Connect with us

Olahraga

Apakah Teori Pesimis itu Benar Adanya?

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Indonesia membuka peluang setelah kalahkan Australia dengan skor 1-0. Satu kemenangan lagi menghadapi tim kuat lainnya, 🇯🇴 Jordan (21/04).

Pertandingan pertama di grup, Indonesia dicurangi tuan rumah Qatar yang akhirnya membuat pesimis untuk pertandingan kedepannya, namun Indonesia membuat sejarah dengan mengalahkan Australia dan di pertandingan terakhir di grup melawan Yordania dengan minimal hasil seri.

Semoga kita keluar dari Grup ini dengan rasa bangga! Lolos ke babak selanjutnya.

🇮🇩 Indonesia’s victory over Australia U23 at the AFC U23 Asian Cup 2024 is a historic match for Indonesia football in AFC U23 Asian Cup.

✅ Indonesia’s First win
⚽️ Indonesia’s First goal
🧤 Indonesia’s first match clean sheet

This victory helped Indonesia get closer to a ticket to the quarterfinals !

ERNANDOOOO
Kiper Timnas U-23, Ernando Ari, kembali membuktikan kualitasnya dalam menepis tendangan penalti

Ini bukan suatu kebetulan, karena sudah sering dilakukannya.. Ernando berhasil menepis penalti Australia 2x yaitu di Piala Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 dan di laga tadi

Selain itu, Ernando juga berhasil menepis penalti saat melawan Vietnam dan Malaysia

Satu kata untuk penampilan Ernando? Ditunggu aksinya lagi melawan Yordania.

Timnas Indonesia u23 hanya butuh hasil imbang saat melawan jordanina u23 untuk bisa lolos ke 8 besar Piala Asia U23 🇮🇩.

Komang Teguh Trisnanda, bek tangguh Garuda Muda, menjalani drama penuh warna di laga kontra Australia U-23 di Piala Asia U-23 2024.

Di menit-menit krusial, Komang melakukan handball yang berujung penalti untuk Australia. Jantung para suporter serasa berhenti berdetak. Namun, Ernando Ari, sang kiper Garuda Muda, tampil gemilang dan berhasil menepis tendangan penalti Mohamed Toure.

Kegagalan penalti itu seakan menjadi titik balik bagi Garuda Muda. Semangat mereka membara, dan Komang pun tak ingin tertinggal. Di menit ke-45, dia menebus kesalahannya dengan gol sundulan indah memanfaatkan tendangan voli Nathan Tjoe-A-On.

Gol ini membawa Garuda Muda memimpin dan menjadi penentu kemenangan 1-0 atas Australia. Kemenangan ini membawa Garuda Muda naik ke puncak klasemen Grup A dan membuka peluang lolos ke perempatfinal.

Komang, sang bek tengah yang aktif mencetak gol, menunjukkan kepiawaiannya dalam memanfaatkan situasi bola mati. Tak hanya di laga ini, dia juga mencetak gol sundulan di SEA Games 2023 dan satu gol di Liga 1 2023/2024, semua dari situasi sepak pojok.

Kisah Komang tak berhenti di situ. Perjalanan sepak bolanya dimulai dari Bali, menempa bakat di berbagai SSB hingga masuk SKO Ragunan. Pada tahun 2018, dia lolos seleksi Timnas Indonesia U-16 dan sejak saat itu selalu menjadi pilihan utama di setiap tim nasional yang diikutinya.

Prestasinya pun gemilang, di antaranya juara Piala AFF U-16 2018 dan medali emas SEA Games 2023. Kini, dia membela Borneo FC dan telah berkontribusi 1 gol dari 20 penampilannya.

Drama heroik Komang Teguh di laga kontra Australia menjadi bukti kegigihan dan mental baja seorang pemain sepak bola. Dari handball yang berpotensi merugikan tim, dia bangkit dan menjadi pahlawan dengan gol kemenangan.

Kisah Komang adalah inspirasi bagi para pemuda Indonesia, bahwa keteguhan hati dan kerja keras dapat mengantarkan mereka mencapai mimpi besar. Mari kita doakan agar Komang dan Garuda Muda terus melaju dan mengukir prestasi di ajang internasional!

Semangat Garuda Muda!

Peluang Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke babak delapan besar Piala Asia U-23 2024 masih terbuka. Syaratnya, tim berjulukan Garuda Muda itu dapat bangkit dari kekalahan kontra Timnas Qatar U-23.

Timnas Indonesia U-23 memulai perjuangannya di Grup A Piala Asia U-23 dengan takluk 0-2 dari Qatar U-23 di Jassim Bin Hamad Stadium, Al Rayyan, pada Senin (15/4/2024).

Tim berjulukan Garuda Muda itu harus bermain dengan sembilan orang ketika keok dari Qatar U-23 setelah Ivar Jenner dikartu merah pada menit ke-46 dan Ramadhan Sananta diusir pada menit ke-90+6.

Hasil negatif dari Qatar U-23 membuat Timnas Indonesia U-23 menjadi juru kunci Grup A Piala Asia U-23. Garuda Muda masih nihil poin dari satu pertandingan.

Lalu Timnas Indonesia U-23 berhasil meredam Timnas Australia U-23 dalam laga kedua Grup A Piala Asia U-23 dengan skor 1-0 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, pada Kamis (18/4/2024), dan pada akhirnya membuka asa untuk lolos dari grup.

“Tentunya persiapan lebih baik lagi. Kami akan bekerja keras lagi dan tidak akan menyerah sampai di sini,” ujar pemain yang juga berlabel sebagai kapten Timnas Indonesia U-23 itu. (tw)

Olahraga

Garuda Calling!

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, PSSI resmi mengumumkan daftar 22 pemain Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong yang dipersiapkan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menghadapi 🇮🇶 Iraq (06/06) dan 🇵🇭 Filipina (11/06)

KIPER:
22th GK – Ernando Ari Sutaryadi – Persebaya
23th GK – Adi Satrio – PSIS Semarang

BEK:
30th CB – Jordi Amat – Johor Darul Ta’zim 🇲🇾
22th CB – Rizki Ridho – Persija
21th CB – Muhammad Ferrari – Persija
20th CB – Justin Hubner – Cerezo Osaka 🇯🇵
23th CB – Jay Idzes – Venezia FC 🇮🇹
23th RB – Asnawi Mangkualam – Port FC 🇹🇭
27th RB – Sandy Walsh – KV Mechelen 🇧🇪
26th RB – Yance Sayuri – PSM Makassar
22th LB – Pratama Arhan – Suwon FC 🇰🇷
21th LB – Nathan Tjoe A On – SC Heerenveen 🇳🇱
25th LB – Shayne Pattynama – KAS Eupen 🇧🇪

GELANDANG:
20th MF – Ivar Jenner – FC Utrecht 🇳🇱
25th MF – Ricky Kambuaya – Dewa United
19th MF – Marselino Ferdinand – KMSK Deinze 🇧🇪
28th MF – Thom Haye – SC Heerenveen 🇳🇱
23th MF – Egy Maulana Vikri – Dewa United
26th MF – Yakob Sayuri – PSM Makassar

STRIKER:
25th FW – Dimas Drajad – Persikabo 1973
25th FW – Ragnar Oratmangoen – Fortuna Sittard 🇳🇱
20th FW – Rafael Struick – ADO Den Haag 🇳🇱

Coach: 🇰🇷 Shin Tae-yong

() Witan Sulaeman akumulasi kartu kuning untuk hadapi Iraq, tapi tim pelatih sepertinya tidak akan menurunkannya untuk dua pertandingan. () Tanpa Elkan Baggott, CB Indonesia memang harus ada yang tersisih
(*) Shin Tae-yong hanya memanggil 22 pemain (2 kiper), ada potensi tambahan pemain yaitu pemain-pemain yang proses naturalisasinya sedang dikejar, seperti Maarten Paes, dan Calvin Verdonk.

Witan Sulaeman absen bermain dengan timnas Indonesia bulan Juni nanti, karena akan melaksanakan ibadah Haji 🕋, Good young player ..

Jadwal Pertandingan:

(06/06) 🇮🇩🇮🇶 – Indonesia vs Iraq (RCTI)
(11/06) 🇮🇩🇵🇭 – Indonesia vs Filipina (Indosiar)

PIALA DUNIA 2026, PELUANG INDONESIA BERSAMA STY

Jika STY bisa loloskan Indonesia ke piala dunia 2026 maka STY akan jadi legenda sepakbola bola Asia Tenggara. Karena dia akan jadi pelatih pertama yang bisa loloskan salah satu negara dari Asia Tenggara.

Peluang Indonesia untuk lolos piala dunia 2026 sangat terbuka lebar. Format sudah berubah, bukan lagi dengan 32 negara tapi 48 negara. Dan jatah Asia sebanyak sembilan. Delapan lolos langsung dan satu ikut play off.

Dan hal ini sudah di umumkan saat pagelaran piala dunia 2018 jika format 32 negara terakhir dipakai tahun 2022. Dan hal ini ini dipahami betul STY, makanya dia mau melatih timnas Indonesia. Dia ingin buat sejarah dan “balas dendam ” ke orang yang menghinanya.

Ada lima ronde yang harus dilakukan di benua Asia.

Ronde 1: Ronde ini sudah di lewati oleh Indonesia

Ronde 2 : Sedang dijalani oleh Indonesia. Tapi besar kemungkinan Indonesia akan lolos. Karena cukup menang satu kali saja bakal lolos (harus menang lawan Filipina) atau draw dua kali (Filipina dan Irak)

Ronde 3 : ini diisi oleh 18 negara (juara dan runner up di ronde 2) dibagi dalam 3 grup. Masing-masing grup ada 6 negara. Dari tiap grup 2 lolos langsung (juara dan runner up)

Ronde 4: juara 3 dan 4 di ronde 3 akan di bagi dalam dua grup, dengan Masing-masing grup diisi 3 negara, dan hanya main sekali di negara netral (tidak pakai sistim home and away). Juara tiap grup akan lolos langsung piala dunia.

Ronde 5: mempertemukan runner-up dari ronde ke 4, sistem home away . Nanti yang menang masih harus play off dgn konfederasi lain bukan langsung lolos. dan utk piala dunia 2026 jatah Asia itu 8 bukan 9 artinya yg sdh positif itu 8 negara plus 1 menjalani babak play off

Kemungkinan Indonesia bisa lolos? Coba lihat negara yang punya sejarah sering ikut piala dunia, ada Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, Irak, dan Iran . Artinya ada 4 slot yang tersisa.

Dengan melihat performa timnas sekarang, kemungkinan lolos piala dunia itu ada. Itu salah satu yang buat STY mau melatih Indonesia. Dia sudah riset pemain yang bisa di naturalisasi. (tw)

Continue Reading

Olahraga

SU GBK Dipakai Konser, JIS Jadi Venue Laga Timnas Senior Indonesia Vs Iraq Dikualifikasi Pildun 2026

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Jakarta, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dipakai konser, Jakarta International Stadium (JIS) menjadi venue laga Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia? Pencinta sepakbola Tanah Air banyak yang khawatir rumput SUGBK tak memadai saat menjamu Irak, layaknya saat skuad Garuda kedatangan Vietnam pada Kamis, 21 Maret 2024.

Saat itu, rumput SUGBK terlihat tidak rata karena beberapa kali digunakan kegiatan kampanye pada Februari 2024. Sementara bulan ini atau tepatnya Sabtu 18 Mei 2024, SUGBK akan digunakan sebagai konser boy band asal Korea Selatan, NCT Dream.

Rumput SUGBK sejatinya sudah coba diamankan pengelola. Namun, kekhawatiran pencinta sepakbola Tanah Air itu tetap ada.

Karena itu, pengamat sepakbola Tanah Air, Hadi Gunawan, mencoba memberikan alternatif venue untuk laga Timnas Indonesia vs Irak yang digelar pada Kamis, 6 Juni 2024 pukul 19.30 WIB.

Bung Ahay -sapaan akrab Hadi Gunawan- berharap laga Timnas Indonesia vs Irak digelar di JIS. Ia menilai JIS layak dijadikan venue demi memberikan tekanan kepada para pemain Irak.

Jika bermain di SUGBK, Ali Jasim dan kawan-kawan masih mendapatkan jarak antara lapangan dengan tribun, mengingat adanya trek lari di stadion tersebut. Namun, jika laga digelar JIS, jarak antara lapangan dengan tribun hanya sekira delapan meter saja.

“Kalau mau “neror” Irak dengan keriuhan suara suporter tanggal 6 Juni nanti, gunakan JIS. Bayangkan dengan jarak tribun penonton dengan garis lapangan yang Cuma 8 meter tentu akan menimbulkan “kengerian” tersendiri bagi para pemain Irak,” tulis Bung Ahay di akun X-nya, @HadiGunawan1306 di jakarta, (15/5/2024).

Menarik menanti stadion mana yang akhirnya dipilih PSSI. Jika melihat kondisi sekarang, SUGBK condong masih dipilih PSSI. (ut)

Continue Reading

Olahraga

Mimpi Pesepakbola Indonesia Bisa Berkiprah di Serie A Italia

Published

on

REPORTASE INDONESIA – Italia, Mimpi pesepakbola Indonesia berkiprah di Serie A Italia terbuka lebar! Como 1907, klub yang dimiliki konglomerat Indonesia Michael dan Robert Hartono, baru saja promosi ke kasta teratas Liga Italia setelah penantian panjang selama 21 tahun.

Kesuksesan Como 1907 ini membuka peluang emas bagi pemain-pemain muda Indonesia untuk menunjukkan bakat mereka di pentas sepak bola paling bergengsi di dunia.

Namun, perlu diingat bahwa Serie A memiliki aturan ketat terkait pemain asing. Klub Serie A hanya boleh mendaftarkan tiga pemain non-Uni Eropa. Saat ini, Como 1907 sudah memiliki dua pemain non-Uni Eropa, yaitu Adrian Semper (Kroasia) dan Jean Pierre-Nsame (Kamerun). Satu slot tersisa menjadi incaran para pesepakbola muda Indonesia.

Salah satu kandidat kuat adalah Thom Haye, gelandang tangguh SC Heerenveen. Kabar ketertarikan Como 1907 terhadap Thom Haye sudah merebak sejak bursa transfer musim dingin 2024.

Selain Thom Haye, Jay Idzes, bek muda berbakat Venezia FC, juga bisa menjadi opsi menarik bagi Como 1907.

Kemampuan dan pengalaman Jay Idzes di Serie B Italia tentu menjadi nilai tambah bagi Como 1907 yang baru saja promosi.

Namun, Como 1907 tidak hanya mencari nama-nama besar. Mereka juga membuka pintu bagi para pemain muda potensial Indonesia yang ingin meniti karir di Eropa.

Syarat utama bagi pemain Indonesia untuk bergabung dengan Como 1907 adalah memiliki kualitas mumpuni.

Como 1907 siap memberikan kesempatan bagi para talenta muda Indonesia untuk menunjukkan kemampuan mereka di Serie A.

Promosi Como 1907 ke Serie A bagaikan mimpi yang menjadi kenyataan bagi para pecinta sepak bola Indonesia. Kini, harapan untuk melihat Garuda Muda berlaga di Serie A semakin terbuka lebar.

Djarum Group 🇮🇩 sukses bawa Como FC promosi ke Serie A, Kurniawan Dwi Yulianto 🇮🇩 akan menjadi orang Indonesia pertama yang menjadi asisten pelatih klub Serie A 🇮🇹🦅⚽

RESMI: Como 1907 promosi ke Serie A musim depan usai finish di posisi ke-2 Serie B. Como FC akan kembali bermain di Serie A untuk pertama kalinya sejak 2002/03.

Como FC dimiliki salah satu grup kepemilikan terkaya di sepak bola Italia 🇮🇹, Bos Djarum Group, Hartono Bersaudara asal Indonesia 🇮🇩, serta Thierry Henry 🇫🇷 & Cesc Fàbregas 🇪🇸 sebagai pemilik saham minoritas. Orang terkaya di Indonesia Hartono bersaudara melalui PT Djarum adalah pemilik Como FC, yang mempunyai misi mengembangkan sepakbola indonesia secara jangka panjang

Dennise Wise 🏴󠁧󠁢󠁥󠁮󠁧󠁿 legenda Chelsea diplot sebagai Presiden Klub, beliau sering mondar mandir Indonesia untuk memberikan Coaching kepada para pemain muda indonesia melalui Program Garuda Select yang digelar di Inggris 🇬🇧 dan Italia 🇮🇹, dan sempat menjadi sosok yang membantu Bima Sakti dalam meramu timnas U-17 Indonesia dalam mempersiapkan Piala Dunia FIFA U17 2023. Program Garuda Select disponsori Mola TV yang juga merupakan anak perusahaan Djarum Group dan bergerak di bidang entertainment terutama streaming sepak bola, Djarum Group juga merupakan pemegang saham terbesar di Como FC sejak klub itu hampir bangkrut tahun 2020 dan masih berada di Serie D (liga kasta keempat di Italia) dan Djarum Group menyelematkan klub tersebut.

Kurniawan Dwi Yulianto mantan pemain Timnas Indonesia, berhasil membawa Como 1907 cetak sejarah promosi ke Serie A kasta tertinggi liga Italia. Kurniawan Dwi Yulianto merupakan sosok yang membantu kesuksesan Como 1907 di musim ini dan berpeluang mendapatkan tiket promosi langsung ke Serie A musim depan, beliau berperan sebagai asisten pelatih di Como FC.

Como FC dirumorkan untuk merekrut pemain Timnas Indonesia di Serie A nanti, 2 nama paling kuat adalah Jay Idzes (Venezia FC 🇮🇹) dimana Venezia FC masih berjuang untuk lolos ke Serie A lewat play off. Yang kedua adalah Thom Haye yang saat ini memperkuat (SC Heerenveen 🇳🇱), klub Eredivisie dan berposisi sebagai gelandang.

Como FC dan Serie A rasa Indonesia 🇮🇩 🇮🇹🍕.(tw)

Continue Reading
Advertisement

Trending