Connect with us

Internasional

Raja Belanda Minta Maaf atas Perbudakan yang Dilakukan Negaranya pada Masa Kolonial

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Raja Belanda Willem-Alexander pada Sabtu meminta maaf atas keterlibatan negaranya dalam perbudakan pada masa lampau yang dampaknya masih terasa hingga sekarang.

Permintaan maaf tersebut disampaikan Raja dalam upacara peringatan 160 tahun penghapusan secara legal perbudakan di Belanda, termasuk di negara-negara bekas jajahannya di Karibia.

“Pada hari ini saat kita mengenang sejarah perbudakan Belanda, saya memohon maaf atas kejahatan terhadap kemanusiaan ini,” kata sang raja.

Pada 2020, Willem-Alexander juga telah meminta maaf kepada Indonesia atas “kekerasan berlebihan” selama penguasaan kolonial Belanda.

Lalu, apakah pihak kerajaan Belanda juga akan menanggung secara material dan imaterial atas kejadian di indonesia juga? (ut)

Internasional

IMF: Indonesia Peringkat Pertama Tingkat Pengangguran Tertinggi di ASEAN

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Dana Moneter Internasional (IMF) menempatkan tingkat pengangguran di Indonesia sebagai yang tertinggi di antara enam negara anggota ASEAN lainnya yang masuk dalam daftar pada April 2024. Persentase pengangguran di Tanah Air mencapai 5,2 persen atau berbeda 0,1 persen di atas Filipina.

Setelah Indonesia dan Filipina, ada Brunei Darussalam yang mencatatkan tingkat pengangguran sebesar 4,9 persen. Kemudian, disusul oleh Malaysia sebesar 3,5 persen, Vietnam sebesar 2,1 persen, dan Singapura sebesar 1,9 persen.

Sementara Thailand berada di posisi ketujuh sebagai negara di Asia Tenggara yang memiliki tingkat pengangguran terendah. Menurut data IMF, persentase pengangguran di Thailand sebesar 1,1 persen pada April 2024.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) pernah mencatat tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia pada Februari 2024 sebesar 4,82 persen atau turun 0,63 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Hal itu menunjukkan bahwa dari 100 orang angkatan kerja, terdapat sekitar lima orang yang menganggur.

“Dibandingkan Februari 2023, penurunan TPT terjadi di hampir semua tingkat pendidikan dengan penurunan terbesar pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP), yaitu sebesar 1,13 persen. Sementara lulusan sarjana terapan (D4), sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3) mengalami kenaikan TPT sebesar 0,11 persen,” seperti dikutip dari Berita Resmi Statistik BPS Nomor 36/05/Th. XXVII tertanggal 6 Mei 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan terdapat 214 juta penduduk usia kerja per Februari 2024. Jumlah itu meningkat sebanyak 2,41 juta orang dibandingkan dengan periode yang sama pada 2023. Dari penduduk usia kerja itu dibagi menjadi dua kelompok, yaitu angkatan kerja dan bukan angkatan kerja (BAK).

“Jumlah angkatan kerja mencapai 149,38 juta orang atau bertambah 2,76 juta orang, yang kira-kira tumbuh 1,88 persen. Sementara kelompok bukan angkatan kerja mencapai 64,62 juta orang atau lebih rendah sekitar 0,35 juta orang, yang kira-kira turun sebesar 0,54 persen,” kata Amalia dalam konferensi pers yang ditayangkan di kanal YouTube BPS, Senin, 6 Mei 2024.

Dia menjelaskan dari total angkatan kerja tersebut, tidak semuanya terserap di pasar kerja. BPS melaporkan ada 142,18 juta orang yang bekerja atau bertambah 3,55 juta orang (naik 2,56 persen) dibandingkan pada Februari 2023.

“Sehingga terdapat pengangguran sebanyak 7,2 juta orang dibandingkan tahun lalu. Pada Februari 2024, jumlah pengangguran berkurang sebanyak 0,79 juta orang atau turun sebesar 9,89 persen,” ucap Amalia. (utw)

Continue Reading

Internasional

Palestina Tolak Penguasaan Gaza oleh Pihak Asing

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Palestina, Kepresidenan Palestina, dalam menanggapi seruan Israel, menyatakan pihaknya menolak jika Gaza ditempatkan di bawah penguasaan pihak internasional.

“Tidak ada legitimasi bagi kehadiran asing di Wilayah Palestina… hanya rakyat Palestina yang dapat memutuskan siapa yang memerintah dan mengatur urusan mereka,” kata juru bicara kepresidenan, Nabil Abu Rudeineh, seperti dilaporkan Anadolu, Senin (1/7/2024).

Sebelumnya, Otoritas Penyiaran Israel mengutip seorang pejabat keamanan yang mengatakan bahwa tentara Israel akan tetap berada di Jalur Gaza sampai ada pasukan internasional yang menggantikan mereka. (tw)

Continue Reading

Internasional

Puncak Haji, Jamaah Wukuf di Arafah

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Mekkah, Jamaah haji dari seluruh dunia termasuk jamaah Indonesia melaksanakan prosesi wukuf di Arafah pada 9 Zulhijah 2024 atau Sabtu (15/6).

Waktu wukuf di Arafah dimulai setelah tergelincirnya matahari (waktu Zuhur) pada hari Arafah. Para jemaah memanfaatkan prosesi puncak ibadah haji ini dengan memperbanyak zikir diselingi doa-doa.

Sekitar pukul 19.00 waktu Arab Saudi, jamaah haji mulai diberangkatkan dari Arafah ke Muzdalifah. Masa puncak haji dimulai dari 14 Juni 2024 (8 Zulhijah 1445 H) hingga 19 Juni 2024 (13 Zulhijah 1445 H).

Ruginya orang yang menyia-nyiakan waktu di hari Arafah.

Kalau malam Lailatul Qadar kita tidak tahu pastinya, sedangkan hari Arafah kita sudah mengetahui kapan harinya.

Kalau malam Lailatul Qadar Para Malaikat yg turun, sedangkan hari Arafah Allah langsung yg datang.

Hari Arafah hari dimana do’a tidak akan tertolak,karena sebaik-baik berdoa adalah dihari Arafah.

Maka dari itu perbanyak beribadah.
Malam amalkan zikir,lanjut setelah sholat subuh baca surah Al-Ikhlas 1000 kali kalau bisa sebelum Asar sudah selesai.

Dan setelah Asar inilah perbanyak doa kepada Allah apa yg kamu minta selama ini,insya allah qabul. (ut)

Continue Reading
Advertisement

Trending