mendesign JIS. Selain itu, BH juga memberikan layanan jasa konsultansi nasehat selama pembuatan rancangan JIS, dari Desember 2018 hingga Maret 2019.

Mengacu pada tugas BH tersebut, maka berita tentang surat yangg dikirim oleh BH ke Jakkon isinya menyatakan bhw “ada beberapa bagian dari design JIS yang tak sesuai dengan panduan BH” tentu surat teraebut dikirim saat rancang bangun JIS masih dalam proses (belum final). Surat tersebut merupakan surat pemberitahuan mengenai hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki dalam design JIS yang sudah diasistensikan sebelumnya oleh Jakkon ke BH. Jadi surat dari BH ke Jakkon tentang beberapa bagian dari design yang tak sesuai dengan panduan BH itu bkn dikirim baru-baruini (setelah nama BH viral disebut oleh netizen Konoha).

Oleh sebab itu dari aspek rancang bangun, design JIS yang sudah selesai 100% (final) dibuat oleh Jakkon suda mengikuti panduan yang telah dibuat oleh BH. Bila belum ada persetujuan desig JIS dari BH, tentu Pemprov DKI tidak akan berani mencairkan pembayaran 100% kepada Jakkon & belum bisa melaksanakan pembangunan JIS.

Tapi apakah selama proses pembangunan JIS hingga selesai 100% hasilnya sudah sesuai dengan panduan yang diberikan oleh BH? Untuk membuktikan hal tersebut, maka seharusnya PSSI minta ke FIFA utk segera melakukan verifikasi, bukan membawa rombongan sirkus yang tidak berkompeten untuk menilai apakah JIS sudah sesuai standar FIFA atau belum. Bukan pula mengerahkan media-media untuk memelintir klarifikasi dari BH dalam rangka mendukung pernyataan 3 menteri bahwa JIS tak sesuai dgn standar FIFA. (ut)

https://www.instagram.com/reel/CuLuIhqpfcQ/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=787556219493331&id=100047168795697&mibextid=Nif5oz

Olahraga

Garuda Calling!

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, PSSI resmi mengumumkan daftar 22 pemain Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong yang dipersiapkan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menghadapi 🇮🇶 Iraq (06/06) dan 🇵🇭 Filipina (11/06)

KIPER:
22th GK – Ernando Ari Sutaryadi – Persebaya
23th GK – Adi Satrio – PSIS Semarang

BEK:
30th CB – Jordi Amat – Johor Darul Ta’zim 🇲🇾
22th CB – Rizki Ridho – Persija
21th CB – Muhammad Ferrari – Persija
20th CB – Justin Hubner – Cerezo Osaka 🇯🇵
23th CB – Jay Idzes – Venezia FC 🇮🇹
23th RB – Asnawi Mangkualam – Port FC 🇹🇭
27th RB – Sandy Walsh – KV Mechelen 🇧🇪
26th RB – Yance Sayuri – PSM Makassar
22th LB – Pratama Arhan – Suwon FC 🇰🇷
21th LB – Nathan Tjoe A On – SC Heerenveen 🇳🇱
25th LB – Shayne Pattynama – KAS Eupen 🇧🇪

GELANDANG:
20th MF – Ivar Jenner – FC Utrecht 🇳🇱
25th MF – Ricky Kambuaya – Dewa United
19th MF – Marselino Ferdinand – KMSK Deinze 🇧🇪
28th MF – Thom Haye – SC Heerenveen 🇳🇱
23th MF – Egy Maulana Vikri – Dewa United
26th MF – Yakob Sayuri – PSM Makassar

STRIKER:
25th FW – Dimas Drajad – Persikabo 1973
25th FW – Ragnar Oratmangoen – Fortuna Sittard 🇳🇱
20th FW – Rafael Struick – ADO Den Haag 🇳🇱

Coach: 🇰🇷 Shin Tae-yong

() Witan Sulaeman akumulasi kartu kuning untuk hadapi Iraq, tapi tim pelatih sepertinya tidak akan menurunkannya untuk dua pertandingan. () Tanpa Elkan Baggott, CB Indonesia memang harus ada yang tersisih
(*) Shin Tae-yong hanya memanggil 22 pemain (2 kiper), ada potensi tambahan pemain yaitu pemain-pemain yang proses naturalisasinya sedang dikejar, seperti Maarten Paes, dan Calvin Verdonk.

Witan Sulaeman absen bermain dengan timnas Indonesia bulan Juni nanti, karena akan melaksanakan ibadah Haji 🕋, Good young player ..

Jadwal Pertandingan:

(06/06) 🇮🇩🇮🇶 – Indonesia vs Iraq (RCTI)
(11/06) 🇮🇩🇵🇭 – Indonesia vs Filipina (Indosiar)

PIALA DUNIA 2026, PELUANG INDONESIA BERSAMA STY

Jika STY bisa loloskan Indonesia ke piala dunia 2026 maka STY akan jadi legenda sepakbola bola Asia Tenggara. Karena dia akan jadi pelatih pertama yang bisa loloskan salah satu negara dari Asia Tenggara.

Peluang Indonesia untuk lolos piala dunia 2026 sangat terbuka lebar. Format sudah berubah, bukan lagi dengan 32 negara tapi 48 negara. Dan jatah Asia sebanyak sembilan. Delapan lolos langsung dan satu ikut play off.

Dan hal ini sudah di umumkan saat pagelaran piala dunia 2018 jika format 32 negara terakhir dipakai tahun 2022. Dan hal ini ini dipahami betul STY, makanya dia mau melatih timnas Indonesia. Dia ingin buat sejarah dan “balas dendam ” ke orang yang menghinanya.

Ada lima ronde yang harus dilakukan di benua Asia.

Ronde 1: Ronde ini sudah di lewati oleh Indonesia

Ronde 2 : Sedang dijalani oleh Indonesia. Tapi besar kemungkinan Indonesia akan lolos. Karena cukup menang satu kali saja bakal lolos (harus menang lawan Filipina) atau draw dua kali (Filipina dan Irak)

Ronde 3 : ini diisi oleh 18 negara (juara dan runner up di ronde 2) dibagi dalam 3 grup. Masing-masing grup ada 6 negara. Dari tiap grup 2 lolos langsung (juara dan runner up)

Ronde 4: juara 3 dan 4 di ronde 3 akan di bagi dalam dua grup, dengan Masing-masing grup diisi 3 negara, dan hanya main sekali di negara netral (tidak pakai sistim home and away). Juara tiap grup akan lolos langsung piala dunia.

Ronde 5: mempertemukan runner-up dari ronde ke 4, sistem home away . Nanti yang menang masih harus play off dgn konfederasi lain bukan langsung lolos. dan utk piala dunia 2026 jatah Asia itu 8 bukan 9 artinya yg sdh positif itu 8 negara plus 1 menjalani babak play off

Kemungkinan Indonesia bisa lolos? Coba lihat negara yang punya sejarah sering ikut piala dunia, ada Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, Irak, dan Iran . Artinya ada 4 slot yang tersisa.

Dengan melihat performa timnas sekarang, kemungkinan lolos piala dunia itu ada. Itu salah satu yang buat STY mau melatih Indonesia. Dia sudah riset pemain yang bisa di naturalisasi. (tw)

Continue Reading

Olahraga

SU GBK Dipakai Konser, JIS Jadi Venue Laga Timnas Senior Indonesia Vs Iraq Dikualifikasi Pildun 2026

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dipakai konser, Jakarta International Stadium (JIS) menjadi venue laga Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia? Pencinta sepakbola Tanah Air banyak yang khawatir rumput SUGBK tak memadai saat menjamu Irak, layaknya saat skuad Garuda kedatangan Vietnam pada Kamis, 21 Maret 2024.

Saat itu, rumput SUGBK terlihat tidak rata karena beberapa kali digunakan kegiatan kampanye pada Februari 2024. Sementara bulan ini atau tepatnya Sabtu 18 Mei 2024, SUGBK akan digunakan sebagai konser boy band asal Korea Selatan, NCT Dream.

Rumput SUGBK sejatinya sudah coba diamankan pengelola. Namun, kekhawatiran pencinta sepakbola Tanah Air itu tetap ada.

Karena itu, pengamat sepakbola Tanah Air, Hadi Gunawan, mencoba memberikan alternatif venue untuk laga Timnas Indonesia vs Irak yang digelar pada Kamis, 6 Juni 2024 pukul 19.30 WIB.

Bung Ahay -sapaan akrab Hadi Gunawan- berharap laga Timnas Indonesia vs Irak digelar di JIS. Ia menilai JIS layak dijadikan venue demi memberikan tekanan kepada para pemain Irak.

Jika bermain di SUGBK, Ali Jasim dan kawan-kawan masih mendapatkan jarak antara lapangan dengan tribun, mengingat adanya trek lari di stadion tersebut. Namun, jika laga digelar JIS, jarak antara lapangan dengan tribun hanya sekira delapan meter saja.

“Kalau mau “neror” Irak dengan keriuhan suara suporter tanggal 6 Juni nanti, gunakan JIS. Bayangkan dengan jarak tribun penonton dengan garis lapangan yang Cuma 8 meter tentu akan menimbulkan “kengerian” tersendiri bagi para pemain Irak,” tulis Bung Ahay di akun X-nya, @HadiGunawan1306 di jakarta, (15/5/2024).

Menarik menanti stadion mana yang akhirnya dipilih PSSI. Jika melihat kondisi sekarang, SUGBK condong masih dipilih PSSI. (ut)

Continue Reading

Olahraga

Mimpi Pesepakbola Indonesia Bisa Berkiprah di Serie A Italia

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Italia, Mimpi pesepakbola Indonesia berkiprah di Serie A Italia terbuka lebar! Como 1907, klub yang dimiliki konglomerat Indonesia Michael dan Robert Hartono, baru saja promosi ke kasta teratas Liga Italia setelah penantian panjang selama 21 tahun.

Kesuksesan Como 1907 ini membuka peluang emas bagi pemain-pemain muda Indonesia untuk menunjukkan bakat mereka di pentas sepak bola paling bergengsi di dunia.

Namun, perlu diingat bahwa Serie A memiliki aturan ketat terkait pemain asing. Klub Serie A hanya boleh mendaftarkan tiga pemain non-Uni Eropa. Saat ini, Como 1907 sudah memiliki dua pemain non-Uni Eropa, yaitu Adrian Semper (Kroasia) dan Jean Pierre-Nsame (Kamerun). Satu slot tersisa menjadi incaran para pesepakbola muda Indonesia.

Salah satu kandidat kuat adalah Thom Haye, gelandang tangguh SC Heerenveen. Kabar ketertarikan Como 1907 terhadap Thom Haye sudah merebak sejak bursa transfer musim dingin 2024.

Selain Thom Haye, Jay Idzes, bek muda berbakat Venezia FC, juga bisa menjadi opsi menarik bagi Como 1907.

Kemampuan dan pengalaman Jay Idzes di Serie B Italia tentu menjadi nilai tambah bagi Como 1907 yang baru saja promosi.

Namun, Como 1907 tidak hanya mencari nama-nama besar. Mereka juga membuka pintu bagi para pemain muda potensial Indonesia yang ingin meniti karir di Eropa.

Syarat utama bagi pemain Indonesia untuk bergabung dengan Como 1907 adalah memiliki kualitas mumpuni.

Como 1907 siap memberikan kesempatan bagi para talenta muda Indonesia untuk menunjukkan kemampuan mereka di Serie A.

Promosi Como 1907 ke Serie A bagaikan mimpi yang menjadi kenyataan bagi para pecinta sepak bola Indonesia. Kini, harapan untuk melihat Garuda Muda berlaga di Serie A semakin terbuka lebar.

Djarum Group 🇮🇩 sukses bawa Como FC promosi ke Serie A, Kurniawan Dwi Yulianto 🇮🇩 akan menjadi orang Indonesia pertama yang menjadi asisten pelatih klub Serie A 🇮🇹🦅⚽

RESMI: Como 1907 promosi ke Serie A musim depan usai finish di posisi ke-2 Serie B. Como FC akan kembali bermain di Serie A untuk pertama kalinya sejak 2002/03.

Como FC dimiliki salah satu grup kepemilikan terkaya di sepak bola Italia 🇮🇹, Bos Djarum Group, Hartono Bersaudara asal Indonesia 🇮🇩, serta Thierry Henry 🇫🇷 & Cesc Fàbregas 🇪🇸 sebagai pemilik saham minoritas. Orang terkaya di Indonesia Hartono bersaudara melalui PT Djarum adalah pemilik Como FC, yang mempunyai misi mengembangkan sepakbola indonesia secara jangka panjang

Dennise Wise 🏴󠁧󠁢󠁥󠁮󠁧󠁿 legenda Chelsea diplot sebagai Presiden Klub, beliau sering mondar mandir Indonesia untuk memberikan Coaching kepada para pemain muda indonesia melalui Program Garuda Select yang digelar di Inggris 🇬🇧 dan Italia 🇮🇹, dan sempat menjadi sosok yang membantu Bima Sakti dalam meramu timnas U-17 Indonesia dalam mempersiapkan Piala Dunia FIFA U17 2023. Program Garuda Select disponsori Mola TV yang juga merupakan anak perusahaan Djarum Group dan bergerak di bidang entertainment terutama streaming sepak bola, Djarum Group juga merupakan pemegang saham terbesar di Como FC sejak klub itu hampir bangkrut tahun 2020 dan masih berada di Serie D (liga kasta keempat di Italia) dan Djarum Group menyelematkan klub tersebut.

Kurniawan Dwi Yulianto mantan pemain Timnas Indonesia, berhasil membawa Como 1907 cetak sejarah promosi ke Serie A kasta tertinggi liga Italia. Kurniawan Dwi Yulianto merupakan sosok yang membantu kesuksesan Como 1907 di musim ini dan berpeluang mendapatkan tiket promosi langsung ke Serie A musim depan, beliau berperan sebagai asisten pelatih di Como FC.

Como FC dirumorkan untuk merekrut pemain Timnas Indonesia di Serie A nanti, 2 nama paling kuat adalah Jay Idzes (Venezia FC 🇮🇹) dimana Venezia FC masih berjuang untuk lolos ke Serie A lewat play off. Yang kedua adalah Thom Haye yang saat ini memperkuat (SC Heerenveen 🇳🇱), klub Eredivisie dan berposisi sebagai gelandang.

Como FC dan Serie A rasa Indonesia 🇮🇩 🇮🇹🍕.(tw)

Continue Reading
Advertisement

Trending